10 Negara yang Bagus dan Terbaik untuk Kuliah di Luar Negeri

Berkuliah di luar negeri merupakan impian banyak orang, khususnya bagi pelajar SMA yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri, kamu tentu perlu mengetahui negara mana saja yang memiliki fasilitas pendidikan yang memadai dan juga memiliki kampus terbaik untuk melanjutkan pendidikan.

Jika kamu masih belum tahu universitas di negara mana yang bisa kamu jadikan tujuan pendidikan kamu, yuk langsung simak sederet negara terbaik untuk kuliah di luar negeri yang bisa kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan kamu di luar negeri.

Negara yang Bagus untuk Kuliah di Luar Negeri

1. Inggris

Inggris menjadi salah satu negara yang dikenal sebagai tempat kuliah favorit bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri. Sebab, di Inggris terdapat sederet universitas terbaik di dunia seperti University of Cambridge (UK), University of Oxford (UK), hingga University College London (UK). Sangat lengkap, bukan?

2. Swiss

Dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia menjadikan Swiss sebagai negara yang patut kamu pertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri. Kamu bisa memperdalam ilmu yang kamu inginkan di beberapa universitas terbaik di Swiss seperti ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology dan Ecole Polytechnique Federale de Lausanne. Kedua kampus ini termasuk top world ranking sehingga kualitas pendidikannya tak perlu kamu ragukan lagi. Tak hanya itu, Swiss juga memiliki lingkungan yang mendukung untuk kamu belajar, loh.

3. Amerika Serikat

Negara dengan julukan Paman Sam ini merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki sederet universitas terbaik dengan kualitas pendidikan tinggi. Di Amerika Serikat, kamu bisa memilih universitas yang termasuk world top ranking loh. Universitas tersebut antara lain Stanford University, University of Cambridge, University of California, Vanderbilt University, Columbia University, Massachusetts Institute of Technology (MIT), hingga Harvard University.

4. Jerman

Memiliki sederet universitas dengan kualitas terbaik, Jerman wajib masuk ke dalam list negara tujuan untuk melanjutkan pendidikan tinggi untuk kamu yang berencana kuliah di luar negeri. Di Jerman, kamu bisa merasakan pendidikan tinggi kelas dunia di Ludwig Maximilian University of Munich hingga Technical University of Munich.

5. Belanda

Negara dengan julukan Kincir Angin ini juga bisa menjadi salah satu destinasi untuk kamu yang ingin berkuliah di luar negeri. Di negara ini, terdapat sederet universitas bergengsi yang menyediakan program pendidikan terbaik di dunia, misalnya Erasmus University Rotterdam, Leiden University, dan Utrecht University.

Meski tinggal di Belanda mengharuskan kamu jauh dari orang tua, kamu nggak perlu khawatir. Sebab, kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup selama kamu berkuliah di Belanda tanpa kesulitan. Dengan Topremit, keluarga kamu di Indonesia bisa melakukan transfer uang untuk kehidupan sehari-hari kamu tanpa perlu menunggu lama. Mulai dari 5 menit saja, uang yang ditransfer bisa langsung kamu gunakan untuk membayar tagihan dan juga membeli barang yang kamu butuhkan selama berkuliah di Belanda. Sangat praktis, kan?

6. Singapura

Jika kamu ingin memperdalam ilmu tentang bisnis, manajemen, dan keuangan, Singapura bisa menjadi salah satu negara tujuan kamu untuk menimba ilmu di perguruan tinggi terbaik. Tak hanya itu, di Singapura juga terdapat kampus yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia yaitu National University of Singapore dan Nanyang Technology University.

7. Jepang

Negara Matahari Terbit ini juga termasuk negara maju yang memiliki sistem pendidikan kelas dunia yang bisa kamu jadikan sebagai negara tujuan untuk berkuliah. Di Jepang, kamu bisa mendaftarkan diri di berbagai universitas terbaik, salah satunya adalah University of Tokyo yang termasuk ke dalam salah satu jajaran universitas terbaik di dunia.

8. Norwegia

Norwegia yang berlokasi di benua Eropa ini merupakan salah satu negara terbaik yang memiliki sistem pendidikan yang mendukung baik bagi pelajar dalam negeri maupun pelajar internasional. Di Norwegia, pemerintah menyediakan layanan pendidikan gratis bagi warga negaranya bahkan bagi siswa internasional. Kamu bisa mencoba mendaftarkan diri ke beberapa universitas terbaik di Norwegia seperti University of Oslo hingga Norwegian University.

9. Kanada

Dikenal sebagai negara di mana University of Toronto berada, Kanada layak masuk ke dalam jajaran negara terbaik untuk kuliah di luar negeri. Di Kanada, kamu bisa menimba ilmu di berbagai kampus ternama dengan bahasa pengantar bahasa Inggris, sehingga tidak menyulitkan kamu untuk belajar bahasa baru. Negara ini juga sangat multikultural sehingga nyaman untuk mahasiswa internasional.

10. Prancis

Prancis merupakan negara Eropa yang sangat terkenal dengan biaya pendidikan yang sangat terjangkau. Meski begitu, negara ini juga memiliki kualitas pendidikan yang cukup tinggi bahkan bersaing secara internasional. Contoh deretan kampus terbaik di Prancis yang bisa kamu jadikan tujuan kuliah antara lain University of Grenoble dan University of Bordeaux.

Nah itu dia 10 negara terbaik untuk kuliah di luar negeri yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk menimba ilmu di tingkat perguruan tinggi. Maksimalkan kesempatan ini dengan mencetak prestasi sebanyak-banyaknya, sehingga kamu bisa membuat bangga diri sendiri, keluarga bahkan negara. Semoga berhasil, ya!