4 Alasan Mengapa Pengiriman Uang Lewat Remittance Membantu Masyarakat

Pada dasarnya keberadaan remittance adalah untuk membantu masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Khususnya untuk transaksi keuangan di dalam maupun ke luar negeri. Di dunia, remittance sejak tahun 2000 lalu memiliki peranan yang sangat signifikan dalam menjadi bagian arus modal antar negara. Begitu juga halnya dengan apa yang terjadi di Indonesia.

Apa itu remittance dan manfaatnya dalam membantu masyarakat luas di negara-negara berkembang termasuk Indonesia? Berikut ulasannya yang perlu kamu ketahui.

Sekilas mengenai remittance
Secara garis besar remittance adalah sebuah jasa pengiriman uang ke luar negeri dari pemilik rekening satu ke pemiliki rekening lainnya. Negara tujuan beragam tergantung jasa remitansi yang dipakai. Mata uang yang digunakan pun bisa dengan menggunakan mata uang rupiah maupun mata uang asing. Remittance juga merupakan salah satu bentuk pelayanan bank terhadap masyarakat terkait transfer mata uang.

Berdasarkan jenisnya remittance terbagi menjadi dua yakni outgoing remittance dan incoming remittance. Outgoing remittance merupakan kiriman uang yang berasal dari Indonesia ke bank luar negeri dalam mata uang asing. Sedangkan incoming remittance merupakan kiriman uang dari luar negeri dalam jumlah tertentu yang menggunakan mata uang asing.

Peran Remittance di Masyarakat
Masyarakat Indonesia dari ke hari juga semakin terbantu dengan adanya layanan pengiriman uang ke luar negeri melalui jasa remittance. Berbagai bank maupun jasa pengiriman uang pun banyak yang menawarkan layanan ini. Adapun keunggulan remittance adalah sebagai berikut.

1. Semakin mudah dan cepat
Manfaat pertama yang bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia dengan adanya keberadaan remittance adalah proses pengiriman uang yang mudah dan cepat. Hal ini dikarenakan proses transaksi dilakukan melalui layanan internet. Bahkan, beberapa layanan menjamin transfer uang ke luar negeri dalam hitungan menit. Inilah yang membuatnya semakin dibutuhkan oleh masyarakat, terutam bagi mereka yang ingin mengirimkan sejumlah uang dalam waktu cepat dan mendesak.

2. Membantu masyarakat yang belum tersentuh layanan perbankan
Dilansir dari laman Kumparan.com menyebutkan jika masih ada sekitar 51 persen masyarakat Indonesia belum tersambung dengan layanan perbankan. Jumlah tersebut, sedikit menurun bila dibandingkan tahun 2017 lalu seperti survei yang dilansir SDI Lab dalam Katadata yang menyebutkan masyarakat Indonesia sekitar 64 persen belum tersentuh akses perbankan.

Dengan begitu, masyarakat juga akan kesulitan mengirimkan uang ke luar negeri. Namun, keberadaan remittance dapat membantu keberadaan masyarakat di daerah tertentu dan masih belum tersentuh layanan perbankan sekalipun. Inilah yang mendorong masyarakat untuk memiliki rekening perbankan di kemudian hari, khususnya di daerah yang masyarakatnya memang memiliki keterbatasan akses perbankan.

3. Biaya pengiriman yang lebih rendah
Keunggulan sekaligus manfaat keberadaan remittance adalah memiliki biaya pengiriman yang lebih rendah bila dibandingkan dengan pengiriman uang lainnya. Hal tersebut sebenarnya sudah dicanangkan oleh negara-negara G8 pada 2009 lalu yang akan mengurangi biaya pengiriman hingga lima persen secara bertahap. Dengan adanya penekanan biaya pengiriman ini, tentu akan sangat memudahkan masyarakat yang akan melakukan pengiriman. Terlebih lagi bagi masyarakat di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Ini juga akan mengurangi biaya pengeluaranmu ketika melakukan transfer dalam jumlah tertentu ke luar negeri.

4. Keamanan semakin terjamin

Mengapa remittance sangat berguna bagi masyarakat karena remittance juga memberikan keamanan yang sangat terjamin dalam tiap transaksinya. Adanya transfer yang dilakukan melalui website seperti dijelaskan dalam poin sebelumnya, membuat aktivitas transfer bisa dipertanggungjawabkan. Ini karena prosedur remittance dapat dilakukan secara transparan. Untuk kenyamanan transaksi, kamu bisa memilih remittance yang sudah terdaftar dalam Bank Indonesia. Hal tentang remittance, prosedur, dan keamanannya telah tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia No. 14/ 23 /PBI/2012 tentang Transfer Dana.

Salah satu jasa pengiriman uang ke luar negeri atau remittance di Indonesia yang memberikan layanan kemudahan dan kenyamanan adalah Top Remit. Sejak beroperasi pada 2009 lalu, Top Remit memberikan solusi yang mudah, transparan dan aman untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam pengiriman uang.


Meta tags: jasa remittance, penyedia jasa remittance, transfer uang ke luar negeri, mengirim mata uang asing, pengiriman uang


4 Alasan Mengapa Pengiriman Uang Lewat Remittance Membantu Masyarakat 4 Alasan Mengapa Pengiriman Uang Lewat Remittance Membantu Masyarakat Reviewed by Verycia on July 05, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.