4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengirim Uang ke Luar Negeri



Di era globalisasi seperti saat ini membuat perputaran uang berjalan begitu cepat. Adanya jasa pengiriman uang ke luar negeri juga meningkatkan nilai transaksi keuangan. Ditambah lagi kemudahan yang diberikan, membuat siapa saja semakin mudah kirim uang ke luar negeri kapanpun. Namun, sebelum kamu melakukan pengiriman uang ke luar negeri ada beberapa hal yang harus diperhatikan berikut ini.

1. Rekam jejak pengirim uang harus jelas
Kirim uang ke luar negeri tidaklah sama dengan mengirim uang antar rekening bank maupun penerimanya. Kamu bisa mengirimkan sejumlah uang ke luar negeri, namun harus dengan pengawasan pihak-pihak terkait seperti pihak bank dan pihak remitansi. Terutama bila kamu mengirimkan dalam jumlah besar hingga ratusan bahkan miliaran rupiah. Kedua pihak akan menolak pengiriman jika asal dan tujuan uang tersebut tidak jelas.

Semisalnya saja kita ambil contoh seperti berikut. Devi adalah seorang pengusaha kain di Medan akan mengirim uang sebesar Rp10 juta kepada supplier. Namun, di hari berikutnya ia harus mengirimkan uang sejumlah Rp10 milyar. Jumlah tersebut tentu tidak sedikit. Maka, pihak yang melakukan pengiriman (dalam hal ini remitansi) berhak untuk menanyakan dari mana uang berasal dan tujuan pengirimannya.

Pengawasan ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya aksi tindak kejahatan money laundering. Oleh karena itu, sebelum mengirim uang ke luar negeri kamu harus benar-benar jelas untuk apa peruntukannya dan dari mana uang itu berasal.

2. Perhatikan besaran biaya pengiriman
Hingga saat ini di Indonesia memang menganut sistem devisa bebas. Ini artinya jumlah nominal dalam hal kirim uang ke luar negeri tidak dibatasi. Akan tetapi seperti dijelaskan pada poin di atas, uang yang dikirimkan harus . Tidak ada batasan ini memang memudahkan masyarakat Indonesia dalam melakukan bisnis dengan tetangga sebelah.

Meski begitu, kamu juga perlu memperhatikan berapa besaran biaya pengirimannya. Di tempat-tempat tertentu, pengiriman uang ke luar negeri akan dikenai biaya pengiriman dalam jumlah tertentu. Terkadang biaya dihitung dengan persentase maupun flat feeMemang hal ini terlihat sepele, namun apabila kamu mengirimkan dalam jumlah yang cukup besar dan berulang-ulang, tentu akan berpengaruh pada biaya pengeluaran. Maka dari itu, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih jasa pengiriman dengan biaya pengiriman yang lebih rendah.

3. Selalu perhatikan nilai mata uang
Hal berikutnya yang patut kamu perhatikan sebelum kirim uang ke luar negeri adalah selalu cek berapa nilai tukar mata uangnya. Jika ini tidak kamu lakukan, maka kamu akan sedikit kebingungan dalam mendapatkan perbandingan nilai tukar yang tepat.  Rate mata uang akan naik turun setiap detik. Carilah layanan yang mengunci rate mata uang supaya tidak merugikan kamu ketika rate tiba-tiba saja melontar tinggi.

4. Pilihlah jasa Remitansi yang Cepat dan Mudah
Memilih jasa remitansi terpercaya juga menjadi faktor kelancaran kamu dalam kirim uang ke luar negeri. Penting bagi kamu untuk memilih jasa remitansi yang terpercaya dan memiliki izin yang jelas. Mengapa demikian? Jika kamu menggunakan jasa remitansi yang belum terdaftar atau tidak jelas, bisa jadi transaksi pengiriman uang tersebut dikategorikan sebagai tindak kejahatan pencucian uang (money laundering).

Selain itu, menggunakan jasa remitansi yang tidak terdaftar akan berpotensi adanya penggelapan atau aksi pelarian uang. Dalam kasus ini Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral tidak akan bertanggung jawab. Kamu pun juga akan dicurigai oleh BI dan lembaga berwenang lainnya, mengapa menggunakan jasa remitansi tidak resmi dan terdaftar. Adanya lembaga atau jasa remitansi berizin ini sebagai bentuk pencegahan terhadap tindak kejahatan pencucian uang seperti yang dituangkan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (PP TPPU).

Kini, banyak jasa remitansi yang telah memiliki izin pengiriman uang ke luar negeri yang memberikan kemudahan kepada masyarakat. Salah satunya adalah Top Remit dengan layanan pengiriman uang secara digital yang mudah dan bisa kamu lakukan dari mana saja dan kapan saja melalui smartphone, laptop, dan gadget lainnya yang mendukung.

Meta tags: jasa remittance, transfer ke luar negeri, transfer mata uang asing, tips transfer ke luar negeri, mengirim uang ke luar negeri



4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengirim Uang ke Luar Negeri 4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengirim Uang ke Luar Negeri Reviewed by Verycia on July 05, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.