3 Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri

May 27, 2020

Jika dahulu, mengirimkan uang ke luar negeri hanya bisa dilakukan segelintir orang. Kini, teknologi dan layanan yang ada mempermudah semuanya. Siapapun memiliki kemudahan mengirimkan uang dari Indonesia ke luar negeri ataupun sebaliknya.

Lantas, bagaimana cara aman mengirimkan uang ke luar negeri? Berikut 3 opsi pengiriman uang ke luar negeri berdasarkan informasi resmi Otoritas Jasa Keuangan:

  1. Bank

    Cara ini menjadi salah satu opsi yang bisa kamu pilih untuk mengirimkan uang ke luar negeri. Mekanisme kerjanya adalah uang yang kamu transfer akan masuk ke dalam rekening pengiriman negara lain.

    Namun, perlu menjadi catatan penting nomor rekening tujuan harus tepat. Jika ada satu nomor yang tidak sesuai maka pengiriman uang tidak akan berhasil.

    Untuk mengirimkan uang, kamu cukup mendatangi bank yang memiliki layanan remitansi. Ingat, kamu pun harus memiliki rekening bank. Setelah mengisi formulir yang disediakan maka kamu tinggal menunggu giliran untuk bertransaksi.

    Setelah selesai bertransaksi dengan bank, simpan baik-baik bukti transaksi. ‘Kertas sakti’ ini akan berguna ketika transaksi ada masalah dan kita harus mengurus kembali ke bank.

    Minusnya opsi ini adalah kamu harus mengantri. Jika sedang dikejar waktu, tampaknya opsi transfer dari bank ke bank kurang tepat.
  2. Transfer Menggunakan Kantor Pos

    Selain berkirim surat, kantor pos pun memiliki layanan lain yakni remitansi. Perusahaan milik negara ini menggandeng beberapa rekan untuk mengirimkan uang di luar negeri.

    Langkah pengiriman uangnya pun mirip dengan bank. Kamu tinggal datang ke kantor pos terdekat dan mengisi formulir yang disediakan.

    Setelah semua data sesuai, pengiriman uang kamu akan langsung diproses.
  3. Jasa Pengiriman Uang ke Luar Negeri

    Kini selain perbankan, telah tersedia berbagai jasa pengiriman uang luar negeri. Salah satunya jasa pengiriman uang yang memiliki fitur digital.

    Keunggulannya jika kamu menggunakan jasa kirim uang ke luar negeri adalah tidak perlu mengantri di loket-loket seperti yang ada pada pengiriman uang secara konvensional.

    Artinya, kamu tidak perlu menghabiskan waktu perjalanan ke bank dan mengantri. Keunggulan lainnya adalah biaya yang lebih murah bila dibandingkan dengan cara konvensional. Sementara itu untuk segi keamanan pengiriman, adanya lisensi dari Bank Indonesia menghadirkan jaminan keamanan saat bertransaksi.

    Di Indonesia salah satu jasa pengiriman uang ke luar negeri yang bisa dilakukan secara digital dengan mudah dan aman adalah melalui Topremit.

    Untuk mengirimkan uang, kamu tinggal pilih negara tujuan yang tersedia. Kini, Topremit menyediakan layanan  lebih dari 13 pilihan negara.

    Setelah itu, kamu bisa memilih cara penerimaan uang yang dikehendaki, mulai dari bank transfer, pengambilan cash di loket, pengisian pulsa hingga e-wallet.

    Jika kamu memilih opsi pengambilan cash pick-up, maka penerima nantinya bisa langsung mengambil uang tunai di gerai yang bekerja sama dengan Topremit, seperti bank dan mitra bisnis Topremit.

    Masukkan jumlah uang yang akan dikirim atau diterima, nantinya Topremit akan menampilkan biaya pengiriman dan rate terbaik secara otomatis.

    Kemudian masukkan data yang dibutuhkan oleh Topremit. Pilih metode pembayaran yang paling mudah dan uang kamu akan segera terkirim.

    Dapatkan kemudahan mengirim uang ke luar negeri dengan Topremit. Kunjungi website kami untuk info lebih lanjut disini