3 Hal yang Orang Tua Harus Siapkan Sebelum Sekolahkan Anak ke Luar Negeri

Jun 22, 2020

Gak kerasa sebentar lagi tahun ajaran baru akan dimulai. Bagi kamu yang akan melanjutkan ke jenjang kuliah, pastinya banyak persiapan yang harus dilakukan.
Apalagi kamu yang melanjutkan kuliah ke luar negeri.

Selain biaya kuliah, ada biaya hidup dan tempat tinggal harus disiapkan jauh-jauh hari. Tapi, tahu gak sih? Bukan cuma kamu loh yang harus mempersiapkan diri sebelum kuliah ke luar negeri.

Orang tua kamu juga ternyata banyak persiapan yang harus dilakukan untuk menyekolahkan kamu ke luar negeri. Berikut tiga hal yang biasanya orang tua persiapkan sebelum menyekolahkan anaknya ke luar negeri.

Biaya Kuliah

Biaya kuliah di luar negeri tentu jadi prioritas persiapan orang tua. Biaya yang dikeluarkan gak murah, jadi gak ada salahnya kamu bantu orang tua untuk cari tau detail biaya pendidikan di universitas idaman kamu.

Kalau sudah ada gambaran biaya, tentu akan mempermudah orang tua untuk siap-siap. Jangan lupa, hitung juga kebutuhan tambahan kuliah seperti buku dan lainnya ya. Jadi, gak ada salahnya kamu searching kuliah idaman, biar orang tua pun ada waktu untuk ngumpulin biaya.

Biaya Hidup

Selain biaya sekolah, orang tua pun harus memperhitungan biaya hidup kamu. Dari mulai tempat tinggal, ongkos hingga makan. Belum lagi dana darurat. Gak ada salahnya loh siapin dana darurat. In case kamu tiba-tiba ada kebutuhan mendesak, jadi tetap ada pegangan uang.

Bukan cuma orang tua yang siapin biaya hidup, kamu pun harus siap-siap mandiri lepas dari orang tua karena akan hidup sendiri. Dari mulai urus makanan hingga keperluan sendiri. Pasti challenging, tapi on the bright side, proses ini bakal membuat kamu jadi lebih dewasa loh.

Hidup Hemat

Orang tua harus mulai mempersiapkan kamu untuk hidup hemat saat kuliah di luar negeri. Bukan berarti orang tua pelit, tapi ketika sekolah sendirian di luar negeri nanti, kamu dituntut untuk bisa mengatur keuangan juga loh. Jadi, gak sedikit-sedikit kurang lantas telepon orang tua.

Kalau kurang uang saku, mungkin kamu bisa manfaatin waktu senggang kamu untuk part time. Selain nambah uang jajan, kamu juga bisa tambah experience baru loh.

Nah, itu dia tiga persiapan yang perlu orang tua kamu prepare sebelum mengirim anaknya keluar negeri.