5 Makanan Khas Jepang yang Wajib Kamu Coba Saat Berlibur Disana

Topremit Sep 16, 2020

Berlibur ke Jepang, gak lengkap rasanya kalau kamu gak kulineran. Walaupun berbagai jenis makanan Jepang tersedia di Indonesia, rasanya gak afdol deh kalau gak coba di negara asalnya langsung.

Nah, berikut ada 5 rekomendasi makanan Jepang yang wajib banget kamu coba saat berkunjung ke sana ya!

1. Gyoza

Kamu mungkin gak asing sama yang namanya Gyoza. Di Indonesia, rata-rata tempat makan bertemakan Jepang pasti memiliki menu Gyoza.

Dari bentuk makanan, sebenarnya Gyoza tuh mirip sama pangsit atau kuotie di masakan china. Nah, tapi, biasanya isi dan cara memasaknya sih yang dibuat berbeda.

Di Jepang, kamu bisa nemuin Gyoza di tempat ramen. Biasanya, Gyoza berisi daging cincang, sayuran, campuran jahe dan bawang putih.

Gyoza dimasak dengan 2 cara, digoreng atau dikukus. Cara makan gyoza biasanya dicelupkan ke saus kecap dengan rasa campuran asin dan asam. Rasanya jadi segar dan menghilangkan eneg dari kaldu ramen.

2. Ramen

Nah, karena sebelumnya udah bahas gyoza di restoran ramen. Jadi, makanan berikutnya yang harus kamu coba di Jepang adalah ramen.

Memang sih ramen bukan makanan yang asing didengar. Di Indonesia berbagai restoran mie Jepang dari mulai ramen, soba sampe udon ada di mana-mana.

Bahkan, ada yang berpusat di Jepang juga. Tapi, yang satu ini nih yang mungkin belum pernah kamu dengar karena jarang ditemui, yaitu tsukemen.

Tsukemen berbeda dengan ramen yang sering kamu temui. Kalau ramen biasanya langsung disajikan sama kuah, tsukemen malah kebalikannya karena mie dan kuah dipisah.

Kamu harus mencelupkan ramen ke kuah yang udah disiapin. Biasanya, menu ini jadi salah satu favorit turis waktu main ke Jepang loh.

3. Sushi

Makanan berikutnya yang gak asing juga buat kamu adalah sushi. Sayang banget kalau kamu udah ke Jepang tapi gak cobain sushi di sana.

Sekilas mungkin gak ada perbedaan ya. Tapi, sushi di Jepang rata-rata ikannya fresh banget loh, terutama tuna dan salmon.

Ada berbagai jenis restoran sushi di Jepang. Dari mulai yang mahal di daerah Ginza atau yang harga menengah dengan konsep restaurant conveyor belt.

Konsep ini gak asing deh buat kamu yaitu jalur piring sushi memutar di samping atau di depan tempat duduk kamu.

Jadi, kamu gak usah menunggu pesanan datang. Kamu tinggal ambil aja sushi yang lewat di depan kamu.

4. Curry Rice

Sebenernya gak cuma Jepang loh yang punya nasi kari atau curry rice. Dari Indonesia, Thailand, sampai India punya nasi kari dengan ciri khas masing-masing.

Nah, begitu pula dengan Jepang nih. Kamu pasti sering lihat deh nasi putih yang disampingnya ada saus kental berwarna coklat ditemani wortel, kentang dan daging/ayam.

Itu dia curry rice Jepang. Sebenarnya jenis daging yang dipakai buat curry rice berbagai macam.

Kamu bisa makan curry rice dengan chicken karaage, chicken katsu, saikoro beef, sampe seafood juga loh.

Ada juga nih yang menyajikan curry rice dengan telur dadar tipis khas Jepang. Pastinya, kamu bakalan puas makan curry rice di Jepang deh.

5. Tempura

Makanan berikutnya cocok banget buat kamu yang suka gorengan. Kalau Indonesia ada tukang gorengan kaya pisang dan tahu goreng.

Nah, di Jepang disebutnya tempura. Basic-nya makanan ini sebenarnya gorengan pakai tepung, cuma tepungnya itu beda sama yang dipakai gorengan Indonesia.

Kalau di Jepang, tempura bisa terbuat dari berbagai jenis makanan loh. Bahkan ada dari sayuran juga seperti terong sampai ubi goreng tempura. Semua bahan cuma dicelupin aja ke tepung terus telur dan jadi deh.

Di Jepang banyak banget restaurant spesialis tempura. Jadi, ada baiknya kamu coba tempura di restoran tersebut ya. Supaya experience kamu makan tempura gak nanggung.

Itu dia 5 makanan yang wajib banget kamu icip selama liburan di Jepang. Semoga semuanya sesuai selera kamu ya. Selamat menikmati!