5 Tips Mencari Sekolah yang Tepat di Luar Negeri

Jun 22, 2020

Sekolah di luar negeri tentu jadi mimpi banyak orang. Tapi, kamu tahu gak kalau
ternyata pencarian sekolah di luar negeri gak semudah kelihatannya loh.

For example, kamu harus teliti dan cermat waktu mencari sekolah. Pastinya kamu gak mau kan menghabiskan waktu sekolah kamu di jurusan yang salah.

Bahkan di universitas dan negara yang salah. So, banyak hal yang harus kamu prepare sebelum mulai kuliah di luar negeri.

Jadi, apa aja sih yang harus kamu siapkan? Cek deh 5 tips di bawah ini yang bisa
mempermudah kamu yang mencari kuliah di luar negeri.

Tentukan jurusan dan program studi yang diminati

Sebelum mulai mendaftar, ada baiknya loh kamu sudah tau jurusan dan program studi yang diinginkan. Apa sih keuntungannya? Tentunya kalau kamu udah tau program studi dan jurusan bakal mempermudah kamu secara spesifik untuk memilih kampus dan negara.

Misalnya, kamu mau kuliah fashion. Gak ada salahnya kamu cek universitas di Paris yang jadi kiblat dunia fashion dunia kan. Cari informasinya pun gak susah karena sekarang ada internet dan… thanks to Google for everything!

Kamu tinggal googling semua informasi soal kampus incaranmu. Nantinya, kamu
tinggal memutuskan kemana akhirnya kamu mau bersekolah.

Pola pengajaran

Setelah tau universitas tujuan, kamu juga bisa cari tahu soal pola pengajarannya loh. Kenapa sih harus tau pola pengajaran? Supaya kamu bisa cari perkuliahan yang cocok dengan cara kamu belajar.

Jadi, pola pengajaran ini nantinya mempermudah kamu belajar. Kamu juga harus tau, setiap negara punya cara dan pola pengajaran yang berbeda-beda loh.

Kamu bisa banyak membaca dari situs resmi universitas atau review mahasiswa. Ada universitas yang mengharapkan mahasiswa belajar sendiri.

Ada juga yang tipe memberikan materi dan membantu mahasiswa. Nah, dari sini kamubisa tau kan, kamu tipe mahasiswa yang kaya gimana sih? On the bright side, kalau kamu suka dibimbing, kamu tinggal cari universitas yang pakai pola pengajaran seperti itu.

Simak syarat dan persiapan dokumen

Kalau kamu udah tau tujuan jurusan dan universitas yang diidamkan, kamu bisa mulai siapin berkas-berkas. Well, urusan berkas dan dokumen itu memang butuh banyak waktu dan ketelitian.

Dari mulai syarat masuk kuliah seperti essay sampai visa. Tapi, tenang aja, kalau kamu udah siapin semua dari jauh hari sebelum deadline, kamu gak usah usah buru-buru.

Jangan lupa juga, catat deadline pengiriman dokumen. Jangan sampai kamu udah ribet urus surat dan buat essay tapi deadlinenya kelewat. Tempel post it di semua sudut kamar kamu biar gak lupa.

By the way, gak ada salahnya loh kalau kamu coba daftar ke beberapa universitas
sekaligus. Nantinya, kamu tinggal pilih mana sih kuliah yang bener-bener kamu mau.

Biaya

Wah, biaya bakal jadi hal yang paling penting sebelum mulai sekolah di luar negeri. Kamu dan orangtua pastinya harus make sure soal uang sekolah.

Kalau nantinya kamu mau daftar beasiswa pun bisa. Tapi, kamu harus pastiin sekolah kamu masuk dalam daftar sekolah yang dapat beasiswa ya.

Prospek karir

Nah, last but not least, prospek karir. Walau belum mulai kuliah, gak ada salahnya loh melihat bagaimana prospek para alumni dari universitas yang kamu tuju. Ini bisa jadi pemicu kamu loh untuk kuliah dan buru-buru selesai.

So, itu tadi lima tips yang bisa kamu coba waktu cari kuliah di luar negeri. Good luck!