Apa itu Bank Ekspor Impor? - Pengertian, Manfaat dan Syarat

Keuangan Mar 21, 2022

Menjalankan usaha ekspor impor merupakan salah satu cara yang banyak dipilih pengusaha untuk mendapat cuan. Kalau kamu juga tertarik merintis bisnis ekspor impor atau bahkan sudah menjalankannya, kamu dapat menggunakan layanan bank ekspor impor yang tersedia di Indonesia agar menunjang transaksi keuangan.

Seperti bank pada umumnya, bank ekspor impor juga menyediakan sejumlah layanan keuangan. Masih bingung apa itu bank ekspor impor? Untuk mengetahuinya lebih lengkap, langsung saja kita simak pemaparan lengkap mengenai pengertian bank ekspor impor berikut ini.

Apa Itu Bank Ekspor Impor

Bank merupakan lembaga keuangan yang memberikan layanan menyangkut dengan transaksi, simpan pinjam, bahkan pembiayaan. Ada banyak sekali jenis bank di dunia ini, salah satunya bank ekspor impor.

Bank ekspor impor adalah bank yang menyediakan layanan untuk memberikan kredit kepada perusahaan yang melakukan transaksi ekspor impor. Adanya bank ekspor impor  bertujuan untuk mendukung program ekspor nasional melalui pembiayaan ekspor, serta menyediakan pembiayaan untuk transaksi atau proyek yang tidak layak untuk perbankan komersial, namun dianggap prospektif untuk meningkatkan ekspor nasional.

Tak hanya itu, bank ekspor impor juga membantu bank dan lembaga keuangan dalam mengatasi kesulitan dalam memberikan pendanaan bagi eksportir yang dianggap menjanjikan secara komersial dan/atau penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tak heran jika tujuan pemberian pembiayaan ekspor nasional ini adalah untuk mempercepat laju pertumbuhan perdagangan luar negeri Indonesia.

Selain itu, pembiayaan kegiatan ekspor impor di Indonesia dilakukan dengan tujuan meningkatkan daya saing pelaku bisnis serta menunjang kebijakan pemerintah dalam rangka mendorong program ekspor nasional.

Untuk turut berpartisipasi dalam peningkatan taraf perekonomian Indonesia, kamu juga bisa ikut mengembangkan bisnis ekspor impor. Misalnya dengan mencoba berjualan barang-barang impor yang sedang banyak dilirik masyarakat Indonesia, mulai dari produk fashion, make up dan masih banyak lagi.

Untuk urusan pembayaran, kamu nggak perlu bingung. Dengan Topremit, kamu bisa langsung transfer dana yang diperlukan untuk membeli stok produk impor dari supplier langganan kamu. Hanya dengan waktu 5 menit saja, uang yang kamu transfer bisa langsung sampai ke rekening tujuan di luar negeri. Sangat mudah, kan?

Manfaat Menggunakan Bank Ekspor Impor

Menggunakan layanan bank ekspor impor tentu memiliki manfaat tersendiri. Ini dia sederet manfaat dari masing-masing bank yang bisa kamu peroleh:

Manfaat Menggunakan Layanan Bank Ekspor

Terdapat beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh saat menggunakan jasa pelayanan bank ekspor, antara lain:

Pembayaran dapat diterima oleh eksportir sesegera mungkin, sepanjang dokumen yang diserahkan kepada Bank yang bernegosiasi telah sesuai dengan syarat L/C. dengan begitu, eksportir tak perlu menunggu importir menerima dokumen atau barang yang dikirim

Eksportir bisa menggunakan L/C yang diterima sebagai jaminan untuk pembukaan L/C selama memenuhi ketentuan yang berlaku di Bank.

Eksportir merasa lebih aman akan hak dan kewajibannya karena pembayaran akan dilakukan oleh bank setelah ada penyerahan dokumen-dokumen yang sesuai dengan syarat-syarat L/C.

Manfaat Menggunakan Layanan Bank Impor

Sama seperti bank eksportir, bagi kamu yang menggunakan layanan bank impor juga akan mendapatkan manfaat khusus, antara lain:

Importir lebih terjamin sebab bank akan menolak pembayaran kepada eksportir kecuali eksportir telah memenuhi persyaratan yang diminta importir seperti yang ditentukan di syarat L/C.

Memberikan rasa aman bagi importir karena pembayaran ke luar negeri (beneficiary) hanya dilakukan setelah eksportir menyerahkan dokumen sesuai persyaratan yang diminta importir kepada bank. Hal ini tentu memudahkan importir.

Importir tidak perlu menyediakan keseluruhan dana atau biasanya persentase tertentu saat menggunakan fasilitas impor dari bank. Hal ini berlaku sampai barang impor tiba untuk ditebus.

Importir dapat menggunakan hak pemilikan atas dokumen sesuai syarat L/C untuk memperoleh pembiayaan kembali (refinancing).

Persyaratan Menggunakan Layanan Bank Ekspor Impor

Bagi kamu yang ingin menggunakan layanan bank ekspor impor, terdapat beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi, yaitu:

Memiliki SIUP, TDP, dan NPWP

Menyertakan izin usaha dari Departemen teknis / lembaga pemerintah non departemen

Khusus untuk ekspor yang bernilai diatas Rp100.000.000, eksportir wajib melampirkan formulir Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB)

Itu dia penjelasan lengkap tentang pengertian bank ekspor impor, manfaat dan persyaratan yang perlu dipenuhi untuk menggunakan jasa layanan bank ekspor impor. Semoga bermanfaat, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.