Apa itu Bantuan Luar Negeri? - Pengertian dan Contohnya

Bisnis Mar 16, 2022

Kita sering melihat di televisi, membaca di media online atau media cetak tentang bantuan luar negeri. Berita ini biasanya muncul ketika ada suatu negara yang membutuhkan pertolongan akibat beberapa hal. Bisa jadi karena wabah, peperangan, atau ketidakstabilan politik dan ekonomi. Untuk menjawab apa itu bantuan luar negeri, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Bantuan Luar Negeri

Bantuan luar negeri adalah tindakan yang melibatkan suatu negara yang memberikan sumber dayanya kepada negara lain yang sedang membutuhkan. Tak hanya bersifat kenegaraan, bantuan luar negeri juga bisa dilakukan oleh individu, perusahaan swasta, hingga lembaga atau organisasi. Sifat bantuan ini juga bersifat luas sebab bisa dalam berbagai bentuk.  

Jenis Bantuan Luar Negeri

Bantuan yang diberikan suatu negara bisa berbagai macam jenis atau bentuknya. Hal ini tergantung dengan sumber daya yang dibutuhkan oleh negara penerima. Apa saja jenisnya? Berikut ini masing-masing kategorinya.

1. Humanitarian (Kemanusiaan)

Jenis bantuan ini biasanya yang paling bersih dari kepentingan politik. Namun, jangan salah kira. Dalam prakteknya, terdapat beberapa bantuan kemanusiaan yang ternyata memiliki tujuan tertentu. Misalnya bantuan yang diberikan Rockefeller kepada negara Amerika Latin. Awalnya berupa bantuan kemanusiaan namun ternyata bantuan tersebut dimanfaatkan untuk berpolitik.

2. Subsistence (Pengidupan)

Mirip dengan bantuan kemanusiaan, subsistence atau pengidupan juga bersih dari kepentingan apa pun. Jenis bantuan ini menyasar pada ancaman kelaparan dan kemiskinan. Hal ini untuk mencegah krisis dan membantu negara-negara yang secara perekonomiannya lemah.

3. Military (Keamanan)

Sumber daya bantuan ini bisa dalam bentuk pemberian senjata, pasukan, atau meminjamkan sejumlah dana yang nantinya dipergunakan untuk keperluan penguatan militer. Misalnya, ketika sebuah negara berseteru dan mengalami peperangan, negara yang menjadi sekutu mengirimkan bantuan militer untuk mendukung kemenangan negara tersebut.

4. Bribery (Menyogok)

Politik tidak lepas dari aktivitas melobi atau menyogok. Dalam ranah internasional pun dikenal bantuan bribery atau menyogok. Tujuannya adalah tidak lain memuluskan rencana negara pemberi bantuan. Negara tersebut biasanya menginginkan adanya timbal balik jika suatu saat sedang mengalami kesulitan.

5. Prestige (Kehormatan)

Kehormatan di sini berarti negara pemberi bantuan sedang ingin menjaga nama baiknya di mata dunia. Negara tersebut ingin diakui sebagai negara berdaulat dan bagian dari masyarakat dunia. Ada juga bantuan luar negeri yang memang dilakukan demi kehormatan leluhurnya.

6. Economic Development (Pembangunan Ekonomi)

Jenis bantuan ini paling riskan soal transparansi. Sebab, bisa dikatakan sebagai investasi atau semata-mata memberikan bantuan modal. Terkadang, bantuan luar negeri ini memiliki persyaratan yang mesti dipenuhi oleh negara penerima dengan beberapa ketentuan yang justru menguntungkan negara pemberi bantuan.

Keuntungan dan Kekurangannya Bantuan Luar Negeri

Bantuan luar negeri memiliki keuntungan dan kekurangan. Masing-masing aspek tentu hanya bisa dipertimbangkan oleh pemerintah suatu negara. Di satu sisi, negara tersebut mungkin membutuhkan bantuan sumber daya. Namun, di sisi lain terdapat beberapa ketentuan juga yang harus dipenuhi. Lantas bagaimana pertimbangannya?

Keuntungan Bantuan Luar Negeri

a. Mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan.

b. Meningkatkan citra kenegaraan di mata dunia.

c. Membangun relasi bersama negara lain.

d. Mempromosikan nilai-nilai tertentu seperti kemanusiaan, persaudaraan, dan lainnya.

Kekurangan Bantuan Luar Negeri

a. Menurut beberapa kritikus bantuan ini tidak dapat mendorong pertumbuhan yang cepat.

b. Sektor modern seringkali menjadi fokus bantuan. Ujungnya hanya menciptakan kesenjangan sosial.

c. Jika sumber daya bantuan yang dikirim bersifat tidak produktif, akan menambah terjadinya inflasi.

d. Terdapat ketentuan yang mengikat dan lebih menguntungkan negara pendonor.

Contoh Bantuan Luar negeri

Setelah mengetahui pengertian, jenis, serta untung-ruginya bantuan luar negeri, kamu mungkin masih bertanya-tanya seperti apa contohnya. Pemberian contoh ini memang dimaksudkan untuk memperjelas pemahaman yang sebelumnya disebutkan. Berikut ini beberapa contoh bantuan luar negeri yang biasanya diberikan.

a. Bantuan alat kesehatan dan obat-obatan

b. Bantuan pangan

c. Bantuan modal

d. Bantuan alat militer atau alutsista

e. Bantuan beasiswa pendidikan

f. Bantuan dana kampanye sosial (lingkungan, kesehatan, pendidikan, dll.)

g. Bantuan prajurit keamanan

h. Bantuan keterampilan SDM

i. Bantuan sarana dan prasarana

j. dan lain-lain.

Bagaimana Jelas Bukan pengertian tentang apa itu Bantuan Luar Negeri dan jenis-jenisnya. Selain itu untuk buddies topremit yang sering melakukan transfer uang ke luar negeri, bisa menggunakan Topremit sebagai jasa kirim uang anda, Topremit memiliki lebih dari 60 negara yang bisa kamu kirim dari indonesia, pengiriman yang sudah pasti aman dan cepat!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.