Community College, Opsi Alternatif Untuk Kamu Yang Ingin Kuliah di Luar Negeri

Community College Feb 9, 2023

Berkuliah di luar negeri dan mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda merupakan kesempatan emas yang tak boleh kamu lewatkan. Apalagi kini kamu bisa dengan mudah memilih negara di belahan dunia manapun untuk dapat melanjutkan pendidikan tinggi yang sesuai dengan keinginan.

Amerika Serikat (AS) termasuk salah satu negara tujuan kuliah yang cukup banyak diminati mahasiswa dari berbagai belahan dunia. Buat kamu yang berminat untuk kuliah di AS, kamu bisa mencoba bergabung dengan community college sebagai batu loncatan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Community college adalah program pendidikan tinggi yang serupa dengan gelar diploma di Indonesia. Buat kamu yang penasaran tentang community college, langsung saja simak pengertian community college dan kelebihan yang ditawarkannya. Simak baik-baik, ya!

Pengertian Community College

Community college adalah program kuliah yang memiliki durasi belajar relatif lebih pendek dibanding perguruan tinggi pada umumnya. Dalam community college, kamu hanya perlu masa belajar selama dua tahun untuk menyelesaikannya. Setelah lulus dari community college, nantinya kamu akan mendapatkan sertifikat khusus sebagai tanda kelulusan.

Nah, setelah selesai belajar di community college, kamu bisa melanjutkan pendidikan tinggi ke jenjang universitas untuk mendapatkan gelar sarjana. Community college ini cukup banyak diminati karena memiliki sederet kelebihan. Apa saja kelebihan kuliah di community college? Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Kelebihan Kuliah di Community College

1. Biaya Yang Relatif Lebih Murah

Biaya merupakan faktor utama yang banyak dipertimbangkan untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi di luar negeri. Jangan khawatir, kamu bisa menghemat budget pendidikan kamu dengan berkuliah di community college. Di sini, kamu bisa memilih untuk berkuliah selama satu atau dua tahun, sehingga biaya yang dibutuhkan tentunya akan jauh lebih sedikit ketimbang kuliah jenjang S1.

2. Jumlah Siswa Yang Tidak Terlalu Banyak

Community college memiliki jumlah mahasiswa yang relatif lebih sedikit dibanding universitas pada umumnya. Dengan jumlah siswa yang tidak terlalu banyak, pengajar pun akan lebih fokus terhadap perkembangan akademik yang dimiliki siswa, sehingga kamu akan mendapatkan bimbingan pengajaran yang lebih maksimal.

3. Sistem Akademik Yang Cenderung Fleksibel

Sistem akademik community college yang cenderung lebih fleksibel dibanding universitas, membuat kamu lebih mudah untuk beradaptasi dengan dunia perkuliahan. Dengan begitu, materi yang diajarkan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung, dapat kamu bedah lebih mendalam. Tak hanya itu, kamu akan lebih mudah memahami pelajaran yang dibahas selama kuliah.

4. Bisa Untuk Program Transfer Ke Universitas

Selama berkuliah di community college, kamu bisa mengikuti program transfer ke universitas ternama sesuai dengan impian kamu. Jangan khawatir, saat ini sudah banyak community college yang memiliki program khusus untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan universitas. Program ini bisa kamu ikuti jika memenuhi persyaratan masuk yang diberlakukan universitas tujuan kamu.

Wah banyak sekali, ya kelebihan berkuliah di community college! Nah, buat kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk kuliah di community college di AS, nggak perlu khawatir lagi soal uang saku selama kuliah. Kamu bisa mengandalkan Topremit sebagai solusi yang tepat untuk transfer uang ke luar negeri.

Dengan Topremit, orang tuamu yang ada di Indonesia bisa langsung transfer uang saku ke AS dalam waktu mulai dari 5 menit saja. Sangat mudah dan praktis, kan? Selalu percayakan Topremit untuk transfer uang hingga ke 60 negara di dunia, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.