Ketahui Apa itu CVC & CVV Pada Kartu Kredit Agar Lebih Aman

Keuangan Mar 22, 2022

Kartu kredit merupakan salah satu metode pembayaran yang banyak digunakan untuk berbagai macam transaksi belanja, baik offline melalui toko fisik maupun online melalui e-commerce. Nah, pada sebuah kartu kredit, terdapat beberapa bagian penting yang perlu diketahui oleh pihak pemegang kartu.

Kalau kamu termasuk pengguna kartu kredit, berarti kamu juga perlu mengenal kartu kredit lebih jauh. Dengan mengetahui bagian-bagian kartu, pengguna akan mendapat memudahkan saat melakukan transaksi kartu kredit secara aman.

Salah satu syarat saat menggunakan kartu kredit, biasanya kamu akan diminta memasukkan kode CVC dan CVV sebagai verifikasi akhir transaksi menggunakan kartu kredit. Tahukah kamu apa itu CVV atau CVC? Kalau belum, yuk kita kenali lebih dalam tentang CVC dan CVV melalui ulasan berikut ini.

Apa itu CVC & CVV?

Saat akan melakukan transaksi online, biasanya kamu diminta untuk mencantumkan kode CVV atau CVC kartu kredit. Kode CVV (Card Verification Value) dan CVC (Card Verification Value) adalah fitur keamanan pembayaran elektronik dan online yang diterapkan oleh VISA dan Mastercard.

Kode ini terletak pada tiga digit angka terakhir yang terdapat pada bagian belakang kartu kredit. Kedua kode yang ada pada kartu kredit ini adalah bagian SSL (Secure Socket Layer) yang merupakan teknologi yang digunakan sebagai sertifikasi secara digital. Dengan begitu, kamu bisa melakukan transaksi online dengan kartu kredit tanpa khawatir terkena penipuan.

Sejarah CVC & CVV

Penerapan fitur CVC pada Mastercard sudah dimulai sejak 1 Januari 1997. Sedangkan VISA baru mulai menerapkan penggunaan CVV sekitar tahun 2001. Nah, sejak bulan Oktober 2003, penggunaan fitur CVV atau CVC mulai diseragamkan untuk melindungi nasabah saat melakukan transaksi secara online.

Dengan menggunakan CVV dan CVC, transaksi online dalam nominal yang besar dapat dilakukan dengan lebih aman dan terpercaya. Maka dari itu, nggak heran ketika kamu tidak menyertakan CVV atau CVC kartu kredit, transaksi yang kamu lakukan akan ditolak secara otomatis dan kartu kredit kamu bisa terblokir.

Perbedaan CVV dan CVC

Meski sama-sama memiliki fungsi sebagai kode privasi, kedua kode ini memiliki perbedaan.  Bedanya terletak pada jenis kartu kreditnya. Untuk kartu kredit berlogo VISA, kode privasi yang berlaku disebut dengan istilah CVV, sedangkan kartu kredit berlogo Mastercard menggunakan istilah CVC.

Jenis Kartu CVC & CVV

Kode CVC dan CVV pada kartu kredit rupanya memiliki letak nomor yang berbeda, sesuai dengan pihak perusahaan penyedia kartu kredit. Terdapat tiga jenis kartu CVC dan CVV, antara lain:

1. VISA dan Mastercard

Pada kartu VISA atau Mastercard, CVV maupun CVC merupakan kode keamanan yang terdapat di semua kartu kredit maupun debit. Di Indonesia, bank yang menerapkan layanan ini cukup banyak, contohnya seperti BCA dan BRI. Kode CVV dan CVC dapat kamu temukan di tiga digit angka terakhir pada bagian belakang kartu kredit. Kamu bisa menggunakan semua kartu kredit dengan logo VISA atau Mastercard untuk bertransaksi di seluruh dunia dengan aman.

Bagi kamu yang ingin melakukan transaksi internasional dengan aman dan nyaman, jangan khawatir. Kamu juga bisa menggunakan Topremit sebagai solusi yang dijamin aman dan praktis. Dengan Topremit, kamu bisa melakukan transaksi ke berbagai penjuru negara tanpa perlu menunggu lama. Mulai dari 5 menit saja, dana yang dikirim bisa langsung sampai tanpa hambatan. Sangat mudah, kan?

2. Paypal

Kode CVV pada Paypal digunakan untuk melakukan transaksi online. Kode CVV pada Paypal bisa kamu ketahui dengan syarat khusus. Kamu harus mendapat akses member dashboard Paypal terlebih dahulu untuk mendapatkan kode ini.

3. American Express

Berbeda dengan CVV dan CVC pada kartu berlogo VISA dan Mastercard, CVV pada kartu American Express merupakan kode verifikasi yang berisi empat digit kode di bagian depan kartu kredit. Selain itu, ukurannya lebih kecil dibanding kartu berlogo VISA maupun Mastercard.

Tips Aman Menjaga CVV

CVV memegang peranan penting dalam keamanan transaksi yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Maka dari itu, kamu perlu tahu bagaimana cara menjaga CVV agar tidak diketahui oleh orang lain. Untuk menjaga keamanan CVV, berikut ini beberapa tips aman menjaga CVV kartu kredit yang bisa kamu terapkan:

  • Hindari menyimpan data tentang kartu kredit dan kode CVV di dalam ponsel dan aplikasi belanja online. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari pencurian data.
  • Terapkan sistem keamanan ganda. Kamu bisa menggunakan PIN khusus untuk setiap transaksi kartu kredit.
  • Jangan sembarangan mengisi formulir yang meminta data kartu kredit atau kode CVV dengan alasan apapun.
  • Hindari memposting foto diri beserta informasi data pribadi, termasuk nomor kartu kredit dan CVV di media sosial.
  • Lakukan pemblokiran kartu kredit jika kamu menemukan pemberitahuan transaksi yang mencurigakan atau transaksi yang tidak kamu lakukan.

Mengapa CVV dan CVC Harus Dirahasiakan?

CVV dan CVC yang berfungsi sebagai alat verifikasi dan kode keamanan dalam transaksi dengan kartu kredit perlu dirahasiakan dari orang lain yang tidak berhak mengetahuinya.  Pemilik kartu kredit harus menjadi satu-satunya orang yang mengetahui kode CVV dan CVC.

Jika sampai kode CVC dan CVV tersebar, kartu kredit kamu bisa disalahgunakan oleh orang lain dan membuat tagihan kartu kreditmu membengkak. Maka dari itu, selalu rahasiakan kode CVC dan CVV kamu, ya!

Cara Menggunakan Kartu Kredit untuk Transaksi Online

Untuk melakukan transaksi dengan menggunakan kartu kredit, kamu perlu mengikuti langkah-langkah khusus, yaitu dengan mengisi data tertentu, seperti:

  • Card type: kamu bisa memasukkan jenis kartu kredit yang kamu gunakan, apakah kartu kreditmu termasuk jenis VISA atau Mastercard
  • Card number: Masukkan nomor kartu kredit yang kamu miliki
  • Card holder name: pada kolom ini kamu perlu menuliskan nama lengkap pemegang kartu kredit
  • Expiration date: data tanggal kadaluarsa kartu ini bisa kamu temukan di bagian depan kartu kredit
  • CVV atau CID (Card Identification) number: data ini bisa kamu temukan di bagian belakang kartu kredit.

Penjelasan tentang apa itu CVC dan CVV pada kartu kredit bisa kamu pelajari untuk memudahkan kamu menggunakan kartu kredit saat bertransaksi. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati agar terhindar dari penipuan dan penyalahgunaan kartu kredit, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.