Apa itu devisa? - Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Keuangan Mar 25, 2022

Dalam membahas perekonomian, istilah devisa kerap terselip sebagai salah satu faktor penentu kuatnya kondisi ekonomi atau pertumbuhan ekonomi suatu negara. Devisa juga dikaitkan dengan tenaga kerja Indonesia yang disebut-sebut sebagai pahlawan devisa. Sebenarnya apa itu devisa? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Pengertian Devisa

Devisa diartikan sebagai alat pembayaran dalam lingkup internasional. Devisa dapat berupa valuta asing (mata uang asing) yang sudah diakui secara internasional. Meski demikian tidak semua mata uang disebut sebagai devisa. Pasalnya, hanya yang sudah tercatat secara resmi di bank sentral saja yang termasuk ke dalam devisa.

Sementara jika mengutip KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), devisa adalah alat pembayaran luar negeri yang dapat ditukarkan dengan uang luar negeri. Tujuan dari devisa adalah untuk melakukan transaksi pembelian dan penjualan antarnegara.

Secara ilustrasi, misalnya orang Indonesia yang akan membeli tas di Amerika Serikat. Maka orang tersebut harus menggunakan dolar Amerika Serikat sebagai alat pembayarannya. Nah, dolar tersebut disebut juga sebagai devisa.

Jenis Devisa

Devisa terbagi menjadi dua kategori tergantung dari sumber pemasukannya. Ada yang disebut devisa umum, dan ada juga yang disebut sebagai devisa kredit. Berikut ini penjelasannya.

1. Devisa Umum

Devisa jenis ini diperoleh dari kegiatan ekspor barang, penjualan jasa, atau transfer. Apa saja yang termasuk ke dalam devisa ini? Di antaranya adalah ekspor bahan-bahan pokok, ekspor produk, ekspor sumber daya alam, pelayanan atau jasa, serta wisatawan asing yang berlibur ke Indonesia. Kurs dari devisa umum ditentukan oleh permintaan atau penawaran pasar.

2. Devisa Kredit

Jenis ini diperoleh dari kredit atau pinjaman luar negeri. Tingkat kurs ditentukan oleh pemeberi debitur. Devisa yang termasuk ke dalam kategori ini adalah pinjaman utang luar negeri, penerimaan bunga, dan dividen luar negeri.

Apa Saja yang Disebut sebagai Devisa?

Ada banyak bentuk devisa yang bisa kita temukan dalam kerja sama luar negeri. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Surat Berharga

Surat berharga di sini adalah obligasi (surat utang) dan saham yang keberadaannya dilindungi oleh hukum. Selain itu, kedua surat tersebut juga memiliki nilai jual yang bisa digunakan sebagai alat transaksi.

2. Wesel Luar Negeri

Wesel digunakan untuk mengirimkan sejumlah uang. Biasanya metode ini digunakan oleh para tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri. Mereka mengirimkan sejumlah penghasilannya melalui wesel ke Indonesia. Oleh karena itu, mereka disebut sebagai pahlawan devisa.

3. Valuta Asing

Ini adalah bentuk devisa yang paling umum. Valuta asing adalah mata uang negara lain yang diakui sah sebagai alat pembayaran internasional. Meski demikian, tidak semua mata uang asing bisa diberlakukan sebagai devisa. Mata uang yang umum digunakan adalah dolar Amerika Serikat. Devisa ini didapatkan dari kredit luar negeri, devisa kredit, dan sebagainya.

Fungsi Devisa

Devisa memegang peran penting dalam menjaga stabilitas perekonomian negara. Lantas, mengapa sebuah negara memerlukan devisa? Berikut ini penjelasan fungsi devisa yang diperlukan setiap negara.

1. Alat Pembayaran Utang

Setiap negara pasti memiliki utang luar negeri. Nah, salah satu fungsi dari devisa adalah sebagai alat pembayaran utang tersebut. Oleh karena itu devisa diperlukan oleh setiap negara demi menjaga keberlangsungan perekonomiannya.

2. Alat Transaksi Internasional

Devisa bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang sah secara internasional. Jika pemerintah sedang kekurangan persenjataan atau alutsista, maka alat pembayarannya bisa menggunakan devisa.

3. Membangun Relasi

Karena diakui oleh negara-negara di dunia, devisa pun bisa dikatakan sebagai jembatan dalam membangun relasi. Setiap negara di dunia tentu akan sangat senang jika mendapatkan tambahan devisa dari negara tetangga atau negara sahabat dalam bentuk kerja sama.

Nah, itulah penjelasan mengenai devisa mulai dari pengertian, jenis, bentuk hingga fungsinya. Selain memberikan informasi yang bermanfaat, Topremit juga melayani pengiriman uang ke luar negeri atau remitansi. Layanan dari Topremit menjangkau lebih dari 60 negara. Selain itu kirim uang dengan Topremit cepat dan aman karena sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.