Mengenal Ekspatriat: Definisi, Keuntungan & Tantangannya

Nov 30, 2023


Pernah dengar istilah ekspatriat? Mungkin, jadi seorang ekspatriat adalah pengalaman unik dan menarik yang bisa kamu coba, nih. Tapi apa kamu udah tau apa itu ekspatriat hingga keuntungan dan tantangan yang harus dihadapi? Terus apa sih bedanya sama imigran? Nah, yuk simak infonya berikut!

Apa Itu Ekspatriat?

Ekspatriat (dalam bahasa Inggris: expatriate) berasal dari bahasa Latin, yaitu ex yang berarti luar dan patria yang berarti negara atau tanah air. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ekspatriat diartikan sebagai tenaga kerja asing, warga negara asing yang menetap di negara lain, dan orang yang melepas kewarganegaraannya. Dari pengertian ini dapat disimpulkan bahwa ekspatriat adalah orang yang tinggal dan/atau bekerja dalam jangka waktu tertentu di luar negara asalnya. Biasanya mereka menetap sementara di negara lain untuk menjalankan tugas negara atau profesional.

Keuntungan Menjadi Ekspatriat
Gaji Lebih Besar

Mungkin hal ini adalah salah satu alasan mengapa banyak orang memilih untuk menjadi seorang ekspatriat. Standar gaji ekspatriat terlihat lebih besar dari pekerja lokal karena beberapa penyebab, di antaranya adalah tambahan fasilitas yang diberikan perusahaan, skill yang dinilai lebih mumpuni, dan perusahaan tempat mereka bekerja sudah berskala internasional.

Bekerja Sekaligus Jalan-Jalan

Seperti yang sudah diketahui, ekspatriat tentu bekerja di luar negara asalnya. Oleh karena itu, ini bisa jadi salah satu kesempatan untuk dapat menjelajahi dan mengetahui budaya, lingkungan, serta kehidupan di negara lain sembari tetap menghasilkan uang.

Kesempatan Mengembangkan Skill Terbuka Lebar

Bagi para ekspatriat yang bekerja di perusahaan internasional, kesempatan mengembangkan skill tentu terbuka lebih lebar. Hal ini tentu jadi salah satu langkah perusahaan untuk meningkatkan kemampuan para pegawainya agar tetap dapat berkontribusi secara positif dalam pertumbuhan bisnis mengingat perusahaan menanggung biaya yang tidak murah ketika mempekerjakan ekspatriat.

Tantangan Menjadi Ekspatriat

Jauh dari Keluarga

Tantangan pertama saat tinggal di negara lain sudah tentu adalah jauh dari keluarga yang mungkin terkadang bisa bikin kamu ‘kangen rumah’ atau istilah kerennya homesick. Kelihatannya simpel, tapi masalah ini sering jadi persoalan bagi sebagian besar orang, lho. Bahkan tidak jarang yang memilih untuk bekerja di suatu tempat karena lebih dekat dengan keluarga meskipun benefit yang didapat tidak signifikan.

Jika nantinya kamu menjadi seorang ekspatriat dan mengalami homesick, mungkin kamu bisa mengatasinya melalui berbagai cara, misalnya melakukan dan menjaga komunikasi dengan orang-orang tersayang, mencari kesibukan baru yang bermanfaat, menjelajahi lingkungan baru, makan makanan sehat, dan pulang sebentar ke negara asal jika memungkinkan.

Perbedaan Budaya

Perbedaan budaya negara asal dengan negara tempat bekerja juga jadi salah satu tantangan yang kerap dijumpai para ekspatriat. Populer disebut sebagai culture shock, kamu sebagai ekspatriat harus dapat menyesuaikan diri dan mengantisipasinya dengan mencari tahu terlebih dahulu budaya masyarakat di negara tujuan, terutama yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan pekerjaan. Usahakan untuk membuka diri dengan perbedaan yang ada, berpikiran terbuka, dan tetap bersosialisasi dengan orang-orang di lingkungan baru, ya.

Biaya Hidup yang Mahal

Meski bergaji tinggi, nyatanya biaya hidup di negara lain bisa jadi akan lebih mahal, apa lagi jika kamu sebagai ekspatriat tinggal di daerah perkotaan. Selain itu, perbedaan nilai tukar mata uang dengan negara asal juga akan menyebabkan kamu berpikir bahwa biaya hidup di negara asing jadi lebih mahal. Oleh karena itu membuat perencanaan keuangan, mengontrol pengeluaran, dan beradaptasi dengan lingkungan baru sesegera mungkin dapat menjadi solusi.

Perbedaan Ekspatriat dan Imigran

Masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa ekspatriat dan imigran tidak sama. Lalu apa bedanya? Seperti penjelasan sebelumnya, ekspatriat adalah orang yang tinggal dalam jangka waktu tertentu dengan tujuan melaksanakan tugas negara atau pekerjaan tanpa berniat meninggalkan kewarganegaraannya, sedangkan imigran biasanya adalah orang yang pindah dan ingin menetap di negara lain untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik dibanding negara asalnya. Selain itu, imigran juga bisa merupakan orang yang terdampak bencana alam, perang, dan sumber daya alam yang rusak di negara asal sehingga memutuskan berpindah.

Itulah hal-hal tentang ekspatriat yang harus kamu ketahui jika berniat menjadi ekspatriat di negara lain. Semoga bermanfaat, ya!




Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.