Apa itu Mobile Banking? - Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Keuangan Apr 4, 2022

Seiring dengan kemajuan zaman dan berbagai transformasi digital yang dijalankan banyak perusahaan, kini metode pembayaran juga mengalami pembaruan yang ditunjukkan dengan penggunaan mobile banking. Layanan yang ditawarkan mobile banking terkesan lebih mudah dan praktis, membuat masyarakat mulai beralih ke M-Banking atau mobile banking untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran.

Lantas apa itu M-Banking sebenarnya? Daripada penasaran, yuk langsung kita cari tahu pengertian M-Banking lengkap dengan fitur, jenis, dan contohnya berikut ini.

Pengertian Mobile Banking

Mobile banking merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh suatu bank untuk memudahkan nasabah melakukan transaksi secara online. Seperti namanya, layanan ini dapat diakses secara mobile atau dapat diakses dimana saja dan kapan saja melalui smartphone. Dalam layanan mobile banking, nasabah dapat menggunakan berbagai fitur transaksi yang disediakan, mulai dari transfer hingga membayar tagihan. Dengan adanya mobile banking, nasabah menjadi lebih mudah untuk bertransaksi tanpa perlu uang cash.

Jenis-Jenis Aplikasi Mobile Banking

Aplikasi mobile banking yang digunakan nasabah untuk transaksi ternyata memiliki jenis yang berbeda-beda. Apa saja jenis aplikasi mobile banking? Yuk langsung kita simak jenis aplikasi mobile banking berikut ini!

1. Aplikasi M-Banking native

Aplikasi mobile banking yang satu ini dibuat secara spesifik dengan penggunaan sistem operasi tertentu. Aplikasi jenis ini memiliki keunggulan khusus yang membedakannya dengan jenis aplikasi lainnya, yaitu performanya yang tinggi sehingga memberikan pengalaman penggunaan aplikasi yang lebih baik untuk nasabah pengguna M-Banking.

2. Mobile banking web

Mobile banking web adalah aplikasi yang dijalankan dengan menggunakan bantuan situs browser berupa HTML5, JavaScript, atau CSS. Aplikasi jenis ini dirancang secara responsif, maka dari itu tampilan aplikasinya dapat menyesuaikan layar ponsel dari nasabah pengguna mobile banking yang berbeda-beda.

3. Aplikasi mobile banking hybrid

Aplikasi mobile banking hybrid merupakan kombinasi dari dua aplikasi native dan web. Aplikasi ini memuat kode back-end, native shell, dan tampilan web. Dari kombinasi dua jenis aplikasi mobile banking native dan web, membuat aplikasi ini lebih mudah dan cepat dikembangkan dibanding jenis aplikasi mobile banking lainnya.

Fitur Mobile Banking

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, mobile banking menyediakan berbagai fitur andalan yang dapat memudahkan nasabah melakukan transaksi. Beberapa fitur mobile banking yang banyak digunakan nasabah antara lain:

  • Layanan informasi saldo, mutasi rekening, suku bunga, dan lokasi cabang atau ATM terdekat
  • Layanan transfer antar bank tanpa perlu ke ATM
  • Layanan pembayaran pajak, premi BPJS, atau asuransi lainnya
  • Layanan pembayaran tagihan listrik, PDAM, paket internet, dan lain-lain.
  • Layanan pembelian dan top up saldo e wallet seperti OVO, Gopay, ShopeePay, dan masih banyak lagi lainnya.

Jika kamu ingin melakukan transaksi, khususnya transfer dana ke luar negeri dengan mudah, kamu bisa mengandalkan Topremit sebagai solusinya. Dengan Topremit kamu nggak perlu menunggu waktu proses transfer yang lama. Mulai dari 5 menit saja, dana yang dikirim bisa langsung sampai dan selesai diproses ke rekening tujuan di negara lain. Sangat mudah dan praktis, kan?

Contoh Aplikasi Mobile Banking

Di Indonesia, hampir semua bank menyediakan layanan mobile banking untuk memudahkan nasabahnya melakukan transaksi perbankan dari mana saja dan kapan saja. Tak heran jika ada banyak sekali contoh mobile banking yang banyak digunakan di Indonesia. Penasaran aplikasi mobile banking apa saja yang bisa digunakan di Indonesia? Ini dia sederet contoh aplikasi mobile banking yang beroperasi di Indonesia.

BRI Mobile

Aplikasi mobile banking yang diluncurkan khusus untuk nasabah BRI dapat digunakan nasabah untuk mengecek saldo hingga mengirim sejumlah uang ke rekening bank yang lainya. Tak hanya itu, kamu juga bisa membayar berbagai tagihan bulanan seperti tagihan listrik, PDAM, dan masih banyak lagi.

BNI Mobile Banking

Bagi kamu yang menggunakan aplikasi mobile banking ini, kamu bisa melakukan berbagai pembayaran dengan mudah dan praktis tanpa perlu repot tarik tunai di ATM. Kamu juga bisa mengecek saldo lewat aplikasi M-Banking dari BNI.

Mandiri Online

Aplikasi mobile banking dari Bank Mandiri yang saat ini dikenal dengan nama Livin’ by Mandiri ini merupakan salah satu jenis mobile banking yang sangat mudah digunakan. Kamu bisa melakukan berbagai macam transaksi bahkan mengecek saldo dengan fitur khusus yang diberikan di dalam aplikasi.

BCA Mobile

Seperti namanya, aplikasi mobile banking yang diluncurkan BCA ini dapat kamu gunakan dimana saja kapan saja untuk transaksi. Untuk menggunakan layanan yang tersedia di BCA mobile, kamu perlu melakukan pendaftaran di kantor Bank BCA untuk membuat akun M-Banking BCA Mobile.

Muamalat Mobile

Selain bank konvensional, bank berbasis syariah juga mengeluarkan layanan mobile banking yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan transaksi. Dengan layanan M-Banking dari Muamalat Mobile, kamu bisa melakukan transaksi dengan mudah dan praktis. Jangan lupa unduh aplikasinya terlebih dahulu, ya!

Itu dia sederet penjelasan tentang apa itu mobile banking lengkap dengan fitur, jenis, dan contohnya. Untuk menggunakan fitur-fitur yang tersedia dalam mobile banking, kamu perlu mendaftarkan akun ke kantor cabang terdekat di kotamu. Jadi, jangan lupa persiapkan dokumen yang dibutuhkan, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.