Apa itu Pasar uang? - Pengertian, Contoh, dan Tujuannya

Keuangan Apr 8, 2022

Pasar uang menjadi salah satu istilah yang sudah cukup familiar di dunia keuangan. Pasar uang termasuk ke dalam salah satu instrumen jual beli dalam dunia investasi. Pasar uang dapat diartikan sebagai tempat transaksi jual beli bagi investor yang ingin meminjamkan dana ke pihak lain dengan kesepakatan tertentu.

Nah, untuk mengenal lebih dalam apa itu pasar uang dan contohnya, yuk kita simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Pasar Uang

Pasar uang identik dengan dunia investasi karena berhubungan dengan kegiatan perdagangan surat berharga. Maka dari itu, pengertian pasar uang dapat diartikan sebagai kegiatan perdagangan surat berharga (efek) untuk memenuhi permintaan dan penawaran dana.

Kegiatan di pasar uang dilakukan dalam jangka waktu pendek tanpa batasan tempat. Periode tempo pasar uang bersifat relatif, sebab tujuan utamanya untuk membantu orang yang memerlukan dana. Tak heran jika pasar uang juga disebut sebagai pasar kredit jangka pendek.

Ciri-Ciri Pasar Uang

Pasar uang memiliki beberapa ciri yang membedakan dengan instrumen investasi lainnya. Berikut ini beberapa ciri-ciri pasar uang:

Periode temponya sangat pendek sehingga hanya dapat memenuhi permintaan dan penawaran dana yang dibutuhkan dalam jangka pendek.

Pasar uang bertujuan untuk menjembatani antara pihak yang memerlukan dana dengan orang dengan dana berlebih.

Tidak terikat pada tempat tertentu.

Fungsi Pasar Uang

Seperti instrumen investasi lainnya, pasar uang juga memiliki fungsi dan manfaat khusus. Berikut ini adalah fungsi pasar uang:

Memudahkan emiten memperoleh bantuan dana jangka pendek

Meningkatkan laju pembangunan negara

Menghimpun dana berlebih dari masyarakat

Mencegah terjadinya krisis ekonomi

Memberi opsi investasi low risk bagi investor

Transaksi yang Terjadi dalam Pasar Uang

Ada beberapa macam transaksi yang dapat terjadi di pasar uang. Berikut jenis transaksi yang terdapat di dalam pasar uang:

Pasar Uang Antar Bank

Transaksi pasar uang antar bank merupakan salah satu transaksi dalam pasar uang yang melibatkan lembaga-lembaga perbankan yang saling meminjam dana satu sama lain. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya.

Jual Beli Sertifikat Utang

Transaksi jual beli sertifikat utang atau efek dapat terjadi dalam pasar uang. Di sini, pihak pemerintah atau bank sentral menerbitkan surat utang (efek) kepada bank umum untuk dibeli sebagai suntikan modal bank sentral. Begitu pula bank umum yang juga menjual surat utang kepada bank sentral.

Transaksi Sertifikat Deposito

Dalam pasar uang, transaksi antara pihak bank yang menerbitkan surat berharga untuk dibeli nasabah ditentukan dengan nominal tertentu. Transaksi ini juga dikenal dengan sebutan transaksi sertifikat deposito.

Pasar Valuta Asing

Jenis transaksi ini dapat kita jumpai dalam bidang investasi. Jenis transaksi ini merupakan transaksi jual beli valuta asing untuk ditukarkan dalam mata uang rupiah atau sebaliknya. Transaksi ini dilakukan karena investor bisa berasal dari berbagai penjuru negara di dunia. Dengan transaksi pasar valuta asing, dapat membantu investor memberikan dana investasi sesuai dengan mata uang yang digunakan penerima investasi.

Untuk memudahkan konversi mata uang saat memberikan dana investasi, kamu bisa mengandalkan Topremit. Dengan Topremit, kamu bisa transfer dana ke rekening tujuan luar negeri dengan mudah dan cepat. Nggak perlu menunggu waktu lama, dengan waktu mulai dari 5 menit saja, dana ini bisa sampai ke rekening tujuan investasi mulai. Sangat mudah, kan?

Contoh Instrumen Pasar Uang

Terdapat beberapa macam instrumen pasar uang yang ada di Indonesia, antara lain:

Sertifikat Bank Indonesia (SBI)

Sertifikat Bank Indonesia (SBI) merupakan surat utang yang diterbitkan oleh Bank Indonesia dalam jangka waktu 1-3 bulan. Surat ini menggunakan sistem diskonto dan imbal hasilnya berupa bunga.

Surat Berharga Pasar Uang (SBPU)

Surat berharga jenis ini adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh bank sebagai surat pelunasan utang atas persetujuan nasabah. Proses penerbitan instrumen ini melibatkan Bank Indonesia, bank umum, atau lembaga keuangan. Surat Berharga Pasar Uang (SBPU) menerapkan sistem diskonto.

Sertifikat Deposito

Surat berharga yang diterbitkan oleh bank dengan jumlah tertentu. Instrumen ini dapat dipindahtangankan dan sangat mudah diperjualbelikan karena surat atas tunjuk.

Banker’s Acceptance

Banker’s acceptance adalah instrumen pasar uang yang dapat mengatasi permasalahan gagal bayar dari perdagangan luar negeri seperti ekspor atau impor. Banker’s acceptance berbentuk seperti wesel berjangka yang dilegalkan dengan cap accepted.

Call Money

Instrumen pasar uang satu ini berfungsi untuk mengalihkan sementara kelebihan uang jangka pendek dari bank. Call money memiliki jangka waktu yang sangat singkat, yaitu hanya tujuh hari saja.

Commercial Paper

Commercial paper adalah perdagangan inventaris atau biaya pengelolaan modal kerja dalam waktu pendek. Commercial paper ini dapat dimanfaatkan sebagai pilihan pengusaha untuk mendapatkan tambahan modal.

Treasury Bills

Treasury bills yang juga dikenal dengan sebutan T-Bills ini merupakan instrumen pasar uang berupa penerbitan surat utang oleh pemerintah untuk dibuka kepada masyarakat luas dalam jangka waktu pendek. Instrumen ini lebih dikenal dengan nama surat obligasi pemerintah.

Instrumen Pasar Uang Syariah

Seperti namanya, jenis instrumen pasar uang ini bersifat syariah, sehingga sesuai dengan hukum Islam yang berlaku. Ada beberapa jenis pasar uang syariah yaitu Sertifikat Bank Indonesia Syariah SBIS, Repurchase Agreement (Repo) SBSN, Repurchase Agreement (Repo) SBIS, Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), serta Instrumen Pasar Uang Antarbank Syariah (PUAS).

Itu dia pemaparan tentang apa itu pasar uang lengkap dengan jenis instrumen beserta contoh dan fungsinya yang bisa kamu pahami untuk mengenal tentang dunia investasi. Semoga bermanfaat, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.