Apa itu Routing Number Bank 9 Digit? Berikut Pengertiannya

transfer Dec 20, 2021

Transaksi perbankan menjadi suatu hal yang cukup lumrah dalam kegiatan sehari-hari. Berbagai macam jenis transaksi dapat dilakukan dengan mudah, termasuk transfer uang, baik transfer uang ke dalam maupun ke luar negeri.

Namun, jika ingin melakukan transaksi pengiriman uang antar bank atau pengiriman uang ke nasabah dengan rekening bank yang berbeda, perlu mencantumkan kode khusus di dalamnya, apa lagi jika transfer dilakukan ke luar negeri. Hal ini penting untuk diperhatikan tiap nasabah agar uang yang dikirim dapat sampai ke rekening tujuan di luar negeri tanpa hambatan.

Jika transaksi yang kamu lakukan hanya beda bank lokal, kamu perlu memasukan kode bank saja. Misalnya, kamu ingin transfer dari rekening tabungan Mandiri ke tujuan bank BCA, maka kamu wajib memasukkan kode transfer bank BCA sebelum memasukkan nomor rekening BCA penerima.

Berbeda dengan mekanisme transfer bank lokal, jika kamu ingin melakukan transfer dengan tujuan bank di luar negeri, kamu perlu memasukkan kode khusus yang disebut dengan routing number bank. Apa itu routing number bank? Yuk, simak langsung penjelasan lengkap tentang routing number berikut ini.

Apa itu Routing Number Bank?

Routing number adalah kode identitas dari sebuah bank untuk transaksi internasional. Kode yang berjumlah sembilan digit ini juga sering disebut dengan IBAN. Routing number bank atau nomor perutean bank ini berisi beberapa data penting seperti kode negara, kode bank, dan nomor rekening tujuan yang akan dikirimi sejumlah uang.

Transaksi menggunakan routing number rupanya hanya bisa dilakukan di counter bank saja. Hal ini terjadi karena layanan Internet Banking hanya mendukung transaksi dengan menggunakan swift code. Jadi, saat melakukan transfer dengan menggunakan routing number atau kode IBAN, kamu perlu mengetahui informasi lengkap pemilik rekening.

Apa Kegunaan Routing Number?

Routing number bank digunakan untuk melakukan transaksi internasional agar sejumlah uang yang ditransfer dapat sampai tepat ke rekening tujuan. Routing number ini dapat kamu gunakan untuk melakukan transaksi antar negara baik dari luar negeri atau ke luar negeri. Routing number setiap bank tentu berbeda-beda. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui bank apa yang akan kamu gunakan untuk transfer beserta bank tujuan.

Selain hanya dapat digunakan di counter bank, routing number ini rupanya hanya bisa digunakan untuk transfer ke dan dari bank yang berada di benua Eropa dan Inggris saja. Namun, kamu tak perlu khawatir lagi karena untuk melakukan transfer uang ke luar negeri, kamu bisa mempercayakannya dengan Topremit. Dengan Topremit, kamu bisa menerima uang yang dikirim dari Indonesia dalam waktu singkat tanpa perlu repot. Mulai dari 5 menit saja, uang yang dikirim dapat kamu gunakan di negara kamu bertempat. Jadi, tunggu apa lagi? Selalu percayakan Topremit untuk transfer uang ke luar negeri, ya!

Apakah Routing Number Sama dengan SWIFT Code?

Kebanyakan dari kita rupanya masih bingung membedakan antara SWIFT code dengan routing number bank. Namun, fungsi keduanya hampir sama. Bedanya, routing number dapat membantu nasabah untuk mengidentifikasi bank menurut negara bagian di AS dan juga memudahkan proses transfer domestik. Sedangkan, kode SWIFT mengidentifikasi kantor cabang bank untuk transfer dalam lingkup yang lebih luas yaitu bank internasional.

Tentang Routing Number

Routing number diperkenalkan oleh American Bankers Association pada tahun 1911. Routing number mulanya dibuat untuk mengidentifikasi bank atau lembaga yang menawarkan instrumen pembayaran seperti cek. Tak hanya itu, routing number ini juga digunakan untuk memudahkan pemilahan dan pengiriman cek secara cepat dan mudah untuk menjaga lembaga keuangan seefisien mungkin.

Nomor perutean bank sebagian besar menggunakan format MICR (Magnetic Ink Character Recognition). Routing number bank yang memiliki 9 digit nomor ini terdiri dari simbol routing federal reserve pada empat digit pertama, lalu empat digit berikutnya adalah pengidentifikasi lembaga ABA, dan digit terakhir adalah digit cek.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu routing number bank yang digunakan untuk melakukan transfer bank dengan tujuan bank luar negeri. Semoga bermanfaat, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.