Rekomendasi Bank untuk Pelajar dan Expat di Inggris / UK

Dunia Perbankan Dec 23, 2021

Saat kamu akan memutuskan untuk tinggal sementara di UK atau Inggris untuk menimba ilmu atau keperluan profesional lainnya, kamu perlu mempersiapkan diri dengan matang khususnya dalam urusan finansial. Umumnya di Indonesia kita menggunakan bank yang beroperasi di Indonesia untuk menyimpan uang dan juga melakukan berbagai transaksi. Maka dari itu, kita perlu mengetahui bagaimana cara membuka akun bank di UK agar bisa menggunakan layanan bank di UK untuk memenuhi kebutuhan hidup selama di UK. Berikut ini adalah beberapa cara membuka akun bank di UK yang bisa kamu jadikan panduan dengan mudah.

Cara Membuka Akun Bank di UK

Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Sama seperti bank di Indonesia, bank di UK juga memberlakukan beberapa dokumen dan berkas khusus sebagai syarat pembukaan akun bank. Dokumen yang dibutuhkan untuk membuka akun bank di UK bagi expat atau pelajar internasional tentu berbeda dengan penduduk setempat. Dokumen yang dibutuhkan pelajar internasional atau expat untuk membuka akun bank di Inggris antara lain seperti data diri, nama lengkap, alamat tinggal, nomor telepon, nomor telepon kampus, dan alamat kampus. Paspor; identitas tambahan, seperti SIM, kartu mahasiswa, akte lahir dan sebagainya; surat penerimaan dari kampus bagi pelajar internasional.

Selain menyiapkan dokumen dan berkas yang dibutuhkan, kamu juga perlu menyiapkan sejumlah uang yang wajib disetorkan pada awal pembukaan rekening. Jumlah nominal awal ini berbeda-beda di tiap banknya, tergantung dari kebijakan pihak bank.

Pilih Jenis Rekening Bank

Setelah menyiapkan dokumen untuk membuka akun bank, kamu perlu menentukan jenis rekening bank yang akan kamu gunakan. Di UK, ada dua jenis rekening bank yang bisa kamu pilih, yaitu rekening giro dan rekening tabungan.

Jika kamu memilih rekening giro, kamu bisa menggunakan layanan untuk melakukan transaksi setor dan tarik tunai dengan waktu sesering mungkin. Setelah membuka akun bank dengan jenis rekening giro, kamu akan mendapatkan buku cek dan kartu debit. Sebagian besar pelajar internasional membuka rekening koran untuk membiayai kebutuhan hidup selama berkuliah di UK. Namun begitu, kamu juga bisa mengurus kartu kredit jika memungkinkan.

Rekening tabungan menjadi jenis rekening yang cocok untuk kamu menyimpan uang dalam jangka waktu lama. Kamu juga bisa menggunakan rekening tabungan untuk mempersiapkan dana darurat jika suatu hal terjadi saat kamu tinggal di UK.

Cari Tahu Biaya Admin dan Waktu yang Dibutuhkan untuk Menerima Uang dari Indonesia

Seperti yang kita ketahui, setiap bank memiliki kebijakan berbeda dalam mengatur transaksi dan biaya, termasuk biaya admin dan waktu yang dibutuhkan untuk menerima dana yang dikirimkan dari Indonesia ke UK. Beberapa bank di UK memberi biaya admin setiap transaksi dan transfer yang dilakukan nasabah, namun ada juga bank yang memberikan layanan bebas biaya untuk melakukan transfer, yang tentunya diikuti dengan syarat dan ketentuan khusus. Selain mengetahui biaya admin yang dibutuhkan, kamu juga perlu mengetahui durasi atau waktu yang dibutuhkan untuk kamu menerima kiriman uang dari Indonesia.

Namun jangan khawatir, jika kamu membutuhkan uang yang dikirim orang tuamu dari Indonesia dalam waktu yang cepat, kamu bisa mengandalkan Topremit sebagai solusinya. Tak perlu menunggu waktu lama, karena mulai dari 5 menit saja, uang yang dikirimkan orang tua kamu di Indonesia akan bisa langsung sampai ke rekening kamu dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan hidup selama di UK.

Setelah cari tahu bagaimana cara buka akun bank di UK dan juga berkas yang perlu dipersiapkan, kamu bisa memilih salah satu bank yang cocok untuk kamu gunakan selama di UK. Yuk, langsung simak rekomendasi bank untuk pelajar dan expat di Inggris berikut ini!

Rekomendasi Bank untuk Pelajar dan Expat di Inggris

1. Barclays

Jika kamu ingin membuka akun bank di Barclays, kamu bisa memilih layanan Barclays Student Additions. Layanan bank ini diperuntukkan bagi pelajar internasional dengan nominal batas penarikan hingga GBP 3,000. Tak hanya itu, Barclays juga menyediakan layanan bebas biaya transfer. Barclays juga memberikan kelebihan berupa cashback saat berbelanja, kartu bank yang bisa dikustomisasi, dan layanan mobile banking. Barclays juga tidak mengenakan biaya administrasi bulanan khusus untuk akun pelajar internasional.

2. Monzo Bank

Monzo Bank dikenal sebagai salah satu bank yang memperbolehkan nasabahnya membuka akun bank sebelum keberangkatan ke UK. Layanan ini tentu mempermudah nasabah untuk mempersiapkan diri lebih matang sebelum tinggal di UK. Tak hanya itu, Monzo Bank juga memberi kemudahan untuk melakukan pembukaan akun meski kamu belum memiliki lokasi tempat tinggal permanen selama di UK. Kamu bisa mencantumkan alamat kerabat atau teman yang berada di UK sebagai tujuan pengiriman kartu ATM setelah kamu membuka rekening bank.

3. Santander

Dengan nominal batas penarikan hingga GBP 2,000, kamu bisa menjadikan Santander Bank sebagai bank pilihan untuk mempercayakan penyimpanan uang dan melakukan transaksi perbankan selama di Inggris. Kamu bisa memilih jenis akun Santander 123 Student Account bagi kamu yang berstatus pelajar internasional. Biaya transfer yang dikenakan untuk pelajar internasional adalah sebesar GBP 25. Kamu juga akan mendapatkan keuntungan berupa cashback di berbagai ritel besar. Kamu juga tak perlu khawatir untuk biaya admin, karena kamu tidak akan dikenakan biaya tambahan saat kamu menerima transfer uang dari Indonesia ke UK.

4. Nationwide

Bagi kamu yang ingin membuka akun bank di Nationwide, kamu bisa memilih layanan Nationwide FlexStudent yang disediakan untuk pelajar internasional. Dengan bank ini, kamu dapat melakukan penarikan saldo hingga GBP 3,000. Bank ini juga dilengkapi dengan layanan mobile banking sehingga sangat mudah untuk digunakan untuk layanan perbankan.

5. HSBC

HSBC menyediakan layanan HSBC Student Bank Account bagi pelajar internasional yang datang dari penjuru negeri. Bank ini memberi nominal batas penarikan hingga GBP 3,000. Tak hanya itu, bank ini juga memiliki biaya administrasi yang terbilang cukup murah, karena kamu hanya dikenakan biaya admin sebesar GBP 4 untuk mengirim uang ke luar negeri dan GBP 100 saat mendaftar akun bank. Dengan bank ini, kamu bisa menikmati layanan diskon dan rewards saat berbelanja, berkunjung ke bar dan restoran, serta layanan mobile banking yang memudahkan kamu.

6. Lloyds

Dengan layanan Lloyds Student Account yang disediakan Lloyds Bank, kamu bisa melakukan penarikan saldo hingga GBP 1,500. Untuk melakukan transfer, kamu hanya membutuhkan GBP 9.5 sebagai biaya administrasi transfer. Bank ini juga sudah dilengkapi dengan layanan mobile banking, loh.

7. TSB

Bank TSB dikenal sebagai salah satu bank terpercaya di UK yang memiliki layanan yang cukup lengkap dan aman. Khusus untuk nasabah yang berstatus pelajar, kamu dapat memilih layanan TSB Student Account selama berkuliah di UK. Dengan batas saldo penarikan hingga GBP 1,500 dan biaya administrasi sebesar 2 pound (Rp36.180) untuk penarikan uang hingga 100 pound. Jika kamu melakukan penarikan saldo di atas 100 pound, kamu akan dikenakan biaya administrasi tambahan sebesar 7 pound setiap penarikan.

8. Natwest

Dengan layanan Natwest Student Account, kamu bisa melakukan tarik tunai hingga GBP 2,000. Natwest Bank juga dapat menikmati keuntungan seperti gratis keanggotaan Tastecard, Prime Student Amazon atau National Express Coachcard. Bank ini juga sudah dilengkapi dengan layanan mobile banking yang sangat memudahkan nasabah melakukan transaksi. Namun kamu perlu tinggal di UK minimal 3 tahun untuk dapat menggunakan layanan dari Natwest Bank ini.

9. RBS

Dengan batas saldo penarikan hingga GBP 2,000, kamu bisa menggunakan RBS Bank untuk memenuhi kebutuhan kamu saat berada di UK. Kamu bisa memilih RBS Student Account jika kamu termasuk pelajar internasional. RBS Bank juga memberi kelebihan berupa gratis keanggotaan Tastecard, Prime Student Amazon atau National Express Coachcard. Seperti bank pada umumnya, RBS Bank juga sudah dilengkapi dengan layanan mobile banking.

10. Halifax

Jika kamu ingin membuka rekening khusus pelajar, kamu bisa memilih jenis akun Halifax Student Current Account untuk membantu kamu melakukan transaksi perbankan selama berkuliah di UK. Bank ini memiliki batas penarikan saldo hingga GBP 1,500 dan juga layanan mobile banking untuk mempermudah transaksi perbankan dengan bank Halifax.

Itu dia cara membuka akun bank di UK lengkap dengan rekomendasi bank untuk pelajar dan expat di UK. Kamu perlu memilah dan mempertimbangkan dengan matang agar kamu bisa menikmati layanan perbankan dengan aman dan nyaman selama tinggal di UK.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.