Barang Impor di Indonesia Datang dari Negara - Negara Ini, loh!

impor Jan 30, 2023

Impor termasuk salah satu kegiatan perdagangan internasional yang memiliki dampak cukup besar pada perekonomian suatu negara. Jumlah barang dan jenis komoditas yang diimpor juga tentu berbeda-beda bagi tiap negara.

Indonesia sendiri tercatat melakukan kegiatan impor dalam jumlah yang cukup banyak. Produk impor yang paling banyak diimpor Indonesia sendiri berasal dari China dan juga Amerika Serikat. Namun, selain kedua negara adidaya tersebut ada pula banyak negara lain yang produknya diimpor oleh Indonesia. Berikut daftar negara yang menjadi sumber impor dan jenis komoditas yang diimpor Indonesia.

Negara-negara yang Menjadi Sumber Impor Indonesia

1. China

China merupakan negara yang menjadi sumber impor terbesar bagi Indonesia. Nilai impornya yang mencapai USD 3,06 Miliar membuat China menempati urutan pertama sebagai negara yang paling banyak mengimpor barang ke Indonesia. Jenis barang yang diimpor ke Indonesia cukup banyak, mulai dari bahan baku, mainan anak-anak, berbagai mesin, garmen, tekstil, barang konsumsi, alat kesehatan, hingga alat berat.

2. Jepang

Jepang juga termasuk ke dalam salah satu daftar negara dengan nilai impor terbesar ke Indonesia. Jepang memiliki nilai impor mencapai USD 1,3 miliar dengan jenis barang impor yang sangat beragam. Jenis barang yang diimpor dari Jepang antara lain bermacam mesin, barang modal, alat elektronik, alat berat, dan alat-alat kesehatan.

3. Thailand

Thailand menempati urutan ketiga dalam daftar negara yang banyak melakukan impor ke Indonesia. Thailand mengimpor berbagai macam komoditas seperti pulp kayu, gypsum, karet, pupuk, dan produk pertanian lainnya. Nilai impor yang dimiliki Thailand mencapai USD 799,4 juta.

4. Singapura

Singapura merupakan salah satu negara tetangga Indonesia yang juga cukup banyak mengimpor barang penting ke Indonesia. Singapura mengimpor barang seperti perkakas rumah tangga, produk konsumsi, hingga alat konstruksi ke Indonesia dengan nilai impor sebesar USD 747,5 juta.

5. Amerika Serikat

Selain negara-negara Asia, Indonesia juga ikut mengimpor sejumlah barang dari Amerika Serikat. Dengan nilai impor hingga USD 660,7 juta, Amerika Serikat mengimpor berbagai hal mulai dari bermacam mesin, produk pertanian, alat-alat teknologi, dan masih banyak lagi lainnya.

6. Korea Selatan

Korea Selatan juga termasuk salah satu negara dengan jumlah impor terbesar ke Indonesia. Nilai impor Korea Selatan ke Indonesia mencapai USD 582,2 juta. Jenis barang yang dipasok dari Korea Selatan ke Indonesia antara lain alat elektronika, barang modal, hingga alat teknologi.

7. Australia

Indonesia mengimpor berbagai kebutuhan hidup, khususnya pangan berupa daging, susu, dan produk kehutanan dari Australia. Negara yang cukup dikenal dengan produk pangan berkualitas ini memiliki nilai impor mencapai USD 499 juta ke Indonesia.

8. Malaysia

Malaysia yang merupakan negara tetangga terdekat dengan Indonesia juga memiliki nilai impor yang cukup besar ke Indonesia. Nilai impor Malaysia mencapai USD 441,5 juta dengan berbagai jenis barang impor yang dikirimkan, antara lain produk pertanian, daging ayam, dan produk hortikultura.

9. Jerman

Untuk memenuhi keperluan alat pertanian, besi, baja, dan kendaraan, Indonesia mengimpor berbagai produk dari Jerman untuk mendapatkan kualitas yang terbaik. Barang-barang yang dipasok dari Jerman tersebut memiliki nilai impor hingga USD 322,7 juta.

Sudah tahu kan daftar negara yang banyak mengimpor barang ke Indonesia? Nah, buat kamu yang masih bingung untuk membayar barang-barang yang kamu impor dari luar negeri, jangan khawatir. Kamu bisa mengandalkan Topremit untuk melakukan transfer uang dari Indonesia ke lebih dari 60 negara di dunia dengan mudah, aman, dan praktis.

Cukup dengan waktu mulai dari 5 menit saja, uang yang kamu transfer bisa langsung sampai ke rekening penerima di luar negeri. Sangat mudah dan cepat, kan? Tunggu apa lagi, selalu gunakan Topremit untuk transfer uang ke luar negeri dengan aman dan praktis.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.