Barang-Barang yang Dilarang ketika Impor Barang (Lartas Impor)

Bisnis May 18, 2022

Dalam sebuah proses impor barang atau produk dari luar negeri, tak jarang kamu akan bertemu dengan istilah barang lartas atau barang yang dilarang untuk diimpor ke Indonesia. Sebagai seorang pebisnis importir, kamu tentunya harus mengerti akan hal ini agar nantinya kamu tidak salah memilih barang atau produk yang ingin kamu impor dari luar negeri sehingga kamu bisa terhindar dari kerugian materil seperti ongkos pengiriman, hingga  tersitanya waktu kamu yang berharga untuk mengurusi proses retur barang atau perizinan yang cukup rumit.

Pengertian Barang Lartas

Lantas, apa sebenarnya pengertian dari barang lartas itu sendiri?. Menurut Peraturan Menteri Keuangan Nomor 161/PMK.4/2007 JO PMK 224/PMK.4/2015, definisi barang lartas adalah barang yang dilarang dan/atau dibatasi pemasukan atau pengeluarannya ke dalam maupun dari daerah pabean. Tujuan utama ditetapkannya sebuah barang lartas adalah untuk melindungi beberapa kepentingan nasional, sedangkan untuk daftar barang lartas sendiri diterbitkan oleh instansi teknis yang memiliki kewenangan menetapkan peraturan lartas barang - barang impor dan ekspor seperti misalnya Kementrian Kesehatan, Kementrian Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup, dan Kementerian Perdagangan. Daftar barang lartas ini nantinya diterbitkan oleh instansi terkait dan ditujukan pada Menteri Keuangan dengan pengawasan dari Ditjen Bea Cukai atau DJBC.

Jenis - Jenis Produk yang Termasuk Barang Lartas

Pengkategorian barang lartas sendiri pada umumnya bisa dibagi menjadi dua, yaitu barang - barang yang dilarang untuk diimpor ke Indonesia dan barang yang dibatasi impornya ke Indonesia sehingga perlu mengantongi izin khusus terlebih dahulu sebelum diimpor. Beberapa produk dan barang yang termasuk kedalam kedua golongan tersebut bisa kamu lihat dari daftar berikut.

Barang yang Dilarang untuk Diimpor ke Indonesia

  • Pakaian dan barang bekas
  • Limbah bahan berbahaya dan beracun atau limbah B3
  • Psikotropika dan narkotika
  • Bahan perusak ozon atau BPO
  • Mesin yang menggunakan bahan perusak ozon
  • dll.

Barang yang Dibatasi Impornya ke Indonesia

  • Hewan dan produk hewan
  • Produk kehutanan
  • Minuman beralkohol
  • Bahan baku plastik
  • Limbah non bahan berbahaya dan beracun (B3)
  • dsb.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu barang lartas dan jenis - jenis barang yang masuk kedalam kategori tersebut. Jika kamu ingin mengimpor suatu barang dari luar negeri ke Indonesia, kamu perlu lebih jeli lagi dalam memilih barang dan pastikan kamu telah mengantongi izin terkait impor barang tersebut agar terhindar dari masalah yang bisa datang dikemudian hari. Jika kamu ingin melakukan pengiriman uang ke luar negeri untuk berbagai kebutuhan kamu seperti misalnya pada saat impor barang, kamu tinggal pilih Topremit sebagai layanan pengiriman uang ke luar negeri yang bisa kamu andalkan.

Topremit merupakan platform pengiriman uang keluar negeri dengan mudah dan tanpa ribet untuk berbagai macam kebutuhan pengiriman uang kamu. Topremit sendiri bisa kamu gunakan untuk pengiriman uang ke lebih dari 60 negara di dunia secara aman dan cepat hanya dalam waktu mulai dari 5 menit.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.