Beberapa Rekomendasi Beasiswa Kuliah di Luar Negeri Yang Bisa Kamu Ikuti

Scholarship Feb 20, 2023

Banyaknya universitas dan institusi pendidikan tinggi berkualitas di luar negeri membuat sebagian besar kalangan mahasiswa memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke luar negeri. Selain memperoleh pendidikan yang berkualitas, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman hidup yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan kuliah di dalam negeri.

Buat kamu yang ingin berkuliah di luar negeri, tentunya kamu perlu mempersiapkan biaya yang tak sedikit. Namun, jangan khawatir, kamu bisa berkuliah di luar negeri dengan memanfaatkan beasiswa. Dengan beasiswa yang dikhususkan untuk program studi di luar negeri, kamu bisa berkuliah di universitas impian yang kamu inginkan, tanpa harus membayar biaya yang mahal.

Apa saja program beasiswa ke luar negeri yang bisa kamu coba? Yuk langsung catat sederet program beasiswa berikut ini!

7 Program Beasiswa ke Luar Negeri Yang Patut Kamu Coba

1. LPDP

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau juga dikenal dengan beasiswa LPDP merupakan kolaborasi antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia. LPDP sendiri menawarkan berbagai opsi jenis beasiswa dengan berbagai macam kampus tujuan di luar negeri. Buat kamu yang tertarik untuk apply beasiswa ini, pastikan kamu memenuhi persyaratan khusus yang diberlakukan ya!

2. IFA Paris Scholarship

Buat kamu yang bercita-cita menjadi desainer kelas dunia, program beasiswa International Fashion Academy (IFA) Paris Scholarship bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan program ini, kamu bisa mengajukan beasiswa kuliah untuk S1 & S2 lho! Nggak cuma itu, kamu juga bisa memilih program studi yang sesuai dengan minat kamu.

3. MEXT

MEXT atau Monbukagakusho Shogakukin merupakan beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Pengetahuan dan Teknologi Jepang. Melalui beasiswa ini, kamu bisa mendapatkan bantuan uang kuliah selama menempuh pendidikan tinggi di Jepang. Kamu bisa mulai mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan sesuai persyaratan seperti transkrip nilai hingga sertifikat kemahiran bahasa Jepang (JLPT).

4. Fullbright Scholarship

Bagi kamu yang baru lulus S1 dan ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat S2, Fullbright Scholarship bisa jadi pilihan yang tepat. Beasiswa yang dikelola oleh American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) ini memiliki tes khusus sebagai persyaratan penerimaan. Persiapkan dirimu sebaik mungkin untuk mendapatkan kesempatan berkuliah dengan beasiswa ini ya!

5. Russian Government Scholarship

Jika kamu mencari program beasiswa untuk lulusan SMA dan SMK, beasiswa Russian Government Scholarship bisa jadi pilihan yang tepat. Beasiswa dari The Ministry of Science and Higher Education Rusia ini bahkan tak mengharuskan kamu untuk fasih menggunakan Bahasa Rusia lho! Kamu bisa memilih kelas dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris untuk memudahkan kamu memahami materi perkuliahan.

6. Erasmus Mundus

Program beasiswa Erasmus Mundus adalah beasiswa yang diberikan bagi pelajar untuk melakukan kegiatan belajar, riset, pelatihan, atau mengajar di salah satu institut atau universitas pilihan yang ada di negara anggota Uni Eropa. Negara-negara yang bisa kamu pilih antara lain Perancis, Jerman, atau pun Swedia. Jika kamu tertarik mendaftarkan diri untuk beasiswa ini, pastikan kamu telah menyelesaikan studi S1, menyerahkan transkrip nilai, dan memiliki sertifikat TOEFL atau IELTS.

7. Global Korea Scholarship

Beasiswa Global Korea Scholarship merupakan program beasiswa yang dikelola oleh National Institute for International Education yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan Korea Selatan. Kamu bisa memilih program beasiswa ini untuk melanjutkan pendidikan di universitas yang ada di Korea Selatan. Jangan khawatir, program beasiswa ini juga memberikan bantuan finansial untuk kuliah secara penuh. Jadi kamu nggak perlu bingung soal biaya selama berkuliah di Korea Selatan.

Itu dia sederet program beasiswa kuliah di luar negeri yang bisa kamu pilih sesuai dengan negara tujuan. Selama kuliah di luar negeri, kamu juga nggak perlu khawatir soal biaya hidup atau pun keperluan mendesak. Soalnya dengan Topremit, kamu bisa menerima uang yang ditransfer orang tuamu dari Indonesia secara mudah dan cepat. Mulai dari 5 menit saja, uang yang ditransfer ke rekening tujuan luar negeri bisa langsung sampai.

Selalu percayakan Topremit untuk transfer uang hingga ke 60 negara di dunia ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.