Beberapa Kebiasaan yang Tidak Disadari Membuat Kamu Jadi Boros

tips keuangan Sep 4, 2022

Secara tak sadar, perbuatan boros banyak terjadi dalam kehidupan sehari-hari kamu, lho. Misalkan, kamu diajak hangout temen tapi tujuannya tidak jelas, hanya berkumpul dan hura-hura saja sehingga kamu mengeluarkan uang yang tidak pada kebutuhannya. Kongkow bareng sahabat sebenarnya juga dibutuhkan untuk melepas penat setelah beraktivitas. Namun, kalau kongkow-nya berlebihan dan membuat kamu menjadi boros sebaiknya dihindari saja, ya.

Membahas tentang boros, ada beberapa kebiasaan yang membuat kamu menjadi sering melakukan hal ini. Apa saja kebiasaan tersebut ? Yuk, cari tahu informasinya dengan membaca ulasan di bawah ini.

5 Kebiasaan Yang Membuat Kamu Jadi Boros

Keseringan “Self Reward” dan “Healing

Terlalu sering melakukan self reward dan healing akan membuat kamu menjadi konsumtif atau boros. Kegiatan self reward dan healing, seperti membeli barang, menghabiskan uang untuk makanan, ataupun pergi menyendiri ke suatu tempat karena ingin menenangkan diri dari masalah yang dihadapi. Jika dilakukan setiap saat, kedua kebiasaan tersebut akan membuat kamu menjadi semakin boros dalam hal pemakaian keuangan.

Tidak Menyisihkan Uang Tabungan ketika Gajian

Gajian merupakan suatu hal yang ditunggu para pekerja di setiap bulan. Banyak orang yang menggunakan uang gaji mereka secara berlebihan. Gunakan uang dari gaji kamu dengan bijak dan jangan lupa untuk menyisihkannya untuk menabung. Dengan menabung, kamu akan mengurangi perilaku boros. Jangan menghabiskan seluruh uang gajian kamu dalam sekejap, ya.

Sering Tergiur Aplikasi E-Commerce

Hadirnya aplikasi E-commerce yang menawarkan diskon serta promo-promo menarik pada setiap barang yang dijual, kadang membuat kamu lupa diri ketika berbelanja online dan menjadi boros. Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat daftar barang yang akan kamu beli sehingga tidak mudah tergoda membeli barang hanya karena ada diskon atau promo-promo menarik didalamnya.

Mendahulukan Keinginan Dibandingkan Kebutuhan

Kalau menuruti keinginan sudah pasti tidak ada habisnya. Seseorang yang mendahulukan keinginan dibandingkan kebutuhan, biasanya orang tersebut tidak akan peduli dengan berapa banyaknya uang yang dikeluarkan asalkan keinginannya tercapai. Istilah FOMO (fear of missing out) alias ketakutan ketinggalan tren bisa membuat seseorang menginginkan membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.Karena ingin mengikuti tren, kamu jadi mengeluarkan uang dan membeli barang yang tidak ada gunanya untuk kebutuhan.

Tidak Melakukan Budget Planning dengan Benar

Pernahkah kamu merasa kalau uang di dompet cepat habis ? Mungkin salah satu penyebabnya adalah kamu tidak mempunyai budget planning yang baik. Kamu mengeluarkan uang secara tidak tepat sehingga ada pengeluaran yang mestinya tidak harus kamu lakukan. Dengan membuat budget planning yang baik, kamu bisa mengontrol keuangan kamu dan terhindar dari perilaku boros.

Itu tadi beberapa kebiasaan yang tidak disadari membuat kamu menjadi seseorang yang boros. Jauhi beberapa kebiasaan tersebut dalam keseharian kamu, ya. Jika kamu bisa mengatur keuangan kamu dengan baik dan terhindar dari sifat boros. Nah, seandainya suatu hari nanti kamu sedang membutuhkan layanan pengiriman uang ke luar negeri, percayakan saja kepada Topremit.

Dengan menggunakan Topremit, kamu bisa mengirim uang secara cepat dan aman. Proses pengiriman uang yang cepat mulai dari 5 menit saja, uang yang kamu kirimkan segera sampai ke rekening tujuan. Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan uang ke lebih dari 60 negara yang ada di dunia dengan cepat dan aman pastinya.

Yuk, download dan install aplikasi Topremit di smartphone kamu sekarang.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.