Rincian Biaya Hidup dan Biaya Kuliah di Turki, Terjangkau Loh!

tips tinggal di luar negeri Jan 13, 2022

Turki dikenal sebagai salah satu negara yang cukup banyak dijadikan sebagai destinasi untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke tingkat universitas atau bahkan menempuh jenjang karir yang cukup menjanjikan. Namun, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum benar-benar memutuskan untuk tinggal di Turki dalam waktu yang lama. Salah satunya tentang biaya hidup yang kamu butuhkan selama tinggal di sana.

Biaya hidup di Turki dan juga biaya kuliah di negara dengan ibu kota Ankara ini relatif terjangkau. Untuk itu, kamu perlu mengetahui estimasi biaya hidup di Turki dengan rincian biaya berikut ini.

Biaya Pendidikan di Turki yang Terjangkau

Biaya pendidikan yang dibutuhkan seorang mahasiswa selama berkuliah di Turki rupanya tidak terlalu besar. Bahkan beberapa universitas menyediakan beasiswa khusus untuk mahasiswa internasional.

Kamu bisa memilih universitas negeri untuk mendapatkan biaya kuliah yang terjangkau. Biaya kuliah yang dibutuhkan untuk kuliah di universitas negeri berada di kisaran USD300 hingga USD800 per tahun. Jumlah ini sangat berbeda jauh jika kamu memilih kuliah di universitas swasta yang membutuhkan biaya hingga USD20.000 per tahunnya.

Rincian Biaya Hidup di Turki

Selain biaya kuliah, kamu juga perlu mempertimbangkan biaya hidup yang kamu butuhkan selama tinggal di Turki. Biaya hidup di Turki rupanya cukup terjangkau bahkan relatif lebih rendah dibandingkan beberapa negara besar seperti Spanyol, Afrika Selatan, Estonia, Taiwan, Republik Ceko, dan Jerman. Namun, biaya hidup di Turki yang kamu butuhkan juga tergantung dari gaya hidup dan tempat tinggal yang kamu gunakan.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup selama tinggal di Turki, kini kamu tak perlu khawatir karena dengan Topremit, kamu bisa langsung menggunakan uang yang ditransfer orang tua kamu di Indonesia. Kamu hanya perlu waktu mulai dari 5 menit hingga uang yang ditransfer bisa langsung kamu gunakan untuk membeli kebutuhan hidup selama tinggal di Turki. Topremit juga terjamin keamanannya karena telah terdaftar di Bank Indonesia, loh!

Biaya Sewa Rumah di Turki

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, biaya tinggal di Turki terbilang cukup terjangkau. Namun, biaya sewa rumah di Turki berada di taraf yang cukup tinggi. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencoba meminimalisir biaya tempat tinggal dengan mencari referensi tempat tinggal dengan harga sewa yang paling terjangkau.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengajak teman untuk berbagi tempat tinggal agar uang sewa yang dibebankan dapat dibagi rata. Kisaran harga sewa rumah juga bergantung pada luas dan ketersediaan ruangan. Kamu bisa memilih rumah tipe 1+1 yang menyediakan 1 ruang tamu dan 1 kamar dengan kisaran biaya 700 hingga 1.000 lira per bulan.

Selain pengeluaran untuk biaya sewa rumah, kamu juga perlu mengatur uang untuk keperluan hidup lainnya. Mulai dari tagihan listrik, biaya gas, biaya air, hingga biaya akses Wi-Fi. Kamu juga bisa membagi biaya ini dengan teman sekamar kamu untuk menghemat pengeluaran kamu selama tinggal di Turki.

Biaya Transportasi Umum di Turki

Selama tinggal di Turki, kamu juga perlu mengetahui estimasi biaya transportasi yang dibutuhkan untuk menggunakan fasilitas umum. Biasanya, transportasi umum yang banyak digunakan mahasiswa menggunakan kartu mahasiswa sebagai alat pembayaran secara berlangganan. Dengan kemudahan ini, kamu bisa bepergian tanpa khawatir mengeluarkan ongkos hingga membuat kantong bolong. Tak hanya itu, fasilitas ini juga bisa kamu jadikan sebagai kemudahan untuk berangkat ke kampus jika tempat tinggal kamu berjarak cukup jauh dari lokasi kampus.

Sangat menarik bukan? Dengan sederet kemudahan dan juga biaya hidup yang terjangkau, kamu bisa lebih yakin untuk tinggal di Turki selama kamu menimba ilmu atau meniti karir di Turki. Jangan lupa siapkan dokumen penting yang dibutuhkan untuk tinggal di Turki agar kamu bisa tinggal di Turki tanpa hambatan.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.