Ini Rincian Biaya Hidup di Amerika untuk Mahasiswa dan Pekerja

tips tinggal di luar negeri Nov 9, 2021

Tinggal di Amerika Serikat merupakan impian sebagian orang dengan tujuan yang berbeda-beda. Misalnya saja untuk kuliah atau bekerja. Amerika Serikat memang menawarkan banyak daya tarik seperti budaya, modernisasi, gaji, hingga kualitas pendidikan. Negeri Paman Sam ini juga tak jarang jadi tujuan wisata warga Indonesia.

Kalau kamu punya rencana tinggal di Amerika Serikat, baik itu sebagai mahasiswa atau pekerja, kebetulan Topremit akan menulisnya di artikel ini. Selain mengetahui biaya hidup di Amerika, Topremit juga akan memberikan tips mengatur biaya hidup di Amerika Serikat dan tips menghemat biaya hidup di sana.

Tips Hemat Biaya Hidup di Amerika Serikat

Kondisi perekonomian Amerika Serikat yang lebih maju dari Indonesia membuat biaya hidup di sana lebih tinggi. Untuk itu kamu perlu mengatur pengeluaran agar bisa tinggal di sana.

Kalau kamu seorang pekerja maka pilihan tempat tinggal terbaik di sana adalah tipe flat atau apartemen. Biaya sewa apartemen di Amerika Serikat rata-rata Rp 23.800.000 per bulan. Kota dengan biaya sewa apartemen murah adalah Colorado yang hanya Rp 13.750.000 per bulan. Perlu diingat juga biaya apartemen belum termasuk untuk makan, perawatan diri, kesehatan, dan lainnya.

Agar bisa mengatur pengeluaran kamu disarankan membuat daftar anggaran mulai dari makanan, gas, akomodasi, hingga hiburan. Dengan melakukan perhitungan cermat setiap bulannya, kamu bisa mengontrol pengeluaran bahkan menekan biaya hidup agar lebih hemat.

Sementara untuk kebutuhan makanan sehari-hari kamu disarankan berbelanja di supermarket lokal. Selain lebih dekat, belanja di supermarket lokal terbilang cukup murah dan terjangkau. Untuk bahan konsumsinya kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Sedangkan buat yang ingin kuliah, kamu bisa tinggal di asrama kampus. Namun tidak semua kampus menyediakan fasilitas ini. Kamu perlu mencari detail akomodasi ketika melakukan pendaftaran. Kampus yang menyediakan akomodasi biasanya sudah termasuk layanan tambahan seperti catering, sehingga biaya makan sehari-hari bisa berkurang. Selain itu kamu juga tak perlu mengeluarkan biaya transportasi.

Rincian Biaya Hidup di Amerika Serikat

Agar lebih jelas berapa biaya hidup di Amerika Serikat, Topremit sudah membuat rangkuman yang akan menjelaskan besaran kebutuhan bulanan mulai dari biaya makan, transportasi, sewa apartemen, dan biaya lainnya. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Biaya Makan

Biaya makan di restoran murah di Amerika Serikat berkisar Rp 200 ribuan. Hal ini tentu berbeda jauh di Indonesia dengan harga Rp 20.000 masih bisa makan kenyang di warteg.

Kemudian sebagai orang Indonesia tentu tidak sah rasanya makan tanpa nasi. Kalau kamu ingin memasak sendiri, harga beras di sana berkisar Rp 55.000/kg. Harga kebutuhan lainnya yakni daging mentah sekitar Rp 164.000 dan susu per liternya Rp 11.000. Sedangkan air mineral ukuran 330 ml harganya Rp 20.000.

2. Harga Pakaian

Kamu tentu perlu pakaian baru untuk bekerja dan kuliah. Untuk membelinya kamu bisa mengunjungi pusat perbelanjaan di pusat kota. Untuk harga celana Levi's di sana dijual dengan harga Rp 600 ribuan. Sedangkan harga sepatu rata-rata mencapai Rp 1.000.000. Untuk sepatu kerja seperti pantofel harganya sekitar Rp 1,3 jutaan.

3. Biaya Kesehatan

Jauh dari keluarga kamu harus bisa mengurus diri sendiri, termasuk ketika sakit di Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam asuransi kesehatan menjadi salah satu sektor besar. Untuk itu, kamu harus cermat melihat berbagai paket kesehatan yang ditawarkan oleh pihak asuransi. Misalnya layanan kesehatan apa yang termasuk dan tidak termasuk dalam rencana asuransi yang kamu ambil.

4. Biaya Transportasi

Kalau kamu tinggal di luar area kampus atau bekerja di kota tertentu, maka perlu menganggarkan biaya transportasi setiap bulannya. Biaya transportasi di Amerika Serikat terbilang cukup mahal. Untuk sekali jalan saja dapat mencapai Rp 32.000. Selain membeli tiket secara harian, kamu bisa berlangganan bulanan. Harga tiketnya sekitar Rp 989.000. Sedangkan tarif taksi di Amerika Serikat per kilometernya mencapai harga Rp 24.000.

5. Biaya Apartemen

Salah satu pilihan tempat tinggal di Amerika Serikat adalah apartemen. Seperti disebutkan sebelmunya, tarif apartemen per bulannya di Amerika Serikat rata-rata mencapai Rp 23 jutaan. Namun kamu bisa memilih apartemen di kota-kota pinggiran agar harga sewanya lebih rendah. Meskipun begitu kamu juga perlu mempertimbangkan akses transportasi dan biaya transportasi agar tidak jadi lebih mahal.

Biaya Hidup di Kota

Kalau kamu masih bingung mencari kota tempat tinggal kamu di Amerika Serikat, Topremit juga akan memberi tahu perkiraan biaya hidup di beberapa kota di sana. Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan besaran budget yang dibutuhkan ketika memilih kuliah atau bekerja di kota tersebut.

1. New York

New York merupakan salah satu kota termegah di Amerika Serikat. Maka tak heran kalau biaya hidup di kota ini terbilang tinggi. Untuk biaya hidup per bulan di New York berkisar $1,638 sampai $3,895. Kalau di konversikan ke rupiah menjadi Rp 22–Rp 54 juta per bulan (1 USD = Rp14.000).

2. Los Angeles

Biaya sewa tempat tinggal di Los Angeles rata-rata mencapai $900 per bulan atau Rp 12 juta per bulan. Sebagai perbandingan, di Jakarta kamu sudah mendapatkan tempat tinggal layak dan nyaman di rentang harga Rp 1,5-4 juta per bulan. Biaya transportasi dan bensin di Los Angeles 55% lebih mahal dibandingkan di kota besar lain di Amerika Serikat.

3. Chicago

Di Chicago kamu bisa membeli celana jeans di harga harga Rp 850 ribuan. Sedangkan untuk segelas kopi harganya Rp 70.000. Kota Chicago dikenal bercuaca dingin sehingga akan cocok untuk masyarakat Indonesia yang beriklim tropis dan mencari kesejukan.

4. Houston

Houston memiliki biaya hidup 11% lebih murah dibandingkan kota besar lainnya. Kalau kamu memiliki dana berlebih, kamu bisa membeli rumah untuk tinggal di Houston dengan harga $ 124,700 atau setara dengan Rp 1,7 miliar. Setara dengan rumah di Kota Jakarta, kan?

5. Philadelphia

Philadelphia punya biaya hidup yang tidak semahal kota besar lainnya. Rata-rata kamu mungkin akan menghabiskan sebesar $1,200 hingga $2,700 per bulan atau Rp 16,8 juta – Rp 37,8 juta. Kalau dibandingkan dengan New York, biaya hidupnya bisa jauh lebih murah.

6. Phoenix

Kota yang berada di negara bagian Arizona ini merupakan kota besar dengan biaya hidup cenderung lebih rendah. Per bulannya kamu mungkin bisa menghabiskan $674 hingga $1,600 atau setara dengan Rp 9,4 juta–Rp 22,4 juta. Kamu bisa kuliah di beberapa universitas seperti Grand Canyon University, University of Arizona, atau Prescott College.

7. San Antonio

Kota lainnya yang bisa kamu pilih sebagai tempat tinggal adalah San Antonio. Biaya hidup di kota ini tidak terlalu mahal. Biaya perumahan di San Antonio berkisar $649 atau Rp 8,9 juta per bulan. Sedangkan untuk biaya hidup sekitar $2,716 atau Rp 37 juta per bulan.

Itu dia rincian biaya hidup di Amerika serikat untuk kamu ingin kuliah atau bekerja. Sebelum menentukan untuk tinggal di sana, pastikan segala kebutuhan kamu akan tercukupi. Kalau ingin kuliah, pastikan biaya pendidikan dan hidup di sana sesuai dengan budget. Sementara untuk kamu yang ingin bekerja di Amerika Serikat, pastikan gaji kamu bisa memenuhi biaya hidup setiap bulannya.

Untuk tempat tinggal memang sebaiknya dipersiapkan sebelum kamu pergi ke sana. Kalau sudah deal, kamu bisa menggunakan jasa remitansi dari Topremit. Pengiriman uang menggunakan Topremit dijamin aman dan cepat. Topremit sudah menjangkau 60 negara di dunia termasuk Amerika Serikat.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.