Ini Perkiraan Biaya Hidup di India, Mahal atau Murah?

tips tinggal di luar negeri Jan 27, 2022

India terkenal dengan bangunan Taj Mahal yang megah. Selain itu, negara ini juga dikenal luas oleh masyarakat Indonesia akan film Bollywood-nya. Sebagai negara terbesar ke-7 di dunia, India kaya akan budaya, sejarah otentik, dan tradisi.

Pertumbuhan ekonomi negara ini juga tergolong cepat di dunia hingga mencapai status sebagai negara adidaya ekonomi. Jika kamu tertarik berlibur atau bahkan kuliah di India, maka perlu mempertimbangkan biaya hidup selama di sana.

Meskipun banyak jajanan kaki lima, namun apakah harga makanan di sana lebih mahal atau lebih murah? Untuk mengetahui kisaran biayanya kamu bisa melihat dalam tabel berikut ini. Namun, dengan catatan tabel harga di bawah ini adalah kisaran rata-rata. Jadi kemungkinkan setiap daerah di sana akan berbeda-beda.

Jenis Pengeluaran

Biaya dalam Mata Uang Rupee

Biaya dalam Mata Uang Rupiah

Makan di restoran murah

Rs150

Rp29 ribuan

Makan 1 porsi

Rs20 – Rs300

Rp4 ribuan – Rp57 ribuan

Makan 2 orang di restoran menengah

Rs600

Rp115 ribuan

Tiket sekali jalan

Rs15

Rp2.890

Tiket bulanan

Rs600

Rp115 ribuan

Taksi

Rs40 – Rs100

Rp7.707 – Rp19 ribuan

Bensin per liter

Rs67,75

Rp13 ribuan

Apartemen 1 kamar di pusat kota

Rs11.257,04

Rp2.16 jutaan

Apartemen 1 kamar di pinggir kota

Rs6.949,67

Rp1.3 jutaan

Listrik, air, sampang untuk apartemen 85m2

Rs2.122,43

Rp408 ribuan

Telepon lokal prabayar 1 menit

Rs0,95

Rp183,05

Internet 10 Mbps

Rs1.248,61

Rp240.600

Kota dengan Biaya Hidup Termahal

Setelah kamu mengetahui kisaran rata-rata biaya hidup di India, kamu juga mesti mempertimbangkan tujuan tempat tinggal kamu. Pasalnya, ada beberapa kota di sana yang biaya hidupnya rata-rata lebih tinggi. Dengan demikian, kamu mungkin harus mengeluarkan biaya lebih mahal dibandingkan tabel di atas.

1. Mumbai

Menurut beberapa perkiraan, kota di India ini lebih mahal untuk ditinggali daripada Frankfurt atau Seattle. Mumbai telah melompati 25 tempat-tempat dalam Survei Biaya Hidup Mercer tahun ini. Kondisi kota yang maju dengan banyak gedung vertikal menjulang tinggi dan populasi yang padat, membuat biaya kebutuhan di kota pun menjadi tinggi.

2. Delhi

Sewa perumahan di Delhi bisa berharga antara Rs16.999 dan Rs32.083, sementara makanan di luar bisa bervariasi antara Rs281 dan Rs465. Pesatnya perkembangan kota satelit di sekitar Delhi membuat kota ini pun mengalami lonjakan perekonomian. Hal itulah yang membuat biaya hidupnya cukup tinggi.

3. Chennai

Tingginya biaya hidup di kota ini menempatkannya sebagai kota termahal ketiga versi Biaya Hidup Mercer 2017. Chennai mengalahkan Kolkata dan Bengaluru. Meski demikian, kota ini masih populer untuk kalangan ekspatriat karena menjadi lalu lintas internasional selain Mumbai dan Delhi. Rata-rata sewa hunian di kota ini bervariasi antara Rs12.000 hingga Rs29.000.

4. Bengaluru

Bengaluru termasuk kota yang padat akan polusi akibatnya membludaknya jumlah kendaraan. Tingginya biaya hidup di kota ini bahkan mengalahkan Leipzig dan Cape Town, di peringkat 166 di peringkat Mercer.

5. Kolkata

Kalau kamu ingin biaya hidup yang lebih rendah, maka Kolkata menjadi tujuan hidup yang pas. Pasalnya sebagai kota yang termasuk padat penduduknya, Kolkata termasuk lebih terjangkau dibandingkan kota besar lainnya. Makan siang dengan minuman di Kolkata hanya memerlukan biaya sekitar Rs324.

Itulah rincian biaya hidup di India beserta gambaran kota termahalnya. Semoga impian kamu bisa liburan atau kuliah di negeri Bollywood segera tercapai. Jika sewaktu-waktu kekurangan uang, tak perlu khawatir dan panik. Kamu bisa minta tolong pada keluarga atau saudara untuk kirim menggunakan Topremit.

Topremit adalah penyedia jasa transfer uang ke luar negeri yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Layanan remitansi Topremit juga sudah menjangkau lebih dari 60 negara di dunia. Transfer uang ke luar negeri menggunakan Topremit cepat dan aman karena sudah mendapat izin dari Bank Indonesia.

1.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.