Penasaran Berapa Biaya Hidup di Jepang? Yuk cek Disini!

jepang Jan 24, 2023

Jepang adalah salah satu negara maju di dunia yang memiliki tingkat perekonomian cukup baik. Bahkan, Negara Matahari Terbit ini memiliki tingkat GDP kedua tertinggi di dunia. Jepang juga memiliki berbagai fasilitas umum yang sangat mudah dan nyaman digunakan. Tak heran jika Jepang cukup dilirik sebagai negara tujuan untuk memperbaiki taraf hidup.

Namun, kenyamanan hidup di Jepang tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Buat kamu yang tertarik tinggal di Jepang baik untuk menimba ilmu, bekerja, atau tujuan lainnya, kamu perlu tahu terlebih dahulu berapa estimasi biaya hidup di Jepang yang kamu butuhkan. Daripada penasaran, langsung saja simak estimasi biayanya berikut ini.

Estimasi Biaya Hidup Ketika Tinggal di Jepang

1. Tempat Tinggal & Utilitas

Biaya yang dibutuhkan untuk membayar tempat tinggal dan utilitas seperti listrik, air, gas, hingga pulsa dan kuota internet, perlu jadi pertimbangan utama saat kamu memutuskan akan tinggal di Jepang. Jika kamu ingin tinggal di kota pelosok di Jepang, kamu membutuhkan biaya tempat tinggal berupa apartemen dengan nilai sekitar JPY 20.000 atau sekitar IDR 2.200.000 per bulannya.

Buat kamu yang berniat untuk tinggal di pusat kota seperti Tokyo, maka biaya tempat tinggal yang kamu butuhkan berkisar JPY 40.000 hingga JPY 80.000 per bulan atau sekitar Rp 4.400.000 sampai Rp 8.800.000 per bulan. Untuk tagihan utilitas seperti tagihan listrik dan gas adalah JPY 2.500 atau sekitar Rp 280.000 per bulan.

2. Biaya Konsumsi Makanan & Minuman

Biaya makan dan minum selama di Jepang, ternyata membutuhkan biaya yang jauh lebih besar dibanding di Indonesia. Kamu membutuhkan biaya sekitar JPY 40.000 atau sekitar Rp 4.400.000 untuk setiap bulannya. Tentunya biaya makan ini berbeda-beda, bergantung jenis makanan yang kamu konsumsi.

3. Transportasi

Jepang merupakan negara dengan transportasi umum yang nyaman dibanding negara-negara lain di Asia. hal ini membuat mayoritas masyarakat Jepang menggunakan transportasi umum untuk mobilisasi. Biaya transportasi umum yang kamu butuhkan dalam sebulan, rata-rata berkisar dari JPY 10.000 hingga JPY 25.000 atau sekitar Rp 1.000.000 hingga Rp 2.700.000 setiap bulannya.

4. Asuransi Kesehatan

Untuk menjamin kesehatan warganya, pemerintah Jepang mewajibkan setiap penduduk agar memiliki asuransi kesehatan. Biaya yang dibutuhkan untuk membayar iuran asuransi kesehatan sangat relatif. Namun umumnya biaya asuransi dikenakan biaya mulai dari JPY 2.500 atau sekitar Rp 270.000 per bulan.

5. Lain-lain

Biaya lain-lain mencakup kebutuhan hiburan seperti rekreasi atau biaya kebutuhan pribadi juga perlu kamu perhitungkan selama tinggal di Jepang. Kisaran biaya lain-lain yang kamu butuhkan berkisar pada angka JPY 20.000 per bulannya (Rp 2,1 juta). Namun tentunya angka ini akan berbeda untuk setiap orang karena perbedaan kebutuhan.

Itu dia rincian estimasi biaya yang kamu butuhkan selama tinggal di Jepang. Total biaya yang perlu kamu persiapkan adalah berkisar JPY 98.500 hingga JPY 183.000 atau sekitar Rp 10.800.000 hingga Rp 20.000.000 setiap bulannya.

Nah, buat kamu yang masih bingung soal transfer uang ke Jepang untuk memenuhi kebutuhan hidup, sekarang nggak perlu khawatir lagi. Dengan Topremit, kamu bisa langsung transfer uang dengan aman dan mudah. Dalam waktu mulai dari 5 menit saja, uang yang ditransfer dari Indonesia ke rekening tujuan di luar negeri bisa langsung sampai, lho! Tunggu apa lagi, selalu percayakan Topremit untuk transfer uang ke luar negeri dengan aman dan praktis, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.