Ini Perhitungan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Malaysia

Kuliah di luar negeri Nov 26, 2021

Berkuliah di luar negeri menjadi impian banyak calon mahasiswa. Nggak heran sih, karena lulusan perguruan tinggi luar negeri punya nilai plus dan juga pengalaman kuliah yang berbeda dengan kuliah di negeri sendiri. Salah satu negara yang banyak menjadi tujuan calon mahasiswa untuk berkuliah adalah Malaysia.

Malaysia menjadi salah satu negara tujuan untuk menuntut ilmu khususnya bagi pelajar dari Indonesia. Sebab, biaya hidup di Malaysia dan Indonesia tidak jauh berbeda. Kalau kamu juga tertarik untuk kuliah di Malaysia, kamu perlu mengetahui beberapa informasi penting, mulai dari biaya hidup sampai durasi kuliah.

Untuk itu, yuk simak artikel ini agar kamu bisa lebih mempersiapkan diri untuk kuliah di Malaysia!

Biaya Hidup di Malaysia

Karena letaknya nggak begitu jauh dari Indonesia, gaya hidup di Malaysia juga mirip dengan Indonesia. Mulai dari kemiripan bahasa, iklim, sampai budaya juga cukup mirip, sehingga kamu nggak akan begitu kesulitan beradaptasi selama kamu kuliah. Selain itu, biaya hidup per bulan di Malaysia nggak jauh beda loh sama di Indonesia. Misalnya aja, harga sewa tempat tinggal atau kost yang berkisar 1 sampai 2 juta rupiah per bulan.

Harga makanan di Malaysia juga bisa dibilang masih terjangkau untuk ukuran mahasiswa. Di rumah makan sederhana, kita bisa dapat seporsi makanan dengan harga Rp13.000 sampai Rp30.000-an. Sedangkan di restoran kelas menengah, kamu cukup merogoh kocek Rp70.000 sampai Rp150.000 untuk sekali makan.

Kalau simpanan uang kamu habis saat kuliah di Malaysia, nggak usah khawatir. Kamu bisa pakai layanan Topremit sebagai layanan pengiriman uang terpercaya. Kiriman uang dari orang tua yang tinggal di Indonesia ke bank tujuan di Malaysia akan terkirim dengan dengan aman!

Topremit menjamin keamanan dan kecepatan pengiriman mulai dari 5 menit. Selain cepat, biaya layanannya juga terjangkau banget. Selalu gunakan Topremit sebagai jasa kirim uang terpercaya ke Malaysia, ya!

Lama Kuliah S1 di Malaysia

Selain gaya hidupnya, kurikulum dan sistem pembelajaran juga mirip dengan di Indonesia.Lama kuliah S1 di Malaysia berkisar antara 3,5 tahun hingga 4 tahun selama masa studi. Namun, kebanyakan mahasiswa di Malaysia menjalani masa perkuliahan selama 3,5 tahun untuk mendapatkan gelar setara sarjana.

Perlu kamu tahu nih, di Malaysia ada berbagai macam program perkuliahan yang tersedia di perguruan tinggi. Mulai dari universitas negeri dengan biaya yang paling terjangkau sampai program universitas dengan twinning program. Kamu bisa pilih program perkuliahan yang sesuai dengan cita-citamu sebelum mendaftarkan diri menjadi mahasiswa di Malaysia.

Biaya Kuliah di Malaysia

Untuk melanjutkan kuliah di Malaysia, tentu kamu perlu mempersiapkan biaya yang cukup agar mampu menyelesaikan pendidikan di Malaysia dengan baik. Di Malaysia sendiri biaya kuliah yang dibutuhkan berbeda-beda sesuai dengan program kuliah yang kamu ikuti. Ini dia beberapa program perkuliahan lengkap dengan biaya kuliah di Malaysia yang perlu kamu ketahui sebelum memulai kuliah di Malaysia.

1. Universitas Negeri

Tak berbeda jauh dengan universitas yang ada di Indonesia, universitas negeri di Malaysia tentu memiliki biaya kuliah yang relatif terjangkau dibandingkan dengan biaya kuliah perguruan tinggi swasta. Biaya kuliah di universitas negeri Malaysia berbeda-beda, tergantung program dan jurusan yang kamu ambil. Rata-rata biaya yang dibutuhkan berkisar antara Rp145 juta sampai Rp291 juta untuk menyelesaikan pendidikan tingkat S1.

2. Universitas Swasta

Bagi pelajar internasional, universitas swasta juga bisa jadi alternatif yang menarik. Hal ini karena program kuliah yang beragam bisa kamu pilih sesuai keinginan. Namun, yang jelas biaya kuliah di universitas swasta lebih mahal daripada universitas negeri. Rata-rata biaya kuliah yang dibutuhkan berkisar antara USD15.000 hingga USD30.000 atau sekitar Rp218 juta hingga Rp436 juta untuk 3,5 hingga 4 tahun pendidikan sarjana selain program studi kedokteran.

3. International Branch Campus

Jika kamu ingin merasakan program pendidikan kelas dunia, kamu bisa memilih international branch campus atau cabang kampus internasional yang tersedia di Malaysia. Kamu dapat memperoleh pengalaman mengenyam pendidikan kelas dunia dengan harga lebih terjangkau dibanding universitas internasional lainnya. Rata-rata biaya kuliah yang dibutuhkan untuk berkuliah di international branch campus sekitar Rp335 juta hingga Rp727 juta.

4. Universitas Penyedia Twinning Program

Di Malaysia kamu bisa ikut perkuliahan dengan Twinning Program. Program ini diadakan di beberapa universitas terkemuka dengan dua tahun pertama pendidikan dilakukan di Malaysia dan dua tahun selanjutnya dilanjutkan di universitas lain di negara yang berbeda. Biaya kuliah yang kamu butuhkan untuk mengikuti program ini Rp291 juta sampai Rp872 juta selama berkuliah di Malaysia.

Nah, itu dia penjelasan ringkas tentang bagaimana perhitungan biaya kuliah di luar negeri mulai dari biaya hidup, lama program kuliah yang dijalani hingga biaya pendidikan yang dibutuhkan di universitas Malaysia. Gimana nih, udah makin yakin lanjut kuliah di Malaysia, kan? Jangan lupa siapin berkas yang diperlukan agar kamu nggak mengalami hambatan selama kuliah di negeri seberang.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.