Perkiraan Biaya Hidup di Pakistan, Ternyata Murah Loh!

tips tinggal di luar negeri Feb 2, 2022

Tinggal di luar negeri menjadi dambaan sebagian orang. Kalau kamu salah satunya, maka Pakistan bisa jadi negara tujuannya. Biaya hidup di Pakistan tergolong murah jika dibandingkan negara lainnya. Apalagi jika dibandingkan dengan negara tetangganya India atau Iran.

Pakistan memiliki 170 juta warga negara yang sebagian besarnya adalah muslim. Sehingga jajanan dan makanan halal banyak tersedia ketika kamu tinggal atau berlibur di negara ini. Soal wisata, Pakistan punya beberapa daya tarik yang terkenal di antaranya Lembah Neelum, Lembah Hunza, Lembah Swat, Lembah Kalash, hingga Lembah Kaghan.

Lalu bagaimana dengan biaya hidupnya? Tenang saja, Ini dia rangkumannya untuk kamu yang tertarik tinggal di Pakistan. Berikut ini penjelasannya.

Biaya Hidup Di Pakistan

1. Biaya Tempat Tinggal

Di Pakistan, kamu bisa tinggal di apartemen. Untuk lokasi di tengah kota, kisaran harga sewanya adalah Rs 21.300 (Rp1,7 jutaan). Sementara di pinggiran kota harganya rata-rata Rs 13.400 (Rp1 jutaan). Itu adalah harga sewa untuk apartemen tipe standar. Sementara jika kamu menyewa apartemen tiga kamar harga sewanya mencapai Rs 28.000 hingga Rs 40.000/bulan. Selain itu, harga sewa di kota seperti Islamabad, Karachi, atau Lahore mungkin lebih mahal lagi.

2. Biaya Makan dan Minum

Kebutuhan lainnya adalah makan dan minum. Untuk sekali makan di Pakistan, kamu rata-rata perlu mengeluarkan biaya sekitar Rs 300 (Rp24 ribuan). Sementara makan di restoran cepat saji membutuhkan biaya sekitar Rs 650/porsi (Rp50 ribuan). Harga air mineral botol 33 ml adalah Rs 35 atau Rp2 ribuan. Sedangkan untuk ukuran 1.500 ml harganya Rs 60 atau Rp4 ribuan.

3. Belanja Bulanan

Jangan lupa juga, setiap bulannya kamu pasti ada kebutuhan hal-hal seperti perlengkapan mandi seperti pasta gigi, shampo, sabun, dan hal lainnya seperti sabun cuci piring, sabun cuci baju, bahan makanan, hingga bumbu-bumbu masakan. Kalau ditotal, rata-rata pengeluarannya mencapai Rs 20.000 hingga Rs 35.000.

4. Biaya Transportasi

Untuk mobilitas selama di Pakistan kamu bisa mengandalkan transportasi umum. Meski demikian moda transportasi di sana yang paling nyaman digunakan adalah taksi. Maklum, soal sarana mobilitas, Pakistan masih belum berkembang. Taksi di sana memberlakukan tarif awal Rs 120/kilometer. Sedangkan kilometer selanjutnya dihargai Rs 30. Sementara untuk mobil pribadi pengeluaran per bulannya bisa mencapai Rs 12.000 hingga Rs 20.000.

5. Biaya Hiburan dan Rekreasi

Sesekali boleh lah pergi untuk berlibur dan mencari hiburan. Salah satunya pergi ke bioskop. Tiket bioskop di negara ini tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Untuk sekali nonton harga tiketnya Rs 700 atau Rp56 ribuan. Sebagai negara yang dekat dengan India, Pakistan jadi surga bagi film-film Bollywood.

6. Biaya Komunikasi

Biaya komunikasi sebenarnya bisa saja termasuk dengan penyewaan tempat tinggal. Namun biasanya pengelola akan menambahkan biaya sewanya. Untuk tambahan Wi-Fi rata-rata biayanya sebesar Rs 3.300. Sedangkan kalau kamu lebih memilih menggunakan paket data dari provider lokal, harga rata-rata per bulannya adalah Rs 300.

7. Biaya Lainnya

Bagi yang tinggal di apartemen, biasanya akan dikenai biaya tambahan lainnya, baik itu untuk pemeliharan, kebersihan, atau keamanan. Biaya ini juga mungkin termasuk tagihan listrik dan air. Kamu setidaknya harus menyiapkan dana sekitar Rs 11.000 hingga Rs 20.000 setiap bulannya.

8. Pendapatan Rata-Rata

Kalau kamu tertarik tinggal di Pakistan untuk bekerja, maka gaji rata-ratanya cukup tinggi. Sehingga bisa menutupi segala kebutuhan hidup setiap bulannya. Rata-rata pekerja di sana diupah sebesar Rs 81.000. Rentang gaji terendah pekerja di Pakistan adalah Rs 20.000 dan tertinggi Rs 365.000/bulan. Jika dihitung berdasarkan nilai tukar rupiah, kamu akan mendapatkan gaji rata-rata Rp7 jutaan/bulan dan tertinggi di Rp33,5 jutaan/bulan. Cukup tinggi kan?

Itulah perkiraan biaya hidup di Pakistan yang perlu kamu ketahui. Selama di sana kamu tak perlu khawatir kehabisan uang. Kamu bisa meminta bantuan orang tua, teman, atau kerabat untuk mengirim uang dari Indonesia. Pengiriman uang ke luar negeri bisa dilakukan dengan Topremit.

Topremit merupakan penyedia layanan remitansi yang sudah dipercaya lebih dari 10 tahun. Pengiriman uang dengan Topremit sudah menjangkau ke lebih dari 160 negara. Kirim yang ke luar negeri dengan Topremit cepat dan aman karena sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.