Perkiraan Biaya Hidup di Thailand, Cari Tahu Estimasinya Disini!

Thailand Sep 7, 2022

Thailand merupakan salah satu negara berkembang dengan tingkat perekonomian yang cukup meningkat pesat di Asia Tenggara. Negara yang dikenal dengan sebutan Negara Gajah Putih ini masuk ke dalam daftar destinasi wisata favorit bagi masyarakat dari berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Keindahan bentang alam yang disuguhkan Thailand dan biaya hidup yang termasuk terjangkau, membuat Thailand cukup banyak diminati sebagai negara destinasi untuk meningkatkan taraf hidup. Penasaran, berapa kisaran biaya hidup di Thailand setiap bulannya? Yuk langsung saja simak rincian biaya yang perlu kamu persiapkan untuk tinggal di Thailand. Catat baik-baik, ya!

Estimasi Biaya Hidup Tinggal di Thailand

1. Tempat Tinggal

Selama tinggal di Thailand, kamu bisa memilih lokasi tempat tinggal yang sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan kamu. Namun, biaya yang dibutuhkan untuk tempat tinggal yang kamu pilih tentu berbeda. Jika kamu memilih apartemen di pusat kota seperti Bangkok, kamu membutuhkan biaya berkisar mulai dari 4.500 baht hingga 8.500 baht atau sekitar Rp 1.800.000 rupiah hingga Rp 3.600.000 per bulan. Perbedaan biaya tempat tinggal ini sesuai dengan ukuran, lokasi dan fasilitas yang disediakan.

2. Makan

Biaya makan yang perlu kamu persiapkan selama tinggal di Thailand terbilang cukup terjangkau. Harga makanan di Thailand berkisar antara 30 hingga 50 Baht per porsi atau sekitar Rp 12.500 hingga Rp 21.000. Dengan harga ini, kamu sudah mendapatkan satu porsi nasi lengkap dengan sayur dan lauk. Jika ditotal, biaya makan yang kamu butuhkan setiap bulannya sekitar 2.700 baht hingga 4.500 baht atau sekitar Rp 1.200.000 sampai Rp 1.800.000 per bulan.

3. Transportasi

Fasilitas transportasi yang tersedia di Thailand cukup beragam dan mudah diakses. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis transportasi mulai dari MRT, Skytrain, bus, taksi online, hingga tuktuk. Tarif transportasi yang dibutuhkan tentu berbeda, sesuai dengan jenis transportasi dan jarak yang ditempuh. Umumnya, biaya transportasi yang kamu butuhkan setiap bulannya sekitar 900 baht atau Rp 370.000.

4. Komunikasi

Kebutuhan komunikasi yang tak terlepas dari kehidupan manusia saat ini membuat kamu perlu memperhitungkan dengan matang berapa biaya yang perlu kamu keluarkan untuk berkomunikasi selama tinggal di Thailand. Kamu perlu menyiapkan biaya sekitar 300 baht atau sekitar Rp 124.000 setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan komunikasi selama tinggal di Thailand.

5. Biaya lain-lain

Selain biaya kebutuhan pokok, kamu juga perlu mempersiapkan dana khusus untuk memenuhi kebutuhan lain-lain seperti biaya rekreasi dan hiburan atau kebutuhan tambahan tak terduga. Kamu bisa menyiapkan anggaran sekitar 500 sampai 1.000 baht atau sekitar Rp 100.000 hingga Rp 200.000 per bulannya.

Sudah tahu kan estimasi biaya yang perlu kamu persiapkan untuk tinggal di Thailand? Nah, jika ditotal, kisaran jumlah biaya hidup yang kamu butuhkan selama tinggal di Thailand adalah 15.200 Baht atau sekitar Rp 6.300.000 per bulannya. Tidak terlalu jauh berbeda dengan kebutuhan di Jakarta, kan?

Nah, buat kamu yang masih bingung untuk transfer uang selama tinggal di Thailand, kamu bisa mengandalkan Topremit sebagai solusinya. Dengan Topremit, kamu bisa langsung transfer uang dalam waktu mulai dari 5 menit saja. Sangat mudah dan praktis, kan? Selalu percayakan Topremit untuk transfer uang hingga ke 60 negara di dunia dengan mudah dan aman.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.