Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Hong Kong, Murah atau Mahal?

tips tinggal di luar negeri Mar 1, 2022

Hong Kong merupakan negara di Asia yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Selain sebagai tujuan bekerja, Hong Kong juga dikenal akan pendidikannya yang baik. Maka tak heran kalau sebagian masyarakat Indonesia memilih Hong Kong sebagai tempat untuk menimba ilmu. Kalau kamu salah satu yang tertarik, maka perlu mengetahui biaya hidup di sana.

Banyak yang beranggapan bahwa Hong Kong merupakan negara dengan biaya hidup yang mahal. Namun, apakah anggapan tersebut benar? Nah, ni dia informasi tentang berapa sih biaya yang diperlukan untuk tinggal di Hong Kong. Untuk kamu yang ingin kuliah pun bisa mengetahui biaya kuliah di Hong Kong.

Biaya Hidup Di Hong Kong

Biaya Tempat Tinggal

Hong Kong termasuk negara dengan tingkat populasi yang padat. Kamu akan jarang menemukan rumah tapak di sana. Dibandingkan rumah, di Hong Kong lebih banyak gedung-gedung pencakar langit berupa gedung kantoran atau tempat tinggal. Rata-rata penduduk di sana tinggal di apartemen atau rumah susun.

Biaya apartemen di pusat kota Hong Kong berkisar HKD 13.000 hingga HKD 25.000 per bulan. Sedangkan harga sewa di daerah pinggiran kota biayanya HKD 8.500 hingga HKD 18.000. Selain apartemen kamu pun bisa tinggal di asrama kampus. Biaya sewanya HKD 5.000 hingga HKD 15.000 per semester.

Biaya Makan dan Minum

Kebutuhan lainnya ketika tinggal di Hong Kong adalah untuk makan dan minum. Sebagai gambaran, harga sarapan dengan sandwich dan kopi di Hong Kong senilai HKD 30 hingga HKD 40. Sedangkan makan siang dan malam dengan menu yang lebih berat berkisar HKD 60 hingga HKD 70. Harga tersebut tergantung menu yang kalian pilih, ya!

Biaya Transportasi

Jika kalian tinggal di apartemen yang cukup jauh atau berada di pinggiran kota, maka setiap harinya memerlukan transportasi umum. Untuk harga tiket atau ongkos transportasi di Hong Kong bervariasi tergantung pilihan moda transportasinya. Kamu bisa menggunakan MTR (metro atau subway) dengan ongkos HKD 8 hingga HKD 18 sekali jalan. Sedangkan tiket bulanannya adalah HKD 500.

Kamu juga bisa menggunakan taksi untuk perjalanan dalam kota. Harga atau tarif minimalnya adalah HDK2,4 hingga HKD 8,50 per kilometer. Untuk perjalanan menyeberangi Tsim Sha Tsui ke Central atau sebaliknya, kamu bisa menggunakan feri. Tarifnya adalah HKD 2,20 hingga HKD 3,70.

Biaya Pakaian

Selama di Hong Kong, kamu mungkin memerlukan beberapa pakaian baru. Sebagai gambaran, harga celana Levi's di Hong Kong seharga HKD 611 dan harga sepatu kulit HKD 940 per pasang. Itu adalah harga pakaian yang bisa kamu dapatkan di mal atau pusat perbelanjaan modern. Sementara untuk harga yang lebih terjangkau kamu bisa mendapatkannya di pasar atau toko-toko pinggir jalan.

Biaya Hiburan dan Rekreasi

Untuk melepas penat selama menjadi mahasiswa di Hong Kong, kamu bisa mendatangi beberapa area publik seperti taman, mal, kafe, bar, atau tempat wisata. Untuk harga minuman alkohol di bar berkisar HKD 50 hingga HKD 90 per botol. Untuk kamu yang ingin pergi menonton di bioskop, harga tiketnya rata-rata HKD 100. Jika kamu ingin liburan yang sehat, maka gym adalah tempat terbaik. Harga member per bulannya HKD 600.

Biaya Kebutuhan Pokok

Untuk menghemat pengeluaran selama tinggal di Hong Kong, kamu bisa memasak sendiri. Bahan-bahan pokok bisa didapatkan minimarket, supermarket, atau pasar tradisional. Harga beras di Hong Kong berkisar HKD 17, ayam per kilo HKD 78, dan daging HKD 170 per kilogram. Rata-rata pengeluaran per bulan yang bisa kamu siapkan adalah HKD 300 hingga HKD 400.

Itulah perkiraan biaya hidup selama kuliah di Hong Kong. Jika kamu tinggal dalam sebulan, maka pengeluaran rata-ratanya berkisar HKD 19.870 atau Rp36.540.906,16 (kurs HKD 1 setara Rp1.839,00). Cukup mahal, bukan? Jika dibandingkan dengan Jakarta, biaya sebulan di Hong Kong bisa untuk tinggal di apartemen mewah, dan hidup secara hedon.

Biaya Kuliah di Hong Kong

Untuk biaya kuliah, setiap kampus menetapkan harga yang berbeda-beda tergantung kualitas pendidikan dan tingkat kepopulerannya. Berikut ini harga biaya pendidikan di beberapa kampus terkenal di Hong Kong.

University of Hong Kong (HKD U)

Biaya pendaftaran: HKD 450 (IDR 825 ribu).

Biaya kuliah: HKD 145.000 9 (IDR 266 juta) per tahun.

Hong Kong Polytechnic University (PolyU)

Biaya kuliah: HKD 145.000 (IDR 266 juta) per tahun.

University of Law Hong Kong

Biaya kuliah: HKD 125.250,63 (IDR 233 juta) per tahun.

City University of Hong Kong (CityU)

Biaya kuliah: HKD 140.000 (IDR 257 juta) per tahun.

Chinese University of Hong Kong (CUHK)

Biaya kuliah untuk diploma: HKD  145.000 (IDR 266 juta).

Biaya kuliah untuk untuk sarjana: HKD  200.000 (IDR 366 juta).

Nah, sudah tahu kan berapa biaya hidup dan kuliah di Hong Kong. Biaya yang tinggi memang sebanding dengan kualitas pendidikan yang didapatkan. Selain itu, gaji rata-rata pekerja di Hong Kong juga tinggi loh, yakni Rp36 jutaan untuk rata-rata pria, dan Rp27 jutaan untuk rata-rata wanita.

Jika kamu memiliki keperluan mengirimkan uang ke Hong Kong, kamu bisa menggunakan Topremit sebagai jasa pengiriman kamu dikarenakan Topremit yang sudah dipercaya lebih dari 10 tahun. Tidak hanya itu saja loh layanan Topremit dapat menjangkau lebih dari 60 negara. Selain itu, kirim uang ke luar negeri menggunakan Topremit cepat dan aman karena sudah mendapat izin dari Bank Indonesia.




Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.