Berikut Biaya Kuliah Di Australia Dan Rincian Biaya Hidupnya

Kuliah di luar negeri Nov 22, 2021

Australia merupakan salah satu negara tujuan pendidikan yang paling diminati di Indonesia. Berdasarkan rekomendasi JACK Study Abroad, Australia juga termasuk dalam daftar rekomendasi tujuan kuliah terfavorit.

Kuliah di Australia memang menawarkan banyak keunggulan. Tak hanya dari segi kualitas kurikulum dan pengajarannya, namun juga kesempatan mendapat beasiswa juga terbuka lebar. Meski begitu, buat kamu yang ingin kuliah di Negeri Kangguru tanpa beasiswa, kamu juga harus menyiapkan budget khusus loh karena jumlahnya tidak sedikit.

Kalau masih bingung berapa biaya yang diperlukan untuk kuliah di Australia, Topremit bakal kasih informasinya di bawah ini. Selain itu pastikan kamu juga harus tau biaya di luar pendidikan yang perlu kamu tanggung, seperti untuk tempat tinggal, transportasi, makan dan lainnya.

Daftar Biaya Kuliah di Australia

Biaya kuliah di Australia pada dasarnya berbeda-berbeda di setiap universitas. Kamu mungkin perlu mengetahui lebih jauh soal rinciannya di website masing-masing kampus. Selain itu tergantung pula pada jurusan yang kamu pilih. Untuk jurusan kedokteran kemungkinan memiliki biaya yang lebih tinggi.

Australia Mempunyai 43 universitas yang bisa kamu pilih yang terdiri dari 40 universitas negeri, 2 universitas internasional, dan 1 universitas swasta. Sebagai gambaran, rata-rata biaya kuliah per tahunnya 140 juta Rupiah hingga 300 juta Rupiah. Kalau kamu ingin tahu biaya di beberapa kampus, berikut ini daftarnya:

  • IPAG Business School dengan rata-rata biaya pendidikan Rp 149.572.500 per tahun.
  • University of New England dengan rata-rata biaya pendidikan Rp 179.487.000 per tahun.
  • University of Wollongong dengan rata-rata biaya pendidikan Rp 159.544.000 per tahun.
  • Victoria University dengan rata-rata biaya pendidikan Rp 219.373.000 per tahun.
  • Australian National University dengan rata-rata biaya pendidikan Rp 368.945.500 per tahun.
  • University of Sydney dengan rata-rata biaya pendidikan Rp 368.945.500 per tahun.
  • University of Queensland dengan rata-rata biaya pendidikan Rp 319.088.000 per tahun.

Untuk kamu ketahui juga setiap universitas memiliki biaya tambahan di luar SPP per uang semester, misalnya biaya fasilitas dan layanan. Kamu pun perlu mengecek di setiap kampus untuk tahu detail biayanya. Perkiraan biaya fasilitas dan layanan tersebut biasanya mulai dari 2 Juta Rupiah.

Kalau kamu perlu membayar uang kuliah di luar negeri serahkan saja pada Topremit. Layanan remitansi dari Topremit sudah menjangkau 60 negara di dunia, termasuk Australia. Pengiriman dengan Topremit juga cepat dan aman karena terdaftar di Bank Indonesia.

Rincian Biaya Hidup di Australia

Selain biaya untuk kuliah, kamu juga perlu tahu biaya hidup di Australia. Sebagian besar universitas di Australia memang menawarkan fasilitas tempat tinggal di kampus bagi siswa internasional.

Kamu juga bisa mencari tempat tinggal sendiri di luar kampus. Hanya saja kamu mungkin perlu menambahkan biaya transportasi ke dalam budget. Tarif sewanya tentu tergantung jenis tempat tinggal dan lokasinya. Berikut ini beberapa pilihannya:

  • Homestay: berkisar antara AUD 440-1.080 per bulan.
  • Guesthouse: berkisar antara AUD 320-540 per bulan.
  • Sewa bersama: berkisar antara AUD 85-215 per minggu.
  • Sekolah asrama: berkisar antara AUD 11,000-22,000 per tahun.
  • Sewa apartemen: sekitar AUD 1,700 per bulan.

Kalau kamu tinggal di lokasi yang agak jauh dari kampus tempat kamu kuliah, tentu memerlukan transportasi. Perkiraan biayanya adalah AUD 10-50 per minggu. Selain itu, ada kebutuhan lainnya juga misalnya seperti listrik, gas, dan telepon.

  • Shampo (400 ml): AUD 7.
  • 4 gulung tissue toilet: AUD 3.10.
  • Pasta gigi: AUD 3.68
  • 1 kotak antibiotik: AUD 19.

Untuk kebutuhan makan sehari-hari, kamu bisa lebih hemat jika memasak sendiri. Jika kamu membeli bahan makanan di supermarket terdekat, biayanya hanya sekitar blablabla. Sedangkan jika kamu makan di luar, biaya di restoran murah di Australia pun sekitar AUD 18/sekali makan, dimana kamu malah akan menghabiskan blablabla dalam seminggu. Kamu bisa membeli bahan makanan di supermarket terdekat dengan biaya perkiraan AUD 100-200 per minggu. Sementara jika kamu makan di luar, biaya di restoran murah di sana adalah berkisar AUD 18 per sekali makan. Dalam seminggu kamu malah akan menghabiskan lebih dari AUD 200.

Di samping biaya makan ada biaya keperluan pribadi juga yang harus kamu penuhi setiap bulannya. Sebagai gambaran, berikut ini daftar biaya:

  • Shampo (400 ml): AUD 7.
  • 4 gulung tissue toilet: AUD 3.10.
  • Pasta gigi: AUD 3.68
  • 1 kotak antibiotik: AUD 19.

Selain tujuan belajar, kamu juga mungkin perlu menghibur diri dengan pergi jalan-jalan atau belanja. Meski begitu, jangan sampai terlena dengan suasana liburan di luar negeri ya karena akan mengganggu konsentrasi belajar kamu.

Lowongan Kerja Paruh Waktu

Kalau kamu merasa biaya kuliah dan hidup di Australia mahal, kamu bisa mencari lowongan pekerjaan paruh waktu. Di Australia pelajar internasional, yang memiliki visa pelajar secara otomatis diizinkan bekerja paruh waktu hingga 40 jam per dua minggu. Pelajar yang bekerja di Australia juga dilindungi secara hukum.

Sebelum bekerja, pastikan kamu memiliki Tax File Number (TFN) atau nomor pajak dari kantor pajak di Australia. Untuk pengajuannya, kamu perlu mengisikan biodata secara lengkap seperti nama, tanggal lahir, alamat saat ini, dan keterangan lainnya. Biasanya pelajar internasional di Australia bekerja paruh waktu di bidang ritel, perhotelan, dan administrasi.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.