Biaya Kuliah di Jepang, Termasuk Murah atau Mahal?

Kuliah di luar negeri Mar 8, 2022

Jepang termasuk ke dalam salah satu jajaran negara destinasi untuk melanjutkan pendidikan jenjang perguruan tinggi. Sebab, di Jepang tersedia berbagai program pendidikan kuliah yang ditawarkan, khususnya bagi mahasiswa internasional. Nggak hanya itu, mayoritas masyarakat juga meyakini bahwa kuliah di negara yang terkenal sebagai Negeri Sakura ini termasuk murah, bahkan dengan kualitas pendidikan terbaik kelas dunia.

Penasaran kan berapa biaya yang dibutuhkan untuk kuliah di Jepang? Yuk, kita simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Biaya Kuliah di Jepang

Biaya yang dibutuhkan untuk kuliah di Jepang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan biaya kuliah di Inggris atau Amerika Serikat (AS). Biaya yang dibutuhkan untuk berkuliah di Jepang rupanya berbeda-beda dan menyesuaikan dengan universitas dan program kuliah yang dipilih. Untuk kamu yang memilih berkuliah di universitas negeri dan nasional, kamu perlu mengeluarkan biaya sekitar 540.000 yen per tahun, dan 280.000 yen untuk pendaftarannya. Biasanya kamu membutuhkan waktu selama 4 tahun untuk menyelesaikan program perkuliahan di universitas nasional dan negeri.

Nah, bagi kamu yang memilih untuk berkuliah di universitas swasta, kamu perlu mengeluarkan biaya yang lebih mahal dibanding universitas nasional atau negeri. Biaya kuliah yang dibutuhkan untuk berkuliah di universitas swasta berkisar antara 875,000 hingga 3,7 juta yen, dengan biaya pendaftaran 235.000 hingga 1,3 juta yen untuk program sarjana.

Sedangkan untuk program pascasarjana, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sedikit lebih murah, yaitu berkisar antara 515.000 hingga 1,25 juta yen per tahun, dengan biaya pendaftaran 190.000 hingga 225.000 yen. Sama seperti universitas nasional dan negeri, kisaran waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pendidikan di universitas swasta adalah 4 tahun.

Jika kamu memilih untuk berkuliah di institusi pendidikan tinggi selain di universitas, Jepang juga memiliki dua jenis institusi pendidikan tinggi lainnya yaitu senmon-gakko (sekolah khusus) dan tanki daigaku atau perguruan tinggi junior (junior college). Senmon gakkou merupakan perguruan tinggi yang menyediakan program-program vokasional atau keahlian khusus seperti program sekolah vokasi atau politeknik di Indonesia. Sedangkan tanki daigaku menawarkan program vokasional yang fokusnya lebih sedikit dengan masa belajar lebih pendek, yaitu selama 2 tahun.

Untuk kamu yang memilih berkuliah di senmon gakkou, kamu perlu mengeluarkan biaya sekitar 3 juta yen untuk program 4 tahun. Nah, bagi kamu yang memilih program perkuliahan tanki daigaku kamu perlu mengeluarkan biaya yang sedikit lebih mahal yaitu berkisar 4 juta yen untuk program 2 tahun.

Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa berkuliah di Jepang dengan tenang tanpa perlu bingung soal biaya. Sebab dengan Topremit, kamu bisa menggunakan uang saku dan biaya kuliah yang dikirim orang tuamu di Indonesia dengan lebih mudah. Dengan waktu mulai dari 5 menit saja, uang yang dikirim dari Indonesia bisa langsung kamu gunakan tanpa perlu menunggu waktu yang lama. Sangat cepat dan praktis, kan? Selalu gunakan Topremit untuk transaksi internasional dengan aman, cepat, dan mudah, ya!

Biaya Hidup di Jepang

Selain biaya kuliah, kamu juga perlu mempersiapkan dana khusus untuk keperluan hidup selama berkuliah di Jepang. Mulai dari biaya transportasi, biaya makan sehari-hari, biaya akomodasi seperti tempat tinggal, biaya tagihan air, listrik, pulsa dan internet, serta biaya tambahan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan. Agar kamu bisa berkuliah dengan nyaman, jangan lupa untuk mengelola pengeluaran dan pemasukan yang kamu terima. Dengan begitu, kamu nggak akan mengalami kesulitan atau bahkan kekurangan saat menimba ilmu di negara matahari terbit ini.

Itu dia sekilas informasi tentang biaya kuliah di Jepang yang perlu kamu persiapkan sebelum memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di sana. Dari sederet informasi tersebut, bisa disimpulkan bahwa biaya kuliah di Jepang relatif lebih murah dibandingkan biaya kuliah di negara besar lainnya. Jangan lupa untuk memilih program kuliah yang tepat dan sesuai dengan minat dan bakat kamu, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.