Biaya Kuliah Di Jerman Dan Biaya Hidup Di Jerman, Mahal Atau Murah?

Kuliah di luar negeri Nov 22, 2021

Jerman merupakan salah satu negara favorit pada pelajar atau mahasiswa yang ingin meneruskan pendidikan di luar negeri. Di antara negara-negara Eropa lainnya, Jerman menjadi tujuan utama menjadi lokasi bagi banyak universitas terbaik di dunia antara lain Technical University of Munich, Ludwig Maximilian University of Munich, Heidelberg University yang masuk dalam daftar QS World University Ranking 2020.

Selain memiliki banyak universitas terbaik dunia, biaya kuliah maupun hidup di Jerman juga tidak terlalu mahal loh! Sejak 2014, pemerintah Jerman tidak hanya menghapuskan biaya kuliah untuk mahasiswa domestik, tapi juga mahasiswa internasional. Tentu saja, kamu harus memenuhi syarat yang berlaku di setiap universitas atau penyedia beasiswa.

Sebelum kamu memutuskan untuk kuliah di Jerman dan menghitung besaran biaya yang harus disiapkan, pahami dulu jenis-jenis perguruan tinggi yang ada di Jerman berikut ini.

Jenis Perguruan Tinggi di Jerman

- Universitas (Universitäten)

Di Jerman, Universitas berfokus secara khusus pada riset sehingga berorientasi dengan teori. Universitas biasanya menawarkan ilmu disiplin yang beragam.

- Universitas Ilmu Terapan (Fachhochschulen)

Universitas Ilmu Terapan biasanya terkonsentrasi pada program studi di bidang teknik dan disiplin teknis lainnya yang berkaitan dengan studi bisnis, pekerjaan sosial, dan desain.

- Universitas Seni/Musik (Kunst- und Musikhochschulen)

Sesuai namanya, institusi ini tentu menawarkan studi untuk karir di bidang kesenian dan musik, seperti directing, production, perfilman, arsitektur, dan media lainnya.

Jika sudah tahu passion kamu, akan mudah menentukan satu dari tiga jenis perguruan tinggi di atas. Bagi kamu para mahasiswa yang meneruskan ke jenjang berikutnya di Jerman, perlu disesuaikan juga dengan jurusan sebelumnya ya. Agar potensi lulusnya lebih besar.

Nah, kini saatnya kamu mengetahui berapa sih biaya kuliah dan hidup di Jerman. Mahal atau murah ya?

Biaya Kuliah di Jerman

Biaya kuliah untuk setiap jurusan tentu saja akan berbeda-beda. Sebab, setiap jurusan memiliki fasilitas dan kebutuhan yang berbeda. Misalnya, mahasiswa teknik yang membutuhkan ruang workshop atau mahasiswa seni yang membutuhkan banyak peralatan seni.

Namun, rata-rata biaya kuliah dapat dirincikan seperti dalam tabel di bawah ini.

Tingkat Studi

Biaya per Tahun (EUR)

Biaya per tahun (IDR)

Sarjana (S1)

3,000 - 5,000

45 - 70 juta

Pascasarjana (S2)

2,500 - 5,000

38 - 70 juta

Doktor (S3)

Gratis

Gratis


Berbeda dengan di Indonesia, semakin tinggi jenjang pendidikannya, maka semakin menurun biayanya apabila kamu kuliah di Jerman. Seperti pada jenjang pascasarjana, perbedaannya bisa mencapai EUR 500 daripada sarjana.

Sedangkan untuk program doktor tidak dipungut biaya kuliah atau gratis. Kamu hanya perlu membayar uang administrasi sekitar 3,5 juta Rupiah. Di beberapa universitas, program ini bahkan menawarkan gaji sebagai upah riset.

Sebagai rekomendasi, berikut ini adalah daftar universitas yang memberlakukan biaya kuliah gratis

Biaya Hidup di Jerman

Sama halnya dengan negara lain, besaran biaya hidup di Jerman tergantung pada kota yang kamu pilih. Di Berlin, Frankfurt, Cologne, Hamburg, dan Munich biasanya akan lebih tinggi karena merupakan pusat wisata turis. Sedangkan kota dengan biaya hidup yang lebih rendah terletak di Dusseldorf atau Leipzig.

Berikut ini adalah rincian kisaran biaya hidup di Jerman secara umum. Tapi, perlu diingat ini hanya kisaran, karena besaran detailnya akan bergantung pada gaya hidup kamu di sana nantinya.

Rincian

Harga per bulan (EUR)

Harga per Bulan (IDR)

Akomodasi

270 - 400

4,2 - 6,2 juta

Transportasi

90

1,3 juta

Makan (1x)

160 -200

2,5 -3,1 juta

Asuransi kesehatan

80

1,2 juta

Paket internet, HP

30

450 ribu

Pakaian

42

650 ribu

Rekreasi hiburan

60 - 70

930 ribu -1 juta

Total

732 - 912

10 - 14 juta


Jika sewaktu-waktu kamu kehabisan uang di Jerman, kamu tidak perlu panik karena kamu bisa transfer uang dari Indonesia ke negara tersebut dengan mudah loh! Caranya, dengan menggunakan layanan transfer uang ke luar negeri dari Topremit. Selain mudah, biayanya tidak terlalu mahal.

Solusi lainnya, kamu bisa kuliah sambil mencari pundi-pundi di Jerman. Mahasiswa internasional diperbolehkan bekerja selama masa studinya di Jerman. Namun, dengan mematuhi ketentuan kapasitas waktu maksimal, yaitu 120 hari per tahun atau 20 jam per minggu.

Gaji yang diperoleh biasanya berkisar mulai dari EUR8 per jam. Jadi secara keseluruhan, kamu mungkin bisa mendapatkan upah per bulannya EUR450.

Itu dia rincian biaya kuliah dan hidup di Jerman. Kalau kamu tertarik, siapkan dokumen serta tabungan dari sekarang. Dan yang terpenting, kamu harus menyiapkan nilai yang mumpuni ya.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.