Cek Biaya Transfer ke Luar Negeri di Sini!

kirim uang ke luar negeri May 8, 2024

Transfer ke luar negeri lewat berbagai alternatif saat ini lazim dilakukan untuk beragam keperluan, misalnya membayar kebutuhan bisnis, memenuhi kebutuhan keluarga bagi para ekspatriat, atau membayar biaya kuliah di luar negeri.

Namun kamu juga harus tau nih kalau setiap alternatif memiliki besaran biaya transfer yang berbeda. Nah, yuk simak informasi detailnya berikut!

Biaya Transfer Uang ke Luar Negeri

Bank Mandiri

kirim uang ke luar negeri via bank Mandiri

Salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia ini menyediakan layanan kirim uang ke luar negeri melalui layanan Mandiri Remittance. Layanan ini dapat digunakan oleh individu maupun perusahaan untuk mengirim uang ke lebih dari 16 valuta asing.

Biaya transfer dengan Mandiri Remittance adalah IDR 35,000 ditambah dengan biaya jaminan full amount sebesar $25 jika mata uang tujuan adalah USD, dan $30 untuk mata uang tujuan selain USD. Selain itu, kamu juga akan dikenai biaya sebesar 1/8 % dari jumlah uang yang dikirim jika sumber dana yang digunakan untuk kirim uang sama dengan mata uang yang dikirim (biasanya berkisar $5 hingga $150).

BCA

kirim uang ke luar negeri via BCA

Bank Central Asia (BCA) melayani transfer uang ke luar negeri dengan 16 mata uang tujuan utama, yaitu AUD, CAD, CHF, CNH, DKK, EUR, GBP, HKD, JPY, SAR, SEK, SGD, NZD, USD, THB dan MYR.

Biaya transfernya sendiri meliputi biaya transfer sebesar IDR 50,000 dan biaya full amount sebesar $20 per transaksi. Kamu juga perlu mengetahui bahwa pengiriman uang ke luar negeri melalui BCA hanya bisa dilakukan di kantor cabang BCA ya.

CIMB Niaga

kirim uang ke luar negeri via bank CIMB Niaga

Melalui CIMB Niaga, kamu bisa kirim uang ke 14 mata uang asing tujuan, yaitu USD, EUR, SGD, GBP, HKD, CNY, MYR, THB, AUD, HKD, CHF, JPY, NZD, CAD, dan SAR.

Setiap transaksi kirim uang ke luar negeri dengan CIMB Niaga, kamu akan dikenakan biaya sebesar $25 dengan besaran biaya jaminan full amount yang berbeda, tergantung mata uang tujuan. Misalnya, SGD 30 untuk mata uang SGD dan €30 untuk mata uang tujuan Euro.

BNI

kirim uang ke luar negeri via BNI

BNI menyediakan layanan kirim uang ke luar negeri melalui BNI Smart Remittance. Dengan layanan ini, transfer bisa dilakukan ke mata uang SGD, HKD, JPY, GBP, EUR, USD, CAD, CHF, SAR, AUD, dan lainnya.

Kamu akan dikenakan biaya transfer sebesar IDR 35,000, ditambah dengan biaya provisi sebesar $5 hingga $50, biaya bank koresponden sebesar $25, dan biaya full amount yang jumlahnya akan disesuaikan dengan mata uang tujuan ($25 untuk USD, €30 untuk Euro, SGD 30 untuk mata uang SGD, dan AUD 25 untuk mata uang AUD).

OCBC NISP

kirim uang ke luar negeri via bank OCBC NISP

Dengan OCBC NISP, kamu bisa kirim uang ke 10 mata uang tujuan, yaitu USD, EUR, AUD, GBP, HKD, SGD, CNY, CAD, CHF, dan NZD. Biaya transfer yang dikenakan adalah IDR 50,000, biaya provisi 0,125% (min. $10 hingga $150), dan biaya full amount sesuai dengan mata uang tujuan ($15 untuk USD, €20 untuk Euro, serta AUD 30 untuk AUD, dan lainnya).

Western Union

kirim uang ke luar negeri via Western Union

Jika kamu ingin uang yang dikirim ke luar negeri dapat langsung diambil oleh penerima secara tunai tanpa perlu rekening bank, kamu bisa menggunakan Western Union. Untuk melakukan transaksi, kamu harus mendatangi counter Western Union yang ada di bank atau pun kantor pos.

Pengiriman melalui counter WU di kantor pos akan dikenakan biaya sebesar IDR 63,098 untuk nominal IDR 1,000,000 dan IDR 1,758,440* untuk pengiriman maksimal IDR 50,000,000.

Jika melalui counter yang ada di bank, biaya yang dikenakan adalah IDR 109,871 untuk pengiriman IDR 1,000,000 dan IDR 2,008,440* untuk pengiriman maksimal IDR 20,000,000*.

*Informasi tentang biaya di atas didapatkan secara langsung dari counter Western Union yang berada di kantor pos dan bank pada Februari 2024.

MoneyGram

kirim uang ke luar negeri via MoneyGram

Selain Western Union, salah satu layanan kirim uang ke luar negeri dengan konsep yang sama adalah MoneyGram. Jadi uang bisa diambil secara tunai di counter terdekat yang tersedia.

Biaya pengiriman untuk nominal IDR 1,000,000 - IDR 20,000,000 adalah IDR 90,000. Namun biaya ini bersifat progresif, artinya semakin banyak jumlah uang yang kamu kirim, maka biaya yang dikenakan akan semakin tinggi. Jumlah maksimal per transaksi yang dapat kamu kirim melalui Moneygram yaitu sebesar IDR 150,000,000 dan biayanya IDR 550,000.*

Sama seperti Western Union, kamu juga bisa mengirim uang di atas jumlah maksimal tersebut dengan membuat lebih dari satu transaksi. Misalnya, jika kamu ingin kirim 600 juta melalui Moneygram, maka kamu harus membayar biaya transfer sebesar IDR 2,200,000 karena harus membuat empat transaksi.

*Biaya di atas didapatkan secara langsung dari counter Moneygram yang berada di bank pada Februari 2024.

Alternatif Transfer ke Luar Negeri Lebih Murah

Sebelum memilih alternatif kirim uang ke luar negeri, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal nih, seperti kemudahan transaksi, biaya transfer yang dikenakan, serta kecepatan pengiriman uang. Salah satu alternatif yang bisa kamu coba adalah Topremit.

Transfer Uang ke Luar Negeri Pakai Topremit

kirim uang ke luar negeri via Topremit

Topremit adalah layanan remitansi online pertama di Indonesia yang bisa bantu kamu untuk transfer uang ke lebih dari 70 negara di dunia. Kamu bisa menikmati berbagai keuntungan khusus jika memakai Topremit untuk kirim uang ke luar negeri, salah satunya adalah biaya transfer flat.

Dengan Topremit, biaya transfer yang dikenakan hanya IDR 45,000 flat tergantung negara tujuan kamu. Jadi mau kirim 1 juta, 10 juta, atau 100 juta sekalipun, biaya transfernya akan tetap sama, lho. Bukan cuma itu, kamu juga bisa melakukan transaksi kapan aja dan dimana aja lewat smartphone, plus uang kamu bisa sampai ke penerima mulai dalam hitungan menit.

Kamu pun gak perlu cemas lagi soal biaya tersembunyi karena semua detail transaksi, seperti kurs dan biaya transfer, dapat kamu lihat secara transparan di awal. Makanya uang yang dikirim akan selalu diterima dalam full amount.

Oiya, keamanan transaksi juga dijamin 100% aman soalnya Topremit udah dilisensi oleh Bank Indonesia sejak 2009.

Nah, itulah rincian biaya transfer ke luar negeri untuk beberapa alternatif. Jangan lupa cobain Topremit biar kamu bisa kirim uang ke luar negeri dengan lebih mudah, murah, dan cepat ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.