Berapa sih Biaya Transfer/Kirim Uang ke Luar Negeri?

Transfer atau kirim uang ke luar negeri sudah sering dilakukan orang-orang, baik untuk kebutuhan bisnis, pendidikan, maupun kebutuhan pribadi. Salah satu cara untuk mengirim uang ke luar negeri adalah lewat bank. Namun, tak banyak orang mengetahui berapa biaya yang diperlukan untuk mengirim uang ke luar negeri.

Karena setiap bank punya patokan biaya layanan pengiriman uang masing-masing, maka untuk mengetahuinya, kamu perlu mendatangi website resmi atau menanyakan langsung kepada customer service. Dengan mengetahui masing-masing biaya transfer setiap bank, kamu bisa membandingkan mana yang biayanya lebih murah atau terjangkau.

Namun, kamu tak perlu repot-repot mencari informasi ke sana ke mari. Ini dia informasi daftar biaya transfer atau kirim uang ke luar negeri dari setiap bank di Indonesia. Kamu hanya perlu menyimak artikel di bawah ini ya!

Transfer/Kirim Uang dengan Aman dan Cepat di Topremit

Cara selain yang bisa kamu lakukan untuk transfer atau kirim uang ke luar negeri adalah dengan menggunakan Topremit. Layanan remitansinya dijamin aman karena sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia dengan License No. 11/11/MDN/1. Topremit bahkan mendapatkan penghargaan sebagai "Penyedia Jasa Transfer Uang Terbaik di 2019" dari Bank Indonesia.

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, Topremit menjamin uang yang kamu kirim aman dan sampai ke tujuan. Ini terbukti dari jumlah kiriman uang yang sudah melebihi IDR 3.18 triliun ke lebih dari 60 negara di dunia.

Adapun layanan yang bisa kamu pilih di Topremit adalah Instant Transfer yang memungkinkan uang masuk ke rekening penerima dalam waktu 5-15 menit*. Ada juga layanan Bank Transfer dengan waktu pengiriman di hari yang sama*. Sedangkan kalau penerima tidak memiliki akun bank, bisa menggunakan layanan Cash Pickup. Uang akan diterima dalam waktu 15 menit*.

Layanan tanpa akun bank lainnya adalah Home Delivery, yang akan mengantarkan uang kiriman kamu ke alamat penerima. Waktu pengirimannya selama satu hari kerja*. Sedangkan untuk mengakomodir kebutuhan dompet digital, ada juga layanan pengiriman ke E-Wallet dengan waktu pengiriman 20 menit*.

Banyak kan keuntungan dan pilihan layanan dari Topremit? Mulai sekarang, ajak keluarga, teman, maupun saudara menggunakan Topremit. Kirim uang dengan Topremit bisa dilakukan di mana pun, karena transfer uang ke luar negeri dari Indonesia udah #SegampangItu.

* Layanan yang tersedia tergantung pada negara tujuan kamu.

Biaya Transfer/Kirim Uang Setiap Bank

Ada beberapa bank di Indonesia yang sudah menyediakan jasa pengiriman uang ke luar negeri (remitansi), baik itu bank swasta maupun bank BUMN milik pemerintah. Banyaknya pilihan bank yang menyediakan jasa remitansi tentu jadi keuntungan tersendiri untuk customer seperti kamu.

1. BRI

Salah satu bank tertua di Indonesia ini punya layanan BRI Fast Remittance. BRI melayani 130 mata uang di dunia, dengan transaksi melalui kantor cabang, atau kantor unit BRI di daerah. Sebagai informasi, kalau kamu kirim uang senilai USD 25.000 maka sebaiknya sertakan keterangan sumber dananya. Jika nilainya USD 100.000 maka keterangan sumber dananya wajib disertakan.

Adapun biaya transfer atau pengiriman uang ke luar negeri menggunakan BRI Fast Remittance adalah USD 20 sampai 30 (untuk transaksi full) dan USD 5 sampai 25 (non-full).

2. BNI

Bank BUMN lainnya yang juga melayani pengiriman uang ke luar negeri adalah BNI. Bank yang identik dengan warna oranye ini punya layanan BNI Smart Remittance. Selain bisa mendatangi kantor cabang, kamu juga bisa mengirim uang melalui layanan mobile banking. BNI menerima 125 mata uang asing dengan 1.600 koresponden di seluruh dunia.

Sebagai catatan, pengiriman uang menggunakan mobile banking hanya bisa dilakukan kalau kamu sudah menjadi nasabah BNI. Biaya remitansi dari BNI adalah Rp 35 ribu (TT swift), USD 5 sampai 50 untuk provisi, dan USD 25 untuk ongkos koresponden.

3. BCA

Bank swasta ini juga punya layanan BCA Remittance yang terdiri dari Outward Remittance (pengiriman valas) dan Inward Remittance (penerimaan valas) dengan jangkauan dalam dan luar negeri. Layanan remitansi dari BCA melayani 16 mata uang di dunia dan hanya dilakukan via kantor cabang BCA. Biaya remitansi di BCA adalah Rp 50 ribu (biaya Telex) ditambah USD 20 (biaya Full Amount) per transaksi.

4. Bank Mandiri

Layanan remitansi dari Bank Mandiri memiliki biaya yang berbeda. Untuk pengiriman dalam bentuk dolar Amerika Serikat (AS), biaya yang dikenakan adalah USD 25, sedangkan pengiriman valas selain dolar AS akan dikenakan biaya sebesar USD 30. Jika kamu mengirim uang senilai USD 100.000 maka akan diperlukan dokumen tambahan, yang biasanya menyertakan sumber dana tersebut.

Layanan Mandiri Remittance tersebut bisa dilakukan via kantor cabang, mandiri internet bisnis, hingga MCM (Mandiri Cash Management).

5. Citibank

Bank swasta asing ini juga melayani pengiriman uang ke luar negeri. Karena merupakan bank internasional, Citibank punya jaringan bank yang luas. Namun, biaya transfer atau kirim uang ke luar negeri tergolong mahal. Citibank mengenakan USD 35 setiap melakukan transaksi internasional.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.