Bisnis Dropship - Ini Cara Sukses Jadi Dropshipper untuk Pemula

Bisnis Mar 16, 2022

Bisnis dropship menjadi salah satu bentuk bisnis yang banyak diterapkan, khususnya bagi pengusaha muda. Bukan tanpa alasan, bisnis dropship memang memiliki kelebihan dan juga manfaat tersendiri bagi mereka yang menggelutinya dengan baik.

Bisnis ini bersifat tanpa batas alias siapa saja bisa memulainya. Bisnis dropship adalah model bisnis di mana seseorang yang berlaku sebagai dropshipper menjual produk yang dibuat oleh pihak lain atau disebut supplier. Untuk dapat menjual produk dari supplier, dropshipper tak harus menyediakan stok produk dan mengirimkannya secara manual. Dengan bisnis dropship, konsumen justru akan menerima produk langsung dari produsen.

Dalam bisnis dropship, dropshipper berperan sebagai pihak yang menjual produk dari supplier. Tak heran jika dropshipper juga dikenal sebagai perantara bagi konsumen dan pemasok dalam proses jual-beli produk.

Dari skema perdagangan ini, dropshipper akan mendapat keuntungan dari harga yang ditawarkan oleh dropshipper ke konsumen atau pembeli. Buat kamu yang penasaran bagaimana cara menjadi dropshipper yang sukses untuk pemula, yuk simak pemaparan lengkap mengenai keuntungan bisnis dropship, lengkap dengan cara memulai untuk menjadi dropshipper yang bisa kamu terapkan saat merintis bisnis dropship berikut ini!

Keuntungan Dropship

1. Risiko Bisnis Rendah

Jumlah peminat bisnis dropship termasuk cukup banyak. Hal ini karena keuntungan yang diperoleh bagi pebisnis sangat menggiurkan. Dengan risiko bisnis rendah, membuat bisnis ini banyak dijadikan pilihan, khususnya bagi pebisnis pemula. Kamu nggak perlu menyediakan stok produk untuk mengurangi risiko bisnis yang dapat terjadi.

2. Modal Kecil

Dengan modal minim, bisnis dropship dapat kamu jalankan sebagai tahap permulaan. Jangan khawatir, kamu nggak perlu memikirkan biaya untuk persediaan barang atau mempekerjakan orang untuk mengelola bisnis ini. Bisnis ini bisa kamu kelola sendiri dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik minat konsumen dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk di tokomu.

3. Banyak Pilihan Produk

Banyaknya pilihan produk yang bisa kamu jual merupakan keuntungan tersendiri bagi pebisnis dropship. Kamu bisa menjual berbagai macam produk dari banyak supplier. Dengan pilihan yang beragam ini, kamu bisa memperluas target pasar dan meningkatkan perolehan keuntungan. Dengan begitu, keuntungan akan terus mengalir ke kantong kamu.

4. Fleksibel

Bisnis ini termasuk ke dalam jenis bisnis yang fleksibel. Kecanggihan teknologi informasi yang ada saat ini bisa memudahkan kamu untuk melakukan promosi produk dimana saja dan kapan saja. Kamu hanya perlu menyediakan smartphone dan laptop untuk mengelola bisnis, mulai dari pemasaran hingga komunikasi dengan pembeli.

5. Mudah Untuk Pemula

Kemudahan yang ditawarkan dalam bisnis dropship juga menjadi keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat menjalankan bisnis ini. Bisnis dropship bisa kamu jalankan meski tanpa skill khusus. Kamu juga nggak perlu mengikuti prosedur bisnis khusus dan terkesan rumit untuk menjadi seorang dropshipper.

Bagaimana, banyak sekali kan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari bisnis dropship? Agar kamu bisa menjadi dropshipper sukses dengan keuntungan yang melimpah, kamu perlu cari tahu bagaimana cara memulai dan menjadi dropshipper. Berikut caranya.

Cara Memulai dan Menjadi Dropshipper Sukses

1. Pilih Jenis Produk yang Ingin Kamu Jual

Pemilihan produk yang tepat untuk dijual menjadi poin penting yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan menggeluti bisnis dropship. Saat menentukan produk yang akan kamu jual, pastikan kamu sudah tahu target pasarnya. Kamu juga bisa mencari tahu produk yang sedang tren dan banyak dicari orang untuk meningkatkan keuntungan.

2. Ketahui Lebih Dalam Tentang Produk yang Kamu Jual

Melakukan riset mendalam tentang produk yang kamu jual juga perlu kamu perhatikan saat memulai bisnis dropship. Kamu bisa memulainya dengan mencari tahu kelebihan serta kegunaan produk yang kamu jual untuk menarik konsumen. Selain untuk kebutuhan promosi, pengetahuan tentang produk juga berguna untuk memberikan informasi yang dibutuhkan konsumen yang ingin membeli produk yang kamu jual.

3. Research dan Tentukan Supplier

Poin ini juga menjadi hal penting yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Research supplier yang tepat bisa kamu lakukan dengan cara mengumpulkan data beberapa supplier. Hal yang perlu kamu pertimbangkan antara lain kredibilitas supplier, kebijakan perdagangan, dan kualitas produk yang ditawarkan. Setelah menemukan supplier yang cocok, kamu juga perlu meyakinkan supplier untuk bekerja sama dengan bisnis yang kamu jalankan.

Jika kamu memilih untuk bekerja sama dengan supplier luar negeri, jangan khawatir soal proses transaksi keuangannya. Kamu dapat mengandalkan Topremit untuk membayar produk yang kamu beli untuk konsumen. Dengan Topremit, kamu bisa langsung mengirimkan dana ke luar negeri tanpa perlu menunggu lama. Mulai dari 5 menit, dana yang dikirim akan langsung sampai ke rekening supplier. Sangat mudah dan cepat, kan? Selalu percayakan Topremit untuk transaksi internasional yang aman dan cepat, ya!

4. Perhatikan Branding Bisnis

Branding bisnis adalah poin penting lain yang perlu dipersiapkan dengan matang saat kamu akan terjun di bidang bisnis dropship. Pasalnya, branding bisnis dapat menarik pelanggan dan diingat oleh banyak orang. Dengan branding bisnis yang tepat, pelanggan akan terus kembali membeli produk ke tokomu.

5. Fast Response

Menjadi pebisnis yang fast response perlu kamu lakukan agar pembeli merasa terlayani dengan baik. Kamu perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan dengan tanggap dan cepat agar pembeli tidak merasa diabaikan. Jika kamu fast response dalam menjawab pertanyaan dan chat dari konsumen, dapat membuat pembeli merasa nyaman dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk di tokomu lagi.

6. Promo Barang Dropship kamu

Mempromosikan barang dropship juga nggak kalah penting untuk kamu lakukan. Dengan strategi promosi yang tepat, konsumen akan banyak membeli produk di tokomu tanpa pikir panjang. Kamu juga bisa memanfaatkan strategi digital marketing yang saat ini banyak digunakan untuk promosi yang cukup efektif dan menguntungkan.

Itu dia sederet cara sukses jadi dropshipper untuk pemula yang bisa kamu persiapkan sebelum terjun ke bisnis dropship. Semoga beruntung ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.