Photo by Microsoft 365 / Unsplash

12 Bisnis yang Cocok untuk Pelajar & Mahasiswa Untungnya Besar!

Bisnis Mar 21, 2022

Memiliki penghasilan meski berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa bukan lagi menjadi hal yang mustahil. Menjalankan bisnis dengan modal kecil dan untung besar menjadi opsi yang bisa dipilih bagi pelajar dan mahasiswa.

Ada banyak sekali ide bisnis yang bisa dipilih. Namun, kamu perlu memilihnya dengan cermat agar bisnis tetap berjalan tanpa mengganggu kewajiban belajar. Yuk, langsung simak rekomendasi bisnis yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa dengan keuntungan besar dalam artikel berikut. Catat baik-baik, ya!

Bisnis untuk Pelajar dengan Modal Kecil

1. Laundry Sepatu

Bisnis laundry sepatu bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa. Bisnis ini bisa kamu jalankan dengan sistem order yang bisa kamu sesuaikan dengan jadwal belajar. Di samping itu, peluang keuntungan bisnis ini juga terbilang cukup besar di kalangan pelajar dan mahasiswa yang rutin menggunakan sepatu saat sekolah maupun berkuliah. Tak heran jika bisnis ini menjadi bisnis yang cukup menjanjikan bagi pelajar.

2. Bisnis Makanan Ringan

Siapa sih yang nggak suka makanan ringan? Siapapun pasti tergiur dengan makanan ringan, khususnya anak-anak dan remaja yang gemar ngemil. Tak jarang juga kita menemukan makanan ringan yang disajikan sebagai teman ngobrol ketika sedang berkumpul bersama teman-teman. Kalau kamu berminat merintis bisnis ini, ada banyak jenis makanan ringan yang bisa kamu jual loh, mulai dari makanan kemasan hingga makanan ringan yang sedang viral. Jangan khawatir, bisnis ini bisa kamu lakukan dengan modal yang sedikit.

3.Bisnis Affiliate

Bidang bisnis satu ini menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk kamu yang masih mengemban kewajiban sebagai pelajar atau mahasiswa. Bisnis affiliate yang sudah dikenal dalam bisnis online sejak tahun 2000an ini dapat kamu jalankan dengan mudah tanpa perlu modal yang banyak. Dalam menjalankan bisnis ini, kamu hanya perlu memasarkan produk atau merchant tertentu dengan imbalan jasa berupa komisi yang telah disepakati antara klien dan kamu sebagai pelaku bisnis affiliate marketing.

Bagi kamu yang tertarik dengan bisnis affiliate marketing, kamu bisa memilih Topremit sebagai partner bisnis yang tepat. Cukup dengan mempromosikan layanan jasa pengiriman uang yang tersedia di Topremit, kamu akan mendapatkan komisi yang cukup menjanjikan meski kamu sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah. Tenang saja, komisinya bisa kamu peroleh setiap ada customer baru yang menggunakan layanan Topremit untuk transaksi. Mudah sekali kan?

4. Bisnis Fashion

Berjualan produk fashion menjadi salah satu pilihan bisnis yang tepat untuk pelajar dan mahasiswa. Kamu bisa menyusun strategi pemasaran yang baik dengan target pasar mahasiswa dan pelajar yang aktif menggunakan produk fashion saat kuliah atau sekadar nongkrong bersama teman-teman.

5. Bisnis Thrift

Thrift shop atau menjual barang preloved adalah pilihan bisnis yang sangat cocok untuk pelajar, khususnya bagi kamu yang suka menggunakan produk-produk branded dengan harga miring. Kamu bisa mempromosikan bisnis thrift yang kamu punya secara online melalui media sosial untuk memperluas jangkauan pemasaran.

6. Bisnis Dropship

Menjadi dropshipper adalah pilihan yang tepat untuk dijalankan, baik bagi pelajar atau mahasiswa. Sebab, menjalankan bisnis dropship tidak mengharuskan kamu membuat produk sendiri. Kamu cukup memasarkan produk dari supplier tanpa perlu memiliki stok produk. Agar produkmu laku keras, kamu bisa memilih produk yang sedang banyak dicari dan memberikan harga promo yang menarik.

7. Menjadi Reseller

Berbisnis dengan untung besar dan modal kecil kini bukan lagi hal yang mustahil. Dengan menjadi reseller, kamu bisa berjualan produk apa saja dengan modal yang minim. Dengan menjadi reseller, kamu nggak perlu mengeluarkan dana untuk biaya produksi yang cukup besar. Kamu hanya perlu mempromosikan barang yang kamu jual dengan jumlah sebanyak-banyaknya agar mendapatkan keuntungan yang besar.

8. Jasa Desain

Saat ini, jasa desain menjadi salah satu jasa yang sedang banyak dibutuhkan baik bagi perusahaan atau bahkan pelaku bisnis. Untuk memulai bisnis ini, kamu perlu memiliki portofolio desain yang menarik. Kamu bisa memposting desain yang kamu buat di media sosial. Dengan begitu, kamu bisa mempromosikan desainmu secara online untuk menarik klien dan juga meningkatkan kepercayaan klien yang akan menggunakan jasamu nanti.

9. Jual Produk Digital (Pulsa dan Voucher Game)

Kemajuan teknologi informasi membuat segalanya jadi serba mudah, termasuk membeli pulsa. Namun ternyata, masih banyak masyarakat yang belum paham betul bagaimana cara mengisi pulsa atau kuota dengan fitur yang tersedia. Kamu bisa menawarkan produk digital ini ke teman-teman kuliah atau orang sekitar yang banyak membutuhkan kuota untuk belajar dan berkomunikasi.

10. Bisnis Edit Video

Khusus untuk kamu yang memiliki skill editing video yang mumpuni, bisnis ini bisa jadi pilihan yang tepat. Sebab, saat ini konten video cukup banyak diminati, baik konten video pernikahan, video company profile, hingga video promosi produk. Untuk menarik minat klien, kamu perlu terus update tren konten video terkini yang juga bisa kamu terapkan dalam video yang kamu buat nantinya.

11. Bisnis Aksesoris HP

Bisnis aksesoris HP rupanya menjadi bisnis yang cukup menjanjikan keuntungan yang besar loh. Kamu bisa memilih aksesoris HP yang sedang banyak dicari masyarakat, mulai dari casing, griptok, hingga screen protector untuk melindungi HP dari kerusakan yang tak diinginkan.

12. Jasa Ketik

Sebagai mahasiswa atau pelajar, tentu kamu sudah familiar dengan kegiatan mengetik naskah yang cukup panjang, bukan? Kemampuan mengetik ini bisa kamu jadikan ladang bisnis yang cukup menguntungkan. Selain memberikan layanan pengetikan naskah, kamu juga bisa menawarkan jasa edit naskah sesuai dengan kaidah penulisan, mulai dari tanda baca hingga penggunaan imbuhan yang sering kali terabaikan saat menyusun naskah.

Itu dia sederet ide bisnis untuk pelajar dan mahasiswa yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan. Jangan lupa lakukan riset mendalam untuk menentukan harga yang tepat agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang banyak namun tetap menarik konsumen untuk membeli produk yang kamu jual atau menggunakan jasa yang kamu tawarkan. Pastikan waktu untuk mengelola bisnis tidak mengganggu jadwal belajarmu ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.