Ini Cara Bayar Kuliah di Inggris dari Indonesia

Kuliah di luar negeri Nov 4, 2021

Inggris merupakan salah satu negara tujuan kuliah bagi calon mahasiswa asal Indonesia. Berdasarkan data Studying in UK tahun 2017/2018, ada 3 ribu pelajar Indonesia yang memilih kuliah di universitas ternama di Inggris.

Inggris memang menawarkan banyak hal, mulai dari kebudayaan hingga kualitas pendidikan yang baik hingga tak heran ada banyak universitas terbaik di Inggris berkelas dunia. Meski begitu, biaya kuliah di Inggris dianggap tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan Australia dan Amerika Serikat. Apalagi proses bayar uang kuliah pun saat ini sudah sangat mudah.

Sebagian besar universitas di Inggris punya beberapa metode pembayaran seperti menggunakan kartu debit/kredit atau dengan transfer ke akun bank kampus. Beberapa kampus bahkan sudah menerima pembayaran kuliah lewat PayPal, lh0. Berikut ulasan detailnya!

Cara Bayar Kuliah Di Inggris

1. Transfer Via Bank

Kamu bisa membayar uang kuliah dengan melakukan transfer melalui bank di Indonesia. Hanya saja ada beberapa data yang perlu kamu ketahui ketika mengirim uang ke luar negeri. Biasanya kamu perlu nama akun bank kampus, jenis bank, alamat bank, kode IBAN, sort code, dan kode SWIFT. Namun jangan khawatir, pihak kampus biasanya sudah menyiapkan informasi tersebut buat kamu.

Kalau sudah tahu data-data yang dibutuhkan, kamu tinggal datang ke kantor bank terdekat dan mengikuti prosedur pengiriman di sana. Jangan lupa ya, pihak bank mungkin membutuhkan ID pelajar kamu agar proses pengiriman sesuai tujuan.

2. Menggunakan Kartu Kredit dan Debit

Selain ke bank kamu juga bisa membayar kuliah dengan menggunakan kartu debit atau kredit. Sistem seperti ini sebenarnya mirip dengan yang dilakukan di Indonesia. Misalnya kamu ingin membayar uang kuliah di University of London, bisa lewat website Student Portal. Lalu masuk ke My Account, setelah itu kamu bisa mengikut instruksi selanjutnya.

Kalau kamu menggunakan cara ini, pastikan limit pada kartu debit atau kredit kamu mencukupi. Pastikan juga kamu membayar tagihan tepat waktu agar tidak terkena denda atau penalti.  

3. PayPal

Cara membayar kuliah di Inggris lainnya adalah menggunakan PayPal. Sebelum menggunakan layanan ini, pastikan kamu sudah punya akunnya, ya! Sekadar diketahui, beberapa kampus di Inggris sudah melayani pembayaran via PayPal. Contohnya adalah University of Portsmouth dan University of Westminster.

Untuk membayar kuliah menggunakan PayPal kamu hanya memerlukan data berupa ID mahasiswa, nama lengkap, dan tanggal lahir.

4. Menggunakan Bank di Inggris

Terakhir, kamu juga bisa mengunjungi bank dekat tempat tinggal kamu di Inggris. Karena menggunakan bank lokal kamu tidak perlu cari tahu lagi kode IBAN dan kode SWIFT. Di bank kamu tinggal mengikuti alur registrasi seperti biasa. Jangan lupa juga membawa tanda pengenal atau ID pelajar kamu.

5. Menggunakan Topremit

Kalau tidak ingin repot pergi ke bank, kamu bisa bayar biaya kuliah di Inggris dengan menggunakan Topremit. Jasa remitansi yang sudah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun ini bisa mengirim uang kamu mulai dari 5 menit ke 70+ negara, termasuk Inggris. Selain itu, pengiriman menggunakan Topremit juga aman karena sudah mendapat lisensi dari Bank Indonesia. Makanya, yuk cobain Topremit sekarang untuk bayar kuliah yang tanpa ribet, murah, dan aman!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.