Bagaimana Cara Bekerja di Luar Negeri? Berikut Cara-Caranya

Kerja Di Luar Negeri Dec 22, 2021

Sebagian orang memiliki cita-cita atau impian bisa bekerja di luar negeri. Banyak faktor juga yang mendorong mereka bekerja di sana. Misalnya mendapatkan gaji lebih tinggi ketimbang di Indonesia. Ada juga yang memang mencintai budaya negara tujuan. Namun, tak jarang pula karena kuliah di negara tersebut.

Saat ini mencari pekerjaan semakin mudah dengan hadirnya era internet. Platform penyedia lowongan kerja pun bertebaran sehingga kamu memiliki peluang lebih besar mendapatkan informasi lowongan kerja di luar negeri. Bayangkan betapa repotnya zaman dahulu ketika harus berurusan dengan kantor pos atau datang langsung ke kantor perusahaan.

Ketika jalan untuk bekerja di luar negeri semakin mudah, bukan berarti kamu akan cepat mendapatkan pekerjaan. Maka perlu persiapan yang matang agar kamu tidak salah langkah dalam mengambil keputusan. Topremit sudah merangkum apa saja yang mesti kamu persiapkan ketika ingin bekerja di luar negeri.

Tips Kerja di Luar Negeri

Iklim kerja di luar negeri tentu berbeda dengan di Indonesia. Selain harus bisa menyesuaikan, terdapat beberapa hal yang mestinya kamu perhatikan sebelum memutuskan. Pasalnya kompetisi di sana tak hanya dari calon pekerja di negara tersebut, namun bisa jadi dari sesama warga Indonesia dan negara lainnya.

1. Pahami Budaya Setempat

Hal yang mendasar saat kamu bekerja di luar negeri adalah soal budayanya. Perbedaan kebiasaan dan bahasa menjadi salah satu tantangan pertama yang harus kamu lalui. Lakukanlah riset terlebih dahulu bagaimana orang-orang di sana saling bersosialisasi dan bagaimana kehidupan mereka sehari.

2. Siapkan Skill dan Mental

Bekal utama untuk bisa bekerja di luar negeri adalah memiliki skill yang ditubuhkan di negara tujuan. Kamu juga harus meriset bidang pekerjaan apa saja yang paling dibutuhkan di sana. Jangan lupa terus asah kemampuanmu sehingga bisa bersaing dengan para pelamar secara global. Selain itu kamu juga perlu menyiapkan mental baja agar bisa menghadapi segala tekanan baik dari rekanan kerja atau lingkungan setempat.

3. Tentukan Bidang Pekerjaan

Jika kamu masih belum mengambil pendidikan khusus, maka pergunakan kesempatan tersebut untuk meriset terlebih dahulu bidang pekerjaan yang ingin kamu raih. Tentunya akan ada banyak peluang pekerjaan di luar negeri yang bisa kamu pilih. Hanya saja dengan fokus pada satu bidang, kamu pun bisa dipercaya sebagai ahli di bidang tersebut.

4. Siapkan Dokumen

Dokumen jadi salah satu syarat penting agar kamu bisa bekerja di luar negeri. Kamu harus menyiapkan beberapa dokumen seperti kartu tanda penduduk/KTP, ijazah terakhir, akta kelahiran, keterangan sehat, surat rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja setempat, surat perjanjian penempatan TKI, kartu tenaga kerja luar negeri, sertifikat lulus uji kompetensi, surat perjanjian kerja, hingga Paspor dan Visa kerja.

5. Ketahui Gaji dan Biaya Hidup

Sebelum menerima sebuah pekerjaan kamu seharusnya sudah mengetahui gaji bulanan dan berapa biaya hidup di sana selama sebulan. Pastikan juga kamu punya cukup biaya hidup untuk sebulan pertama karena belum menerima gaji dari perusahaan. Hitunglah secara cermat mengenai biaya transportasi, makan, sewa tempat tinggal, dan keperluan lainnya.

Cara Mendapatkan Pekerjaan di Luar Negeri

Saat ini banyak cara agar kamu bisa bekerja di luar negeri. Namun tak banyak orang terpikirkan karena keterbatasan informasi. Maka dari itu, Topremit akan membagikan cara-caranya. Namun jangan lupa untuk pengiriman uang ke luar negeri, gunakan jasa remitansi dari Topremit yang sudah dipercaya selama 10 tahun. Kirim uang ke luar negeri dengan Topremit aman dan nyaman sebab sudah mendapat izin dari Bank Indonesia.

1. Platform Online

Saat ini sudah banyak aplikasi atau platform online yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari lowongan kerja (loker) di luar negeri. Buatlah akun di banyak aplikasi penyedia loker agar kesempatan kamu mendapatkan peluang bekerja di luar negeri semakin terbuka lebar. Jangan lupa juga selalu waspada terhadap lowongan kerja palsu yang mengatasnamakan perusahaan tertentu.

2. Jaring Pertemanan

Kamu juga bisa memanfaatkan jaringan pertemanan atau kerabat yang bekerja di luar negeri untuk menggali informasi seputar lowongan kerja di sana. Tak hanya itu, kamu juga bisa bertanya-tanya mengenai lingkungan kerja di negara tersebut dan berapa biaya hidup yang dibutuhkan.

3. Program Magang

Kamu bisa mencari informasi mengenai program magang di perusahaan luar negeri. Biasanya ada juga sekolah atau lembaga pendidikan yang menyediakan program ini untuk siswanya yang sudah di tahap akhir. Magang dapat menjadi langkah awal kamu memasuki dunia kerja yang sebenarnya.

4. Cek Website Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki website resmi yang mencantumkan lowongan kerja atau karier di bawahnya. Biasanya perusahaan membuka lowongan pekerjaan untuk beberapa bidang sehingga kamu harus teliti saat mengeceknya. Persiapkan pula untuk mengunjungi kantor perusahaan tersebut karena terkadang kamu juga diminta untuk bertemu secara face to face.

5. Lembaga Pelatihan atau Kursus

Kamu bisa mendapatkan skill baru di bidang tertentu sembari mendapatkan penempatan kerja di luar negeri. Pasalnya saat ini sudah banyak lembaga pelatihan atau kursus yang juga memfasilitasi lulusannya untuk bekerja di luar negeri. Namun kamu harus pastikan bahwa lembaga tersebut sudah terdaftar di Departemen Ketenagakerjaan sehingga lebih terpercaya.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.