Cara Belanja di Alibaba dengan Mudah, Murah & Bisa Pakai Rupiah

alibaba Apr 13, 2023

Alibaba merupakan salah satu platform perdagangan elektronik terbesar di dunia. Sebab ia dikenal sebagai pasar jual beli online kenamaan Asia yang memungkinkan penggunanya membeli berbagai macam produk dari China dengan harga yang sangat kompetitif. Jika tertarik belanja di sini, salah satu hal penting yang harus kamu pastikan adalah cara pembayaran yang tepat agar uang sampai ke penjual dan barang yang kamu beli dapat segera dikirimkan.

Berikut ini adalah 4 cara untuk membayar saat membeli barang dari Alibaba:

1. Menggunakan kartu kredit/debit

Cara pertama yang paling umum digunakan adalah menggunakan kartu kredit/debit. Alibaba mendukung pembayaran dengan kartu kredit/debit seperti Visa, Mastercard, dan American Express. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan kartu kredit/debit memerlukan biaya administrasi serta adanya konversi mata uang. Fee pembayaran saat menggunakan kartu debit/kredit untuk pembelian produk dari Alibaba saat ini sebesar 2.99% dari total transaksi. Artinya, semakin besar nominal belanjamu maka semakin besar juga fee yang harus kamu bayar untuk menyelesaikan transaksi.

2. Menggunakan wire transfer melalui teller bank

Cara kedua adalah menggunakan wire transfer lewat layanan seperti Western Union atau bank-bank pada umumnya seperti BCA ataupun Mandiri. Dengan cara ini, kamu dapat mengirim uang secara langsung ke rekening bank Alibaba melalui layanan transfer internasional. Namun, kamu perlu mengetahui kode SWIFT serta kode IBAN Alibaba untuk melakukan transfer dan transaksi tersebut biasa dilakukan secara online. Fee pembayarannya sendiri jika menggunakan transfer bank akan dikenakan fee transfer berkisar $25 – $40 per transfer. Untuk transfer bank ini, fee bersifat tetap alias flat, yang berarti berapapun nilai yang kita transfer atau bayar ke Alibaba maka fee akan tetap sama. Hanya saja setiap bank memiliki kebijakan fee yang berbeda beda. BCA misalnya menetapkan fee $25 per sekali transfer, BRI mengenakan $30, sedangkan beberapa bank asing berkisar $40. Jika dirupiahkan angka tersebut dapat terbilang cukup besar yakni sekitar IDR 400K-600K fee yang harus dibayar per transaksinya.

3. Menggunakan Apple Pay

Cara ketiga adalah menggunakan Apple pay. Alibaba menjadi salah satu platform perdagangan elektronik yang mendukung pembayaran melalui Apple pay. Pembayaran dengan Apple pay sangat mudah dilakukan serta dapat dilakukan dari HP doang. Kamu hanya perlu menautkan kartu kredit/debit ke dalam akun Apple pay dan memilih metode pembayaran tersebut saat ingin checkout. Sama seperti pembayaran melalui kartu kredit/debit, kamu akan dikenakan payment processing fee sebesar 2.99% dari total yang harus kamu bayarkan.

4. Langsung ke supplier lewat aplikasi remitansi online Topremit

Cara keempat adalah membayar langsung ke supplier lewat aplikasi remitansi online, Topremit. Nah, untuk cara ini kamu juga bisa mendapatkan fee yang lebih murah dari cara-cara sebelumnya yakni sebesar IDR 100k doang! Murah banget kan? Ikuti cara dibawah ya kalau kamu tertarik:

A. Buat akun Alibaba

Sebelum berbelanja, pastikan kamu punya akun Alibaba terlebih dahulu. Begini cara membuatnya:

  1. Kunjungi halaman website alibaba.com.
  2. Pilih menu ‘join free’ di sebelah atas di halaman utama.
  3. Saat muncul halaman untuk mengisi informasi data diri, silahkan lengkapi dulu setelah itu klik agree and register.
  4. Masukkan ‘kode verifikasi’ pada kolom yang tersedia, dan jika sudah klik submit.
  5. Akun Alibaba sudah bisa digunakan.

B. Pilih produk yang kamu mau

Saat customer mencari produk yang diinginkan, Alibaba bisa melayani dengan beberapa cara misalnya melalui menu-menu berikut;

Ada cukup banyak kategori produk Alibaba. Cukup pilih menu ‘Categories’, lalu pilih lagi produk sesuai keinginan kamu.

Selain ‘Categories’, kamu juga bisa mencari produk di halaman My Market di halaman depan website Alibaba.

Cara yang satu ini adalah yang paling banyak digunakan orang yang mencari barang incarannya. Cukup ketikkan nama produk yang diinginkan pada kolom ‘search box’. Setelah itu semua produk terkait akan muncul.

Kamu juga bisa mencari produk yang kamu inginkan memakai gambar referensi lho. Caranya adalah pilih ikon kamera padai kolom ‘Search box’, lalu upload gambar produk yang dicari. Selain produk, ada juga informasi tentang penjual atau seller. Agar lebih aman, pilih penjual berstatus ‘Verified Supplier’ atau ‘Trade Assurance’.

C. Membuat kesepakatan dengan Supplier

Sesudah menentukan barang atau produk yang diinginkan, kamu bisa langsung kontak supplier dengan mengirimkan pesan pada kolom di bawah produk. Tanyakan pada supplier hal berkaitan transaksi yang digunakan, misalnya harga dan jasa pengiriman yang digunakan. Tentunya, komunikasi pesannya memakai bahasa Inggris atau bahasa Mandarin.

Pesan tersebut adalah sarana bagi penjual dan pembeli untuk bernegosiasi dan membuat kesepakatan hingga nantinya deal transaksi terjadi. Kamu bisa juga cantumkan nomor kontak seperti WhatsApp agar supplier bisa langsung hubungi untuk transaksi di luar sistem Alibaba.

Agar pembayaran transaksi kamu bisa jadi lebih murah, buat kesepakatan dengan penjual untuk melakukan pembayaran di luar dari sistem Alibaba sebab fee yang dikenakan ketika pembayaran dilakukan lewat platform tersebut dapat terbilang sangat mahal. Kamu hanya perlu meminta detail supplier agar nantinya pembayaran dapat kamu lakukan lewat Topremit.

Dengan ini, kedepannya kamu masih dapat menggunakan layanan Alibaba sebagai sarana untuk membantu kamu melakukan proses browsing produk serta membangun hubungan baik dengan supplier. Namun, proses pembayaran kamu akan terjamin jadi jauh lebih murah, mudah, dan cepat karena menggunakan layanan Topremit.

D. Melakukan Pembayaran

Jika sudah mendapat kesepakatan dengan pihak penjual, maka langkah berikutnya adalah melakukan pembayaran. Untuk bagian ini langsung saja kunjungi website: https://topremit.com atau download aplikasi Topremit. Setelah itu kamu tinggal menyelesaikan proses pendaftaran yang mudah banget!

Setelah proses pendaftaran telah selesai, kamu bisa langsung mengirimkan uang ke supplier untuk menyelesaikan transaksi pembelian barang. Jangan lupa untuk memastikan bahwa data yang kamu masukkan sudah benar dan jangan sampai salah input nomor rekening ya.

Untuk pengiriman uang ke China lewat Topremit, kamu hanya perlu membayar fee flat sebesar IDR 100K dan uang kamu bisa sampai dalam hitungan menit, lho! Kamu bahkan bisa mengirimkan uang ke China dalam mata uang US Dollar, mantep banget kan?

Itulah beberapa cara kamu dapat menyelesaikan pembayaran untuk transaksi lewat platform Alibaba. Tapi Topremit tidak hanya membantu kamu untuk kirim uang ke China lho, sebab pakai Topremit kamu bisa kirim uang hingga ke lebih dari 60 negara di dunia. Sehingga jika nanti kamu ingin membeli barang dari negara-negara lain seperti Jepang, Amerika Serikat atau pun dari beberapa negara Eropa. Topremit bisa jadi solusi terbaik buat kamu!

Dapatkan Voucher Diskon 50% Khusus Untuk Pembayaran Alibaba

Yuk jangan lewatin kesempatan istimewa ini! Download aplikasi Topremit sekarang dan pastikan kamu mendaftar dengan menggunakan kode referral "BAYARALIBABA" saat melakukan pendaftaran. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan voucher diskon biaya transfer sebesar 50% untuk pembayaran ke Alibaba menggunakan Topremit. Jadi lebih cuan banget kan!

Nah, kalau kamu kebetulan belum ada keperluan untuk melakukan pembayaran ke Alibaba sekarang, kamu tetap bisa daftar dulu lho buat dapetin vouchernya. Jadi bisa langsung digunakan ketika nanti kamu membutuhkannya. Promo ini berlaku hingga tanggal 31 Maret 2024. Jadi, jangan sampai kelewatan!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.