Mengenal Apa Itu Alipay, Cara Membuat Akun & Top Up Alipay

alipay Jul 11, 2022

Alipay menjadi salah satu sistem pembayaran berbasis online yang banyak digunakan masyarakat China di berbagai negara. Bahkan tak jarang Alipay disandingkan dengan dompet digital terbesar yang banyak digunakan masyarakat Indonesia meskipun layanan finansial ini belum mendapat izin langsung untuk beroperasi di tanah air.

Dikarenakan juga ada banyak pengguna baru Alipay yang berasal dari luar China. Selama dua tahun terakhir, Alipay terus berbenah diri. Alipay bahkan telah mengubah aturan cara pendaftarannya untuk pengguna internasional.

Namun jangan khawatir, prosesnya mudah kok. Kamu cukup memiliki Paspor, nomor telepon yang valid, dan nantinya akan ada proses verifikasi wajah dengan cara selfie. Setelah ketiga hal tersebut berhasil dikonfirmasi dengan benar oleh pihak Alipay, maka kamu sudah bisa memiliki akun Alipay yang terverifikasi dan bisa digunakan selayaknya e-wallet Alipay.

E-wallet ini nantinya dapat digunakan untuk berbagai hal seperti belanja online di marketplace Taobao, 1688 ataupun yang lainnya saat kamu berwisata ke China. Seperti untuk pembayaran pesan taksi, naik bus, makan di restoran, sewa sepeda, dan lainnya.

Nah, untuk mengenal lebih lanjut apa itu Alipay, cara daftar Alipay, hingga cara top up Alipay dengan mudah, yuk simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

Apa Itu Alipay?

Alipay merupakan sistem pembayaran berbasis online asal China yang mulai beroperasi pada tahun 2004. Dompet digital ini diinisiasi oleh Alibaba Group dan dapat digunakan pada smartphone berbasis Android maupun iOS. Kamu bisa menggunakan Alipay untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari pembayaran pada merchant, melakukan transfer uang, berbelanja, memeriksa saldo bank, membayar tagihan telepon serta kartu kredit, dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Membuat Akun Alipay?

Untuk dapat menikmati fasilitas yang tersedia di Alipay, tentunya kamu perlu memiliki akun Alipay terlebih dahulu. Agar proses pembuatan akun lebih mudah, siapkan dokumen yang dibutuhkan seperti Paspor atau ID China. Jika kamu sudah menyiapkannya, kamu bisa langsung membuat akun Alipay dengan langkah berikut:

  • Buka aplikasi Alipay lalu pilih menu “Saya”.
  • Selanjutnya, klik sub menu “Akun Saya: Kartu, Keanggotaan” yang ada pada tampilan aplikasi.
  • Pilih opsi “Kartu saya – Tambahkan sekarang” lalu masukkan kata sandi sejumlah 6 digit dan masukkan nomor rekening yang kamu miliki.
  • Berikutnya, pilih opsi “Paspor” untuk ID dan tunggu kode verifikasi yang dikirimkan melalui pesan pendek ke nomor telepon yang kamu cantumkan sebelumnya.
  • Setelah kode verifikasi berhasil dikirimkan, masukkan kode, lalu tunggu hingga proses verifikasi pendaftaran selesai. Proses verifikasi pendaftaran akun akan dilakukan dalam kurun waktu 24 jam, terhitung setelah kamu melakukan pendaftaran.

Bagaimana Cara Top Up Alipay?

Setelah membuat akun, kamu bisa langsung menggunakan Alipay untuk membayar berbagai transaksi. Selanjutnya, kamu perlu top up dana ke akun Alipay yang kamu miliki. Top up Alipay bisa kamu lakukan dengan saldo minimum 100 Yuan dan maksimum 2000 Yuan dalam satu waktu.

Untuk melakukan pembayaran, Alipay menggunakan sistem Quick Response (QR) Code. Dengan sistem ini, pembayaran dan segala transaksi yang kamu lakukan akan diproses dengan mudah dan cepat. Selain digunakan untuk transaksi, dana yang kamu top up ke akun Alipay juga bisa kamu transfer ke luar negeri dengan memilih opsi transfer internasional di Alipay.

Untuk dapat top up Alipay, kamu bisa melakukannya melalui rekening atau ATM yang kamu miliki. Cara top up Alipay melalui rekening dapat kamu lakukan dengan mengikuti langkah berikut ini:

  • Pada mesin ATM, pilih menu cek saldo (Balance) yang tersedia
  • Pada opsi Balance, pilih menu Top Up
  • Masukkan nominal uang yang ingin kamu top up ke akun Alipay
  • Konfirmasi password lalu tunggu beberapa saat hingga proses konfirmasi password akan selesai
  • Tunggu hingga saldo berhasil terkirim ke akun Alipay kamu.

Itu dia penjelasan lengkap tentang apa itu Alipay, cara daftar Alipay, hingga cara top up Alipay dengan langkah mudah. Kamu juga bisa melakukan transfer uang ke penerima di China melalui Alipay dengan mudah dan praktis menggunakan Topremit, lho! Dengan Topremit, kamu hanya perlu waktu 20 menit aja dan uang yang ditransfer akan sampai ke rekening bank penerima yang terhubung dengan Alipay.

Biaya transfernya juga flat, lho, cuma IDR 100K Tunggu apalagi? Yuk cobain Topremit sekarang untuk nikmati kirim uang ke China paling murah!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.