Cara Dapat LoA Unconditional Untuk Daftar LPDP

Jun 5, 2024

Letter of Acceptance atau LoA adalah surat pernyataan yang menjelaskan bahwa calon mahasiswa pemegang surat telah diterima oleh universitas bersangkutan. Surat ini menjadi salah satu dokumen penting dalam pendaftaran berbagai program beasiswa seperti Beasiswa Unggulan Kemendikbud, Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) dan Chevening Scholarship dari Inggris. LoA umumnya dikeluarkan oleh rektor atau dekan fakultas dari universitas yang dituju calon mahasiswa.

Apa Itu LoA Unconditional?

Terdapat dua jenis LoA, yaitu LoA Conditional dan LoA Unconditional. Dilansir dari situs LPDP, LoA Unconditional adalah surat pernyataan yang berisi informasi bahwa calon mahasiswa telah diterima tanpa memerlukan syarat tambahan. Ini berarti calon mahasiswa sudah memenuhi semua persyaratan yang diberikan univeritas dan hanya perlu melakukan pembayaran biaya pendidikan.

LoA Unconditional biasanya berisikan informasi berikut:

  1. Jurusan kuliah atau program studi
  2. Periode studi yang akan ditempuh
  3. Jadwal awal perkuliahan (intake)
  4. Keterangan lanjutan seperti informasi pendaftaran ulang, pembayaran, dan urusan administrasi lainnya
  5. Agenda orientasi mahasiswa baru

Kenapa Pendaftaran Beasiswa Memerlukan LoA Unconditional?

Pemberi beasiswa merupakan pihak yang bertindak sebagai pemberi bantuan dana kepada calon mahasiswa agar dapat melanjutkan pendidikan mereka. Dengan adanya LoA Unconditional, maka pemberi beasiswa akan lebih yakin untuk memberikan dana kepada calon mahasiswa karena mereka sudah diterima dan memenuhi semua persyaratan untuk masuk universitas yang dituju. Hal ini pula yang nantinya akan menjadi nilai plus di mata pewawancara beasiswa ketika proses seleksi dilaksanakan.

Meskipun demikian, LoA Unconditional bukanlah syarat wajib dalam proses pendaftaran beasiswa dan bersifat opsional. Namun, walaupun dokumen ini bukanlah dokumen yang wajib dilampirkan, LoA Unconditional akan mempermudah calon mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa. Selain itu, LoA Unconditional juga menjadi syarat pengajuan visa maupun izin tinggal bagi para calon mahasiswa atau pelajar internasional. Dengan adanya LoA Unconditional, maka segala proses pemberkasan akan lebih cepet selesai sehingga calon mahasiswa hanya perlu menghadiri perkuliahan nantinya.

Apa Perbedaan LoA Unconditional Dengan LoA Conditional?

Berbeda dengan LoA Unconditional, LoA Conditional berisi pernyataan bahwa calon mahasiswa sudah diterima di perguruan tinggi terkait tetapi ada persyaratan lain yang harus dipenuhi. Biasanya, persyaratan tersebut meliputi sertifikasi bahasa asing, IPK minimal atau lulus matrikulasi dengan nilai tertentu, atau dokumen lainnya seperti surat pernyataan, transkrip nilai, dll. Jika beberapa persyaratan tersebut telah dipenuhi, maka calon mahasiswa berhak untuk menerima LoA Unconditional.

Cara Mendapatkan LoA Unconditional

Apabila kamu berniat mendaftar beasiswa LPDP, berikut cara mendapatkan LoA Unconditional biar proses pendaftaranmu lebih lancar!

1.  Tentukan Universitas dan Program Studi Tujuan

Setiap universitas biasanya memiliki persyaratan dan ketentuan masing-masing dalam menerima mahasiswa baru. Kamu perlu memeriksa apa saja syarat yang dimiliki oleh Universitas yang akan kamu tuju beserta kurikulum dan mata kuliah yang akan kamu ambil. Untuk itu, kamu memerlukan pemahaman yang matang mengenai program studi yang ingin kamu tempuh beserta prospeknya.

Jangan lupa bahwa setiap universitas memiliki jadwal dan proses seleksi yang berbeda-beda. Beberapa universitas hanya meminta transkrip nilai, ijazah, serta dokumen pendukung lainnya sebagai syarat pendaftaran. Namun, beberapa universitas lain mengharuskan calon mahasiswa melalui tahap wawancara terlebih dahulu.

2.  Lengkapi Dokumen Persyaratan Pendaftaran

Untuk mendaftar universitas luar negeri, tidak jarang calon mahasiswa baru diminta untuk memberikan dokumen yang telah diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah ke dalam bahasa pengantar dari universitas atau negara yang dituju. Harganya pun bervariasi tergantung dengan tenggat waktu dan jumlah halaman dari dokumen yang diajukan. Jadi, pastikan kamu mengajukan dokumen sebelum sesuai waktu yang telah ditentukan jauh-jauh hari sebelum pendaftaran ditutup.

3.  Ikuti Tahapan Seleksi Yang Telah Ditentukan

Seperti yang telah disebutkan di atas, masing-masing universitas biasanya memiliki tahapan seleksi yang berbeda-beda. Biasanya mereka akan menilai prestasi akademik dan non akademik dari calon mahasiswa, pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan program studi yang didaftarkan, hingga surat rekomendasi atau referensi.

Apabila kamu lolos tahap seleksi, maka selamat! Kamu akan mendapatkan Letter of Acceptance atau LoA. Tapi, jangan cepat berpuas diri karena kamu masih perlu memenuhi serangkaian berkas administrasi, salah satunya biaya pendidikan. Untuk melakukan pembayaran ke luar negeri, kamu bisa memakai Topremit.

Pakai Topremit, transaksi kamu dijamin mudah, cepat, dan murah. Hanya dalam 2o menit, kamu bisa langsung melakukan pembayaran ke universitas yang kamu tuju tanpa perlu repot-repot pergi ke bank. Oiya, kamu juga tidak perlu khawatir uang yang kamu kirimkan terpotong karena uang kamu akan diterima dalam full-amount. Cocok banget kan buat bayar kuliah? Tunggu apalagi, yuk pakai Topremit!

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.