Cara Hitung PPNBM

Cara Hitung Impor Biaya Belanja Online dan Barang Mewah (PPnBM)

Pajak Feb 12, 2022

Belanja online menjadi salah satu kebiasaan yang cukup sering dilakukan masyarakat di era digital. Kemudahan belanja tanpa perlu berkunjung secara langsung, membuat kita semakin mudah menjangkau pasar baik domestik maupun luar negeri. Nggak heran jika banyak masyarakat yang mulai tertarik untuk belanja online secara impor.

Namun jangan salah kaprah, karena bisa jadi barang belanjaan kamu termasuk ke dalam kategori barang mewah yang dikenakan pajak. Tapi kamu nggak perlu khawatir, karena kamu bisa cari tahu apa saja barang yang termasuk ke dalam kategori barang mewah sebelum tahu berapa pajak yang harus dikeluarkan. Untuk tahu lebih dalam, yuk langsung simak pengertian Pajak Penjualan Barang Mewah berikut ini.  

Pengertian Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM)

Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) adalah pajak yang dikenakan pada barang yang tergolong mewah. Pajak ini dilimpahkan kepada produsen yang menghasilkan atau mengimpor barang dalam kegiatan usaha atau pekerjaannya. PPnBM hanya dikenakan 1 kali pada saat penyerahan barang ke produsen.

Ada beberapa macam kegiatan yang termasuk ke dalam kegiatan menghasilkan barang, antara lain merakit, memasak, mencampur, dan mengemas dalam beragam kemasan hingga botol.

Jenis Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah

Seperti namanya, pajak ini khusus dikenakan pada barang-barang yang termasuk ke dalam kategori barang mewah. Jenis barang yang tergolong barang mewah antara lain:

  • Barang yang bukan barang kebutuhan pokok
  • Barang yang dikonsumsi oleh masyarakat tertentu
  • Barang yang umumnya dikonsumsi oleh masyarakat berpenghasilan tinggi
  • Barang yang dikonsumsi untuk menunjukkan status

Ada banyak contoh barang yang termasuk golongan barang mewah, berdasarkan PP 61 tahun 2020, berikut ini adalah barang-barang yang termasuk ke dalam jenis barang mewah:

  • Kendaraan bermotor, kecuali untuk kendaraan ambulan, kendaraan jenazah, kendaraan pemadam kebakaran, kendaraan tahanan, kendaraan angkutan umum, atau kepentingan negara
  • Kelompok hunian mewah seperti rumah mewah, apartemen, kondominium, totan house, dan sejenisnya
  • Kelompok pesawat udara, kecuali untuk keperluan negara atau angkutan udara niaga
  • Kelompok balon udara
  • Kelompok peluru senjata api dan senjata api lainnya, kecuali untuk keperluan negara
  • Kelompok kapal pesiar mewah, kecuali untuk kepentingan negara, angkutan umum, atau usaha pariwisata

Dari penjelasan tersebut, kamu tentu dapat menyimpulkan apakah produk yang kamu beli secara online termasuk ke dalam kategori PPnBM atau tidak. Untuk pembayaran pembelian belanja online yang kamu impor, bisa kamu lakukan dengan mudah menggunakan Topremit.

Dengan Topremit, kamu bisa langsung transfer biaya belanja dengan cepat dan aman. Kamu hanya perlu menunggu mulai dari 5 menit saja hingga uang yang di-transfer terverifikasi dan telah sampai pada rekening penjual. Mudah banget, kan?

Setelah tahu apa saja barang mewah kena pajak yang perlu dibayar, kamu bisa langsung cari tahu berapa jumlah biaya yang dibutuhkan untuk membayar biaya impor belanja online. Agar kamu nggak salah hitung, yuk simak jumlah tarif PPnBm dan cara menghitung PPnBM dalam ulasan berikut.

Jumlah Tarif PPnBM

Berdasarkan UU PPN Pasal 8, tarif PPnBM ditetapkan paling rendah 10% dan paling tinggi 200%. Perbedaan jumlah tarif PPnBM didasarkan pada pengelompokan barang yang tergolong mewah yang dikenai PPnBM.

Mekanisme Pengenaan PPnBM

Mekanisme pemungutan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau PPnBM hampir mirip dengan PPN. Khusus mekanisme pengenaan PPnBM, dilakukan dengan faktur pajak sebagaimana diisyaratkan dalam pemungutan PPN. Namun khusus untuk PPnBM tidak dikenal istilah pajak masukan, sehingga tidak dikenal sistem pengkreditan seperti dalam PPN.

Cara Menentukan PPnBM dengan Mudah

Untuk menghitung tarif PPnBM, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu tentang pengenaan tarif Barang Kena Pajak tergolong mewah. Berikut ini adalah beberapa kategori jenis barang beserta jumlah pengenaan pajak tiap jenis barang:

  • Tarif 10% untuk kendaraan umum kategori tertentu, alat rumah tangga, alat pendingin, hunian mewah, televisi, dan minuman non-alkohol.
  • Tarif 20% untuk kendaraan bermotor kategori tertentu, alat fotografi, berbagai jenis permadani, peralatan olahraga impor, dan barang.
  • Tarif 25% untuk kendaraan bermotor berat dan berbahan bakar solar, misalnya combi, pick up, dan minibus.
  • Tarif 35% untuk minuman bebas alkohol, bahan berbahan kulit impor, batu kristal, bus, dan barang pecah belah.

Cara Menghitung PPnBM

Nah, setelah mengetahui tarif PPnBm, kamu bisa langsung mempelajari bagaimana cara menghitung PPnBM yang tepat. PPN = Tarif PPN x (Harga Barang – PPnBM)

Dalam rumus tersebut, PPnBM dapat dihitung dari harga barang asli yang dikalikan dengan tarif PPnBM sesuai kategori barang.

Itu dia cara mudah menghitung PPnBM yang benar. Mudah bukan? Kamu bisa langsung mengetahui berapa jumlah pajak yang harus dikeluarkan setiap berbelanja online secara impor. Semoga bermanfaat, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.