Ini Cara Impor Barang dari Luar Negeri ke Indonesia

impor Dec 3, 2021

Banyaknya macam kebutuhan hidup membuat kita selalu memutar otak bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan tanpa mengabaikan segi kualitas dari suatu produk. Impor barang menjadi solusi yang diambil sebagai cara kita memenuhi kebutuhan hidup dengan cara membeli produk dari luar negeri.

Proses impor barang dari luar negeri tentu perlu dilakukan sesuai dengan prosedur dan penuh kehati-hatian, terlebih jika kamu adalah pemula dalam perdagangan impor.  Maka dari itu, kamu perlu membekali diri dengan beberapa informasi penting tentang cara impor barang dari luar negeri dengan mudah dan aman.

Buat kamu yang masih menjadi pemula dalam industri perdagangan impor ekspor dan masih belum paham betul bagaimana teknis dan proses perdagangannya, yuk simak penjelasan cara impor barang dari luar negeri yang perlu kamu perhatikan agar tidak salah langkah!

Cara Impor Barang dari Luar Negeri ke Indonesia

1. Ketahui Jenis Barang yang Akan Diimpor dan Asal Negaranya

Setiap jenis barang tentu memiliki regulasi yang yang berbeda-beda dalam proses pengirimannya. Maka dari itu, sebelum membeli barang dari luar negeri, kamu harus tahu jenis barang apa yang akan kamu beli, apakah barang tersebut berupa benda padat, benda cair, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, volume dan dimensi barang juga berpengaruh terhadap proses perdagangan impor sehingga kamu perlu memastikan sebesar apa barang yang kamu beli.

Selain faktor barang yang kamu beli, kamu juga perlu mengetahui asal negara produk yang kamu beli. Pasalnya, setiap negara memiliki regulasi dan proses perdagangan yang berbeda-beda. Maka dari itu, penting untuk memastikan asal negara barang yang kamu beli.

2. Perhatikan Prosedur Impor

Di samping mengetahui jenis barang dan asal negaranya, kamu perlu memperhatikan dengan cermat bagaimana prosedur impor yang perlu dilakukan, khususnya prosedur impor dari sebuah kargo. Prosedur impor barang yang perlu kamu perhatikan antara lain:

– Memastikan kelegalan barang yang akan diimpor dan apakah barang tersebut sudah memiliki izin dari pemerintah atau belum

– Siapkan perijinan atau dokumen yang lengkap jika barang masuk ke dalam negeri

– Ketahui informasi mengenai bea masuk dan jumlah pembayaran pajak impor

3. Memilih Jasa Pengiriman yang Tepat

Memilih jasa pengiriman barang (freight forwarder) yang tepat dan profesional menjadi hal yang tak kalah penting untuk kamu perhatikan jika kamu membeli barang dari luar negeri. Freight forwarder ini berperan untuk membantu kamu mengurus dan memenuhi persyaratan dokumentasi hingga pengurusan kepabeanan. Tak hanya itu, freight forwarder juga menangani semua kebutuhan logistik serta menegosiasikan tarif angkut, asuransi, dan juga mengirim barang ke alamat tujuan kamu dengan tepat waktu.

4. Cara Pengiriman Barang yang Sesuai

Cara pengiriman barang impor rupanya sangat beragam, kamu dapat memilih cara pengiriman melalui laut (ocean freight) hingga cara pengiriman barang melalui udara atau air freight. Masing-masing cara pengiriman tersebut tentu memiliki perbedaan. Bagi kamu yang membeli barang dengan ukuran besar dan jumlah banyak namun tidak membutuhkan pengiriman yang cepat, kamu dapat memilih cara pengiriman ocean freight sebagai solusi.

Cara pengiriman ini memiliki kelebihan durasi waktu pengiriman yang relatif lebih cepat dibandingkan cara pengiriman lainnya. Cara pengiriman air freight cocok untuk kamu yang membeli barang impor dengan ukuran yang lebih kecil.

5. Menentukan Cara Bayar Biaya Pengiriman Barang

Setelah mengetahui semua informasi di atas, kamu dapat menjumlah seluruh biaya yang dibutuhkan pada tiap proses pembelian barang impor. Setelah itu, kamu dapat menentukan cara bayar biaya pengiriman yang dibutuhkan. Untuk mengetahui jumlah biaya pengiriman yang tepat, setiap perusahaan pengangkutan (forwarder) membutuhkan data yang akurat tentang ketentuan perdagangan hingga bobot dan dimensi barang yang akan dikirim.

Setelah mendapat konfirmasi harga, terms of trade dari supplier barang yang kamu percaya, hingga jumlah biaya pengiriman termasuk bea masuk, pajak, dan lain-lain, kamu dapat langsung melakukan proses pembayaran kepada supplier barang luar negeri dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Cara bayar biaya pengiriman dapat kamu lakukan dengan transfer bank atau melalui kartu kredit, wesel inkaso, Letter of Credit (L/C), dan lain sebagainya.

Selain cara konvensional tersebut, kamu juga dapat membayar barang impor yang kamu beli melalui Topremit, loh! Dengan Topremit, kamu dapat membayar barang belanjamu tanpa perlu khawatir mengalami hambatan pembayaran. Jasa pengiriman uang yang disediakan Topremit dijamin aman dan cepat. Mulai dari 5 menit saja, pengiriman uang dari Indonesia ke negara tujuanmu akan segera beres dan aman.

6. Menentukan Jadwal Importasi atau Pengiriman Barang

Hal yang tak kalah penting untuk kamu ketahui saat membeli barang impor dari luar negeri adalah mengetahui jadwal importasi barang. Informasi jadwal importasi barang tentu menjadi hal krusial yang perlu diketahui dengan informasi yang lengkap agar kamu bisa melacak proses pengiriman barang dan memastikan keamanan barang yang kamu beli hingga sampai alamat tujuan.

Itu dia sederet informasi penting yang perlu kamu ketahui dalam proses impor barang dari luar negeri. Catat dan pastikan dengan cermat setiap proses impor tersebut agar proses pembelian dan pengiriman barang dapat kamu selesaikan dengan baik sehingga tidak ada hambatan berarti yang menghalangimu.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.