Cara Melakukan Pembelian di Alibaba

May 27, 2024

Alibaba merupakan salah satu e-commerce terbesar di dunia asal China yang menawarkan berbagai macam produk. Alibaba didirikan oleh Jack Ma pada tahun 1999 dan telah sukses mengembangkan sayapnya di pasar internasional. Saat ini, Alibaba memiliki jutaan produk dari ribuan supplier dari seluruh dunia.

Tapi, tidak seperti kebanyakan e-commerce populer saat ini, Alibaba berfokus pada sektor B2B atau business-to-business sehingga konsumen retail tidak bisa menjual atau membeli barang secara satuan. Karena sistem ini, mayoritas penjual di Alibaba pun merupakan perusahaan skala besar dan hanya menyediakan produk dengan kuantitas besar. Banyak penjual di Alibaba memiliki jumlah minimum pembelian sesuai dengan ketentuan masing-masing perusahaan.

kamu bisa menemukan berbagai macam jenis produk untuk berbagai macam keperluan di Alibaba, mulai dari barang siap guna seperti pakaian, kosmetik, sampai makanan dan minuman. Kamu juga bisa menemukan produk bahan baik industri seperti mesin produksi, bahan bangunan, bahan kimia, dll.

Untuk kamu yang ingin bertransaksi di Alibaba, yuk ikuti cara-cara berikut ini:

Buat Akun Alibaba

Dengan membuat akun, kamu bisa memiliki lebih banyak pilihan produk dan explore fitur yang dikhususkan bagi pengguna. Cara membuat akun Alibaba relatif mudah karena calon pengguna hanya perlu mengisikan data diri yang diminta oleh Alibaba. Setelah verikasi email dilakukan, akunpun siap digunakan untuk berbelanja.

Cari Produk Berdasarkan Kategori

Alibaba memiliki segudang kategori produk yang bisa pengguna pilih. Layaknya e-commerce pada umumnya, pengguna juga bisa memasukkan keyword dari produk yang mereka cari pada search box. Hasil pencarian akan menampilkan bermacam-macam produk dari berbagai supplier. Perlu diingat bahwa meskipun penjual Alibaba datang dari berbagai penjuru dunia, tapi mayoritas penjualnya tetaplah berasal dari China. Kamu perlu cermat dalam melakukan pemesanan agar kamu bisa membuat estimasi biaya pengiriman produk nantinya.

Biasanya, Alibaba akan merekomendasikan supplier berstatus “Gold Supplier” di bagian paling atas hasil pencarian. Artinya, penjual tersebut sudah mempunyai reputasi yang baik dimata pembeli dan sudah lama eksis.

Lakukan Penawaran Kepada Penjual

Nah, inilah yang membedakan Alibaba dengan E-commerce lainnya. Di Alibaba, pembeli perlu menghubungi seller terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Kamu bisa meminta spesifikasi produk, jumlah minimal pembelian, metode pembayaran yang diterima penjual, hingga estimasi ongkir sebelum melakukan pembelian. Pastikan kamu mencatumkan info kontak atau nomor telepon kamu agar pembeli dapat langsung menghubungimu.

Setelah kamu mendapatkan surat penawaran dari seller, kamu bisa melakukan negosiasi semisal ada hal yang kamu rasa kurang cocok seperti pada harga atau term pengapalan barang (FOB, CFR, atau CIF). Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk mengunjungi pabrik atau kantor seller apabila kamu ingin mengecek keadaan barang secara langsung.

Pembayaran di Alibaba

Untuk metode pembayaran, seller biasanya mencantumkan metode pembayaran yang mereka terima di halaman depan produk. Banyak metode yang diterima oleh seller untuk transaksi, termasuk melalui kartu debit/kredit dengan jaringan Visa dan Mastercard, Western Union, hingga transfer bank. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa cek artikel kita di sini ya

Perlu kamu ingat bahwa pembayaran transaksi di Alibaba harus dilakukan di luar platform. Jadi, kamu harus membuat kesepakatan dengan seller sesuai metode pembayaran yang mereka terima. Apabila kamu berhasil mendapatkan kepercayaan seller, maka besar kemungkinan mereka akan meminta transfer melalui bank.

Sayangnya, transfer uang ke luar negeri melalui bank biasanya memakan waktu yang cukup lama. Semakin besar uang yang kamu kirim, biaya transfernya pun biasanya juga akan semakin meningkat. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan Topremit yang bikin proses pembayaran kamu jadi jauh lebih murah, mudah, dan cepat.

Download aplikasi Topremit sekarang dan pastikan kamu mendaftar dengan menggunakan kode referral "ALIBABA2024" saat melakukan pendaftaran. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan voucher diskon biaya transfer sebesar 50% untuk pembayaran ke Alibaba menggunakan Topremit.

Pengiriman Barang

Metode pengiriman barang yang populer adalah menggunakan jalur laut menggunakan kapal. Hal penting yang harus kamu ketahui sebelum mengirimkan barang ke Indonesia melalui kapal adalah mengenai Harmonized System Code atau HS Code dari produk yang kamu beli. HS Code sangat penting ketika melakukan impor ke Indonesia karena HS Code akan menentukan besarnya tarif Bea Masuk Impor, tarif pajak impor, dan import permit yang harus disiapkan oleh kita sebagai pembeli (importir).

Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah ekspedisi yang mengirimkan barangmu. Seller biasanya akan membantu pembeli dalam memilih ekspedisi yang cocok termasuk pemilihan schedule kapal, pengangkutan container dari lokasi seller sampai ke Indonesia (via beberapa moda transport seperti truck, kapal laut, dll), melakukan proses customs clearance di bea cukai (customs) di masing – masing negara, melakukan proses bongkar muat barang dan storage di gudang pelabuhan, dan aktivitas lain yang berkaitan.

Apabila barang sudah dikirim, kamu bisa monitor progressnya lewat website Alibaba atau tracking yang disediakan pihak ekspedisi berdasarkan nomor pesanan, nomor bill, atau bill of lading (dokumen pengiriman).

Itu dia informasi mengenai cari melakukan pembelian di Alibaba. Semoga bermanfaat ya!

 

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.