Cara Membuka Akun / Rekening Bank di Korea Selatan untuk Expat

Dunia Perbankan Mar 15, 2022

Drama Korea dan musik Kpop membuka cakrawala masyarakat Indonesia terhadap Negeri Ginseng. Berawal dari idola yang bermain dalam drama atau grup musik favorit, banyak masyarakat kita jadi mengulik lebih dalam mengenai budaya, tempat liburan, hingga bagaimana caranya bisa tinggal di Korea Selatan.

Salah satu cara agar bisa tinggal di Korea Selatan adalah dengan bekerja di negara tersebut. Di sana banyak perusahaan yang membuka lowongan bagi tenaga kerja luar negeri. Sebelum merencanakan tinggal di Korea, ada baiknya kamu mempersiapkan perlengkapan untuk hidup sehari-hari, termasuk membuka rekening bank.

Membuka rekening bank di Korea Selatan memiliki keuntungan tersendiri dibandingkan kamu menggunakan rekening bank dari Indonesia. Salah satunya adalah tidak dikenakan charge yang tinggi ketika melakukan transaksi. Selain itu, untuk kamu yang sudah bekerja, payroll gajian setiap bulannya akan menggunakan akun bank setempat. Nah, buat kamu yang sedang mencari tahu bagaimana cara membuka akun/rekening di Korea Selatan, berikut ini tipsnya.

Cari Tahu Informasi Masing-Masing Bank

Korea Selatan memiliki cukup banyak pilihan lembaga perbankan. Kamu tinggal pilih KB Kookmin Bank, KEB Hana Bank, Woori Bank, atau Shinhan Bank. Sebelum memilih salah satunya, pastikan kamu sudah mengetahui tentang persyaratan, biaya administrasi per bulan, hingga saldo minimal untuk pembukaan awal rekening.

Setelah yakin dan merasa cocok dengan semua persyaratan yang diminta oleh bank, kamu tinggal mencari kantor cabang terdekat dengan tempat tinggal. Selain di tempat-tempat keramaian, kamu bisa menemukan kantor bank cabang di setiap universitas. Layanan perbankan biasanya buka setiap Senin-Jumat pukul 09.00 hingga 16.00.

Persyaratan Membuka Rekening Bank di Korea Selatan

Setelah menemukan kantor bank cabang terdekat, segera kumpulkan persyaratan agar proses pengajuan rekening bank bisa disetujui. Perlu diingat bahwa orang asing di Korea Selatan diperbolehkan membuka rekening bank jika sudah tinggal lebih dari 6 bulan. Selain itu, kamu juga dibatasi transaksi hanya dapat mengirim dan menerima senilai US$50.000.

Adapun persyaratan yang umumnya diminta saat proses pengajuan rekening adalah Alien Card. Fungsi kartu tersebut adalah sebagai kartu tanda penduduk sementara. Proses pembuatan kartu ini sendiri bisa memakan waktu yang cukup lama. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan paspor.

Selain untuk membuka rekening bank, paspor juga berfungsi sebagai tanda pengenal kamu yang sah selama di Korea Selatan. Jika kamu sedang menunggu Alien Card, sebaiknya selalu bawa paspor ke mana pun kamu pergi. Syarat lainnya yang perlu disiapkan juga adalah surat rekomendasi dari kantor atau perusahaan kamu bekerja.

Itulah beberapa cara dan tips membuka rekening bank di Korea Selatan. Selain memberikan informasi yang bermanfaat, Topremit juga melayani pengiriman uang ke korea selatan juga loh!. Topremit bisa kirim uang ke Korea Selatan dan ke negara lainnya, ada lebih dari 60 negara yang disediakan Topremit. Layanannya sudah dipercaya lebih dari 10 tahun dan mendapat izin dari Bank Indonesia. Kirim uang ke Korea Selatanmenggunakan Topremit cepat dan aman.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.