Cara Membuka Rekening Bank di Hong Kong untuk Expat dan Pelajar

Bisnis Perbankan Mar 10, 2022

Hong Kong dikenal sebagai salah satu negara terbaik di dunia untuk melakukan ekspansi bisnis. Gak hanya itu, Hong Kong juga banyak dijadikan sebagai negara tujuan bagi pelajar untuk menuntut ilmu. Maka dari itu, untuk memudahkan para ekspatriat dan pelajar selama tinggal di Hong Kong, diperlukan rekening bank agar segala transaksi bisnis hingga pembayaran tagihan dapat dilakukan dengan mudah. Oiya, kamu juga harus tahu bahwa membuka rekening bank di Hong Kong ternyata gak rumit lho, bahkan relatif sederhana daripada di Amerika Serikat, Inggris, atau bahkan negara di kawasan Eropa.

Bagi kamu yang ingin membuka rekening bank di Hong Kong untuk expat dan pelajar, mari kita simak cara membuka rekening bank di Hong Kong berikut ini.

Cara Membuka Rekening Bank untuk Expat dan Pelajar

Membuka rekening bank di Hong Kong bukan hal yang sulit bagi warga lokal maupun turis internasional. Sebab, untuk melakukannya, kamu tidak perlu menjadi penduduk Hong Kong dan bertempat tinggal dalam waktu yang lama. Beberapa bank bahkan tidak memerlukan visa kerja di Hong Kong sebagai persyaratan membuka rekening.

Untuk membuka rekening bank pribadi di Hong Kong, kamu hanya perlu mencantumkan bukti alamat seperti tagihan utilitas atau komunikasi resmi pemerintah dan visa yang sah. Para pendatang juga perlu menyediakan dokumen tersebut dari alamat negara asal pendatang. Formulir identitas yang diterima adalah paspor atau kartu identitas Hong Kong.

Kamu dapat mencantumkan persyaratan tambahan seperti surat keterangan bekerja di Hong Kong. Jika kamu seorang mahasiswa internasional, maka kamu bisa mencantumkan surat pernyataan penerimaan di sekolah Hong Kong.

Beberapa bank memberlakukan saldo minimum saat membuka rekening bank. Namun jangan khawatir, untuk memudahkan kamu bertransaksi khususnya menerima uang saku dari keluarga yang berbeda negara untuk biaya hidup di Hong Kong, kamu bisa mengandalkan Topremit sebagai solusi yang tepat.

Dengan Topremit, kamu bisa kirim uang ke Hong Kong lewat smartphone dan uang akan diterima di rekening bank tujuan dalam 5 menit aja. Jangan takut mahal, karena biaya transfer di Topremit bersifat flat! Yuk pakai Topremit sekarang biar kamu bisa bayar tagihan dan beli kebutuhan sehari-hari tanpa ribet.

Bank yang Disarankan untuk Pelajar dan Expat di Hong Kong

Sederet bank populer seperti HSBC, Hang Seng, dan Standard Chartered bisa jadi pilihan yang tepat, khususnya bagi expat di Hong Kong. Di bank-bank ini, kamu akan mendapatkan layanan khusus. Hal ini karena di kantor cabang bank yang lebih besar di lingkungan Central, kamu akan menemukan staf dan manajer yang ahli berbahasa Inggris dan lebih terbiasa untuk menangani kebutuhan ekspatriat di Hong Kong.

Kamu juga bisa mengunjungi cabang bank internasional yang berlokasi di pusat kota seperti Bank of America, Citibank, dan Deutsche Bank. Namun, tidak semua bank ini menyediakan layanan perbankan swasta yang kamu butuhkan.

Itu dia cara membuka rekening bank di Hong Kong yang bisa kamu jadikan sebagai panduan mudah untuk membuat rekening di Hong Kong. Jangan lupa perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku pada bank yang akan kamu gunakan ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.