Ikuti Tips Berikut Ini Jika Ingin Mempersiapkan Dana Pensiun Semenjak Dini!

Tips Menabung May 15, 2023

Memiliki masa tua dengan kondisi yang aman dan sejahtera merupakan idaman sebagian besar kalangan masyarakat. Kalau kamu juga mengharapkan masa tua yang sejahtera, kamu perlu mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin agar berbagai kebutuhan yang kamu butuhkan nanti dapat terpenuhi dengan baik, meski sudah tak lagi produktif bekerja.

Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara menyiapkan dana pensiun yang ideal, yuk langsung simak tips mempersiapkan dana pensiun berikut ini.

5 Tips Dalam Mempersiapkan Dana Pensiun

1. Tentukan Waktu Pensiun Kamu

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam perencanaan pensiun adalah menentukan waktu kapan kamu akan pensiun. Dengan menentukan waktu pensiun yang tepat, kamu bisa memperkirakan berapa lama kamu akan bekerja dan berapa jumlah dana yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan setelah pensiun.

2. Disiplin Ketika Menabung

Terapkan sikap disiplin ketika kamu menabung untuk dana pensiun, agar jumlah tabungan pensiun yang kamu kumpulkan dapat terhimpun secara maksimal. Kamu bisa menyisihkan 10 persen dari total penghasilan yang kamu miliki setiap bulannya. Nah, agar tabungan yang kamu gunakan untuk dana pensiun tidak tercampur dengan tabungan lainnya, kamu bisa membuat rekening terpisah khusus untuk dana pensiun.

3. Buat Anggaran Rutin Bulanan

Menyusun anggaran rutin bulanan juga penting untuk kamu lakukan agar dana yang kamu anggarkan untuk tabungan pensiun dapat terkumpul dengan baik. Kamu bisa mencatat anggaran pengeluaran serta pemasukan secara berkala dan pastikan semua anggaran yang kamu keluarkan sesuai dengan perencanaan. Kamu juga perlu memastikan dana anggaran yang aman untuk dibelanjakan di masa pensiun mendatang, agar tabungan pensiun kamu cukup untuk memenuhi kebutuhan.

4. Perhitungkan Kebutuhan di Masa Pensiun Serta Inflasi

Inflasi dapat terjadi sewaktu-waktu dengan tingkat yang berbeda-beda. Adanya inflasi dapat berdampak pada kenaikan kebutuhan di masa pensiun mendatang. Maka dari itu, kamu perlu mempersiapkan dan memperkirakan biaya kebutuhan yang akan kamu perlukan di masa pensiun nanti. Agar lebih aman, kamu bisa menginvestasikan dana pensiun dengan membuka tabungan deposito atau membeli emas agar terhindar dari inflasi.

5. Jangan Hanya Andalkan Penghasilan Utama

Selain penghasilan dari pekerjaan utama, kamu bisa menambah pemasukan tambahan dengan berbagai cara untuk menambahkan jumlah anggaran tabungan pensiun. Kamu bisa berinvestasi, membuat bisnis sampingan, dan masih banyak lagi.

Itu dia tips untuk mempersiapkan dana pensiun yang bisa kamu terapkan sedini mungkin untuk menyiapkan masa tua yang sejahtera.

Buat kamu yang ingin mempersiapkan dana pensiun untuk orang tua atau saudara yang tinggal di luar negeri, kamu bisa mengandalkan Topremit sebagai solusinya. Dengan Topremit kamu bisa mengirim uang hingga ke 60 negara di dunia hanya dalam waktu mulai dari 5 menit saja. Sangat mudah dan cepat, kan?

Jangan khawatir, Topremit juga diawasi langsung oleh Bank Indonesia sehingga semua transaksinya dijamin aman. Selalu gunakan Topremit untuk transfer uang antar negara dengan aman dan nyaman ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.