Jangan Asal Menabung! Ikuti Cara Ini Agar Menabung Kamu Jadi Lebih Efektif

menabung Mar 17, 2023

Menabung adalah salah satu cara yang banyak dipilih masyarakat untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Tak hanya itu, menabung juga akan memberikan banyak manfaat bagi kamu, termasuk menambah aset dengan jumlah yang sesuai dengan perencanaan.

Sederet manfaat menabung tersebut akan kamu dapatkan jika kamu bisa melakukannya dengan disiplin dan teratur sehingga tabungan kamu tidak akan berkurang dari target yang kamu tetapkan. Nah, agar tabungan kamu terus berjalan, yuk langsung simak cara menabung efektif berikut ini yang bisa kamu terapkan dalam pengelolaan keuangan kamu. Simak baik-baik, ya!

Cara Menabung yang Tepat dan Efektif

1. Tetapkan Tujuan Awal Ketika Mulai Menabung

Menetapkan tujuan menabung menjadi hal utama yang perlu kamu lakukan agar proses menabung kamu jadi lebih jelas. Kamu juga akan lebih tertib dan disiplin jika kamu tahu apa yang ingin kamu capai nantinya, sehingga lebih mudah untuk menakar pengeluaran sehari-hari. Kamu bisa mulai menabung dengan tujuan-tujuan seperti menyediakan dana darurat, mempersiapkan biaya pendidikan, atau bahkan sekedar untuk membeli sebuah produk yang sudah lama kamu idamkan.

2. Tentukan Target Nominal dan Jangka Waktu

Memiliki target nominal serta jangka waktu yang jelas juga dapat membantu kamu agar proses menabung jadi lebih efektif. Kamu bisa memperkirakan jumlah nominal tabungan yang akan kamu miliki dan jangka waktu tertentu sesuai dengan tujuan tabunganmu. Misalnya, kamu ingin menabung agar bisa jalan-jalan ke Korea Selatan, dan kamu memutuskan untuk menabung dengan target nominal sebesar Rp 70.000.000. Kamu bisa menyisihkan pengeluaran bulananmu untuk tabungan tersebut sebesar 20%. Dengan begitu, kamu dapat memperkirakan berapa lama kamu perlu menabung.

3. Pisahkan Rekening Tabungan dengan Rekening Utama

Memisahkan rekening tabungan dan rekening utama perlu kamu lakukan untuk membantu tabungan kamu cepat terkumpul. Sebab, jika rekening tabungan dan rekening utama tidak dipisahkan, bisa-bisa tabungan kamu nggak akan terkumpul sesuai target. Memisahkan rekening tabungan juga akan memudahkan kamu untuk fokus mengumpulkan tabungan agar cepat mencapai target.

4. Kurangi Pengeluaran yang Bersifat Konsumtif

Pengeluaran yang bersifat konsumtif atau gaya hidup boros merupakan salah satu hambatan yang perlu kamu hindari agar proses menabung jadi lebih efektif. Kamu bisa mulai membatasi pengeluaran konsumtif dengan jumlah seminimal mungkin agar pendapatan kamu dapat dialokasikan secara maksimal untuk tabungan.

5. Pastikan Kamu Disiplin Dalam Menabung

Disiplin dalam menabung dapat kamu terapkan dengan rutin mengalokasikan pemasukan yang kamu dapatkan setiap bulan untuk tabungan. Kamu perlu menerapkan kebiasaan ini agar target tabungan kamu cepat terkumpul sesuai dengan keinginan. Jika kamu kurang disiplin dalam menabung, tentunya jangka waktu tabungan kamu akan terus bertambah bahkan terbengkalai.

Nah, itu dia tips yang bisa diterapkan agar tabungan kamu jadi lebih efektif. Terlebih lagi, khusus buat kamu yang berencana untuk membuka tabungan di luar negeri, kamu bisa menggunakan Topremit yang dijamin mudah dan praktis untuk transfer uang dari Indonesia ke luar negeri. Dengan Topremit, kamu hanya membutuhkan waktu mulai dari 5 menit saja hingga uang yang ditransfer bisa langsung sampai ke negara tujuan.

Selalu gunakan Topremit untuk transfer uang hingga ke 60 negara di dunia dengan mudah dan aman, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.