Begini Cara Terima Transfer Uang dari Luar Negeri Ke Indonesia

Transfer uang Nov 12, 2021

Saat pertama kali akan menerima transfer uang dari luar negeri kamu mungkin merasa bingung, apa yang harus dilakukan dan apa saja yang harus dipersiapkan. Hal itu wajar karena memang transaksi lintas negara sedikit lebih rumit dibandingkan di dalam negeri.

Menerima transfer uang dari luar negeri dalam mata uang asing seharusnya tidak menghabiskan banyak biaya dan prosesnya terbilang mudah. Meski begitu kamu tetap perlu memperhatikan beberapa hal agar proses pengiriman lancar, misalnya nilai tukar, waktu proses, hingga persyaratan yang diperlukan.

Cara Menerima Uang Dari Luar Negeri

Sebelum melanjutkan ke pembahasan seputar cara, kamu sebaiknya mengetahui beberapa hal di bawah ini, ya! Ada sedikit tips dari Topremit agar proses transfer dari luar negeri sukses.

Periksa Biayanya

Pengirim dan penerima uang dari luar negeri akan dikenakan biaya transfer. Kalau kamu menggunakan SWIFT, pengirim bisa memilih siapa yang akan menanggung biaya transfer yaitu bisa dari pengirim atau penerima. Jadi kamu juga perlu memastikan siapa yang akan membayar biaya tersebut.

Selain itu kamu juga perlu memperhatikan nilai tukar yang berlaku. Ini karena beberapa bank ataupun layanan pengiriman uang memberlakukan markup untuk menghasilkan uang dari penukaran mata uang.

Kumpulkan Info yang Dibutuhkan

Supaya proses transfer uang dari luar negeri berjalan lancar dan masuk ke rekening, kamu harus mengirimkan beberapa informasi kepada pengirim. Berikut ini informasi umum yang kamu bagikan:

  1. Nama dan alamat lengkap penerima.
  2. Jumlah uang yang akan dikirimkan.
  3. Nama dan alamat bank penerima.
  4. Nomor rekening bank dan jenis rekening penerima.
  5. Nomor routing bank penerima.
  6. Kode SWIFT atau BIC bank penerima (bila berlaku).
  7. Referensi transfer.

Perlu diingat, informasi tersebut bisa saja berbeda-beda tergantung bank atau layanan transfer uang yang digunakan.

Ketahui Durasinya

Umumnya transfer dari luar negeri akan tiba dalam waktu satu hingga lima hari kerja. Namun hal ini tergantung metode transfer yang digunakan pengirim. Sehingga kamu pun harus tau kapan pengirim melakukan transfer dan metode pengiriman yang dipilih.

Cara Menerima Uang Dari Bank Atau PayPal

Nah, setelah mengetahui hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam menerima transfer uang dari luar negeri, saatnya kamu juga mengetahui cara-caranya. Di bawah ini ada beberapa cara dari bank dan layanan yang bisa kamu lakukan.

Cara Menerima Uang dari PayPal

Syarat utama menerima uang dari PayPal adalah kedua pihak baik pengirim dan penerima harus memiliki akun terlebih dahulu. Kalau kamu belum membuka akun PayPal akan mengirimkan email berupa saran untuk segera membuka rekening PayPal.

Kalau kamu sudah memiliki akun maka PayPal akan mengkreditkan uang yang dikirimkan ke rekening PayPal milikmu. Setelah uang ada di akun PayPal, kamu bisa mengirimkannya ke rekening bank melalui Wallet Saya. Caranya:

  1. Klik Transfer dana.
  2. Klik Transfer ke rekening bank kamu.
  3. Pilih rekening bank untuk tujuan berikutnya.
  4. Klik lanjutkan.
  5. Masukkan jumlah yang ingin ditarik.
  6. Periksa transfer kamu, dan klik Transfer Sekarang.

Sebagai informasi, kamu harus membayar biaya untuk penarikan uang dari akun PayPal ke rekening bank. Selain itu, kamu juga bisa kirim uang melalui cek yang akan dibebankan biaya tertentu.

Cara Menerima Uang dari Western Union

Layanan remitansi yang menjangkau daerah pelosok ini bisa kamu gunakan untuk menerima transfer uang dari negeri. Kalau belum tahu caranya, simak penjelasan di bawah ini, ya!

Lacak lewat WU.com

Untuk melacak kamu perlu mengakses website WU.com. Setelah itu kamu harus memasukkan nomor pelacakan (MTCN) untuk mengetahui status terbaru.

Datang ke Agen Western Union

Agen Western Union sudah tersebar luas di Indonesia. Kalau kamu sudah menemukan informasi pengiriman uang yang sesuai, silahkan datangi agen Western Union terdekat dan mengisi formulir Terima Uang.

Formulir Terima Uang

Untuk mengisi formulir menerima uang, kamu harus mengisi sejumlah data seperti nama lengkap pengirim, negara pengirim, perkiraan jumlah yang dikirimkan, nomor pelacakan (MTCN), serta tanpa pengenal dengan foto yang valid. Kalau sudah sesuai, Western Union akan menyerahkan uang yang kamu terima secara tunai.

Cara Menerima dari BCA

Kalau kamu menjadi nasabah BCA, bisa menerima transfer uang dari luar negeri dengan dikreditkan langsung ke rekening bank kamu. Selain itu bisa juga dikirim ke bank lokal kamu. Kamu pun bisa memanfaatkan opsi pencairan dengan menunjukkan nomor PIN yang diberikan oleh Mitra BCA dari Operator Pengiriman Uang Internasional.

Ketika kamu menerima uang dari luar negeri dalam nilai rupiah (IDR) dengan sistem pengkreditan ke rekening BCA, maka biaya administrasi yang perlu akmu bayar sebesar Rp 35.000. Sedangkan biaya pencairan tunai sebesar Rp 150.000, serta kalau kamu mengirimkannya ke rekening bank lain biayanya Rp 50.000.

Beda lagi kalau kamu menerima dalam mata uang asing ke rekening BCA Valas dan rekening BCA IDR adalah sebesar USD 5, serta biaya pencairan dalam bentuk IDR sebesar USD 10.

Untuk diketahui, kalau kamu mengambil secara tunai, maka prosesnya perlu menyertakan nomor PIN melalui Mitra BCA atau operator transfer uang internasional.

Cara Menerima dari BRI

Untuk menerima transfer uang dari luar negeri lewat Bank BRI kamu bisa menggunakan layanan BRIfast Remittance dengan Swift Code BRINIDJAXXX. Pengiriman uang dari luar negeri melalui rekanan BRI dapat masuk ke rekening BRI, rekening bank lain, atau dapat ditarik tunai bagi yang belum memiliki rekening di kantor BRI. Adapun cara untuk mengambil uangnya adalah:

  1. Menunjukkan bukti identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau paspor.
  2. Melengkapi formulir penerimaan uang.
  3. Mengetahui nama pengirim serta jumlah uang yang dikirimkan.
  4. Mengetahui kode transfer yang diinformasikan dari pihak pengirim.

Jika Transfer Ditujukan ke Rekening BRI/Bank Selain BRI di Indonesia

  • Dana langsung dikreditkan ke rekening penerima
  • Penerima dapat mengambil dananya di unit kerja Bank atau melalui ATM

Jika Transfer Ditujukan untuk Diterima Secara Tunai

  • Penerima dapat mengunjungi unit kerja BRI terdekat
  • Penerima menyebutkan nomor PIN dan menunjukkan bukti identitas yang masih berlaku kepada petugas customer service.

Adapun data yang Anda perlukan atau diketahui oleh pihak pengirim uang adalah:

  1. Nama penerima, harus sesuai dengan nama yang tercatat di buku tabungan bank BRI.
  2. Kode bank BRINIDJA. Cek swift code di : http://www.swiftbic.com.
  3. Nama Bank: Bank Rakyat Indonesia.
  4. Alamat bank: berupa alamat cabang BRI misal “KCP Bandara Soekarno Hatta” sesuaikan dengan alamat yang tertera pada buku tabungan.
  5. Nomor rekening bank.

Nah, sudah tahu kan cara menerima transfer uang dari luar negeri. Kalau kamu ada keperluan untuk mengirim uang ke luar negeri, jangan lupa gunakan Topremit yang sudah menjangkau ke 70 negara di dunia. Selain itu layanan pengiriman uang ke luar negeri dengan Topremit mulai dari 5 menit dan dijamin aman!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.