Merasa Homesick Saat Sedang Menetap di Luar Negeri? Ini Cara Mengatasinya!

Homesick Apr 1, 2023

Memiliki kesempatan kuliah di luar negeri menjadi salah satu impian bagi sebagian besar mahasiswa. Namun, saat kamu berkuliah di luar negeri dan tinggal jauh dari keluarga, ada kalanya kamu merasa rindu akan kehadiran keluarga di sekitar kamu atau disebut dengan homesick.

Jangan khawatir, rasa homesick yang mengintai kamu bisa diatasi dengan beberapa cara yang akan diulas dalam artikel ini. Penasaran? Sebelum membahas caranya, cari tahu apa itu homesick dalam ulasan berikut ini.

Apa Itu Homesick?

Homesick atau rasa rindu terhadap kampung halaman merupakan rasa yang wajar dialami oleh sebagian besar perantau, termasuk mahasiswa. Saat homesick melanda, kamu bisa merindukan hal-hal kecil seperti kamar tidur di rumah, masakan rumah, atau bahkan suasana hangat keluarga di rumah. Buat kamu yang masih kesulitan mengatasi homesick ketika di luar negeri, simak cara-cara berikut ini.

5 Cara Mengatasi Homesick Saat di Luar Negeri

1. Komunikasi dengan Keluarga dan Teman di Negara Asal

Cara mengatasi homesick yang paling mudah dilakukan adalah dengan berkomunikasi dengan keluarga dan teman di negara asal. Kamu bisa berkomunikasi melalui video call, chat, atau berkirim email dengan sahabat terdekat. Berbekal smartphone atau laptop, kamu sudah bisa langsung terhubung dengan keluarga di rumah.

Selama berkomunikasi, kamu bisa membahas apa saja untuk melepas kerinduan yang kamu rasakan. Nggak cuma itu, kamu juga bisa lebih tenang setelah mengetahui kabar keluarga dan sahabat di rumah setelah bertelepon.

2. Up To Date dengan Berita di Indonesia

Meski sedang di luar negeri dan jauh dari keluarga di rumah, kamu harus tetap terhubung dan up to date dengan berita terkini di Indonesia. Mulai dari perubahan cuaca, pergantian gubernur di tempat kamu tinggal, hingga kondisi alam dan bencana alam yang mungkin terjadi di Indonesia.

3. Mengunjungi Kantor Kedutaan Indonesia

Kantor Kedutaan Indonesia di negara kamu berkuliah tentunya menjadi salah satu lokasi yang tepat untuk kamu kunjungi saat homesick tengah melanda. Di kantor Kedutaan Indonesia, kamu bisa bertemu dengan orang Indonesia lainnya yang sedang menetap di negara tempat kamu berkuliah. Selain bertemu dan berbincang dengan sesama orang Indonesia, kamu juga bisa mencicipi berbagai hidangan khas Indonesia yang nggak bisa kamu temukan di sekitar lokasi kamu berkuliah. Dengan begitu, rasa rindu rumah pun akan sedikit banyak terobati.

4. Menyibukkan Diri dengan Aktivitas Produktif

Cara satu ini menjadi solusi jitu yang juga banyak dipilih mahasiswa perantauan untuk mengatasi homesick. Dengan menyibukkan diri melakukan berbagai aktivitas produktif, kamu bisa menambah pengalaman yang akan bermanfaat setelah lulus kuliah sekaligus mengalihkan diri dari rasa homesick yang dapat melanda kapan saja.

5. Makan Makanan Indonesia

Karena tinggal di negara yang berbeda, tentunya kamu akan menemukan jenis masakan yang juga berbeda dibandingkan dengan hidangan yang biasa kamu temukan dengan mudah di Indonesia. Kamu bisa membuat makanan khas Indonesia kesukaan kamu saat merasa homesick.

Biasanya para perantau dari Indonesia akan membawa bekal mie instan, sambal, hingga abon untuk mengobati rasa rindu kampung halaman. Makanan-makanan seperti itu tentunya sulit kamu temukan di luar negeri. Untuk itu, jangan lewatkan makanan-makanan itu ketika pulang kampung ya.

Itu dia sederet cara mengatasi homesick di luar negeri yang bisa kamu jadikan solusi jitu saat merasa homesick. Selain mengetahui cara mengatasi homesick, kamu juga perlu mencari cara mudah dan praktis untuk transfer uang dari Indonesia ke luar negeri untuk memenuhi kebutuhan hidup selama kuliah di perantauan.

Untuk urusan transfer uang antar negara, kamu bisa mengandalkan Topremit yang menawarkan layanan transfer uang dengan mudah, aman, dan cepat hingga ke 60 negara di dunia. Dengan Topremit, kamu hanya perlu waktu mulai dari 5 menit saja hingga uang yang ditransfer bisa langsung sampai ke rekening tujuan di luar negeri. Selalu percayakan Topremit untuk transfer uang dengan mudah dan nyaman ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.